Pengaruh Rasio Keuangan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Dedi Saputra, Rusdiah Iskandar, Dhina Mustika Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh pengaruh rasio keuangan dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur. Variabel independen yang digunakan adalah likuiditas diukur dengan menggunakan current ratio (CR), leverage diukur dengan menggunakan debt to equity ratio (DER), profitabilitas diukur dengan menggunakan return on asset (ROA) dan ukuran perusahaan. Variabel dependen yang digunakan adalah kebijakan divviden yang diukur dengan dividend payout ratio (DPR). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan laporan tahunan perusahaan yang terdaftar di Bursa efek Indonesia (BEI). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah 45 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2017, sehingga diperoleh 135 data perusahaan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas dan leverage berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kebijakan dividen. Sementara itu, profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen.


Keywords


Likuiditas;Leverage;Profitabilitas;Ukuran Perusahaan;Kebijakan Dividen

References


Ardyatama. 2018. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Arus Kas Bebas Terhadap Kebijakan Dividen. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung.

Brigham & Houston. 2011. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. diterjemahkan oleh Ali Akbar Yulianto. Buku 2. Salemba Empat. Jakarta.

Chasanah, Amalia Nur. 2008 “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Dividend Payout Ratio (DPR) Pada Perusahaan yang Listed di Bursa Efek Indonesia”. Tesis Universitas Diponegoro.

CNN Indonesia. 2019. Laba Diramal Anjlok, Freeport Tak Bagi Dividen Hingga 2020. Diakses pasa 16 Juli 2019. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/ 20190109194522-92-359699/laba-diramal-anjlok-freeport-tak-bagi-dividen-hingga-2020

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Kinerja Keuangan. Alfabeta. Bandung.

Fahmi, Irham. 2104. Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta. Bandung.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Edisi Sembilan. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Insight Kontan. 2019. Demi Mengurangi Utang, Sritex (SRIL) Memangkas Porsi Dividen. Diakses pada 16 Juli 2016. https://insight.kontan.co.id/news/ demi-mengurangi-utang-sritex-sril-memangkas-porsi-dividen

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan”. Edisi 7. Rajawali Pers. Jakarta.

Martono, Nanang. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Edisi 2. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Nurraiman, Rialdi. 2014. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Leverage Terhadap Dividen Payout Ratio Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama, Bandung

Parmitasari, Rika Dwi Ayu dan Hasrianto. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen Saham-saham yang Terdaftar pada Jakarta Islamic Index (JII) Periode Tahun 2011-2015. Jurnal Akuntansi Vol 4, No 2 2017

Parmitasari, Rika Dwi Ayu dan Sutrisna. 2016. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen Tunai Dengan Likuiditas Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar.

Pasadena, Rizka Persia. 2013. Pengaruh Likuiditas, Leverage, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Permana, Hendika Arga. 2016. Analisis Pengaruh Leverage, Likuiditas, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran Perusaan Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Priyatno, Duwi. 2013. Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate Dengan SPSS. Gava Media. Yogyakarta.

Puspantini, Hilaria Af’lda. 2015. Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage Terhadap Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Automotive and Allied Product Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.

Putra, Indra Cahya Pratama. 2016. Pengaruh Debt To Equity Ratio (DER), Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), dan Current Ratio (CR) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan Properti dan Real Estate di Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.

Riyanto, Bambang. 2001. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, edisi. 4, BPFE-Yogyakarta. Yogyakarta.

Salim, Fadhila Mudrika. 2015. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Sari, Ni Komang Ayu Purnama. I Gusti Ayu Nyoman Budiasih. 2016. Pengaruh Kepemilikan Managerial, Kepemilikan Institusional, Free Cash Flow dan Profitabilitas Pada Kebijakan Dividen. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.15.3. Juni (2016): 2439-2466

Sartono, Agus. 2010. Manajemen Keuangan: teori dan aplikasi. Edisi 4. BPFE-Yogyakarta. Yogyakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.

Sundjaja, Ridwan dan Inge Barlin.2010. Manajemen Keuangan. Edisi 6. Literata Lintas Media. Jakarta.

Sunyoto, Danang, 2009. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. edisi pertama. Media Pressindo. Yogyakarta.

Sutrisno. 2013. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Cetakan Kesembilan. Ekonisia. Yogyakarta.

Wicaksana, I Gede Ananditha. 2012. Pengaruh Cash Ratio, Debt to Equity Ratio, dan Return on Asset Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Maufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Tesis. Universitas Udayana. Denpasar




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiam.v5i4.6363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)