Pengaruh likuiditas, profitabilitas, pertumbuhan penjualan, dan kebijakan dividen terhadap harga saham pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di bursa efek indonesia

Nadya Sindy Agus, Rande Samben, Ferry Diyanti

Abstract


Nadya Sindy Agus, 2019. Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan dan Kebijakan Dividen terhadap Harga Saham pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dibimbing oleh: Bapak Rande Samben sebagai pembimbing I dan Ibu Ferry Diyanti sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, profitabilitas, pertumbuhan penjualan, dan kebijakan dividen terhadap harga saham. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan dari 42 perusahaan diperoleh sampel perusahaan sebanyak 10 perusahaan dengan 3 tahun pengamatan, sehingga jumlah data yang diperoleh yaitu sebanyak 30 data amatan. Data yang digunakan adalah data sekunder. Sumber data berasal dari situs www.idx.co.id. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan yaitu dengan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) likuiditas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap harga saham, (2) profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, (3) pertumbuhan penjualan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap harga saham, dan (4) kebijakan dividen berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham.


Keywords


harga saham; likuiditas; profitabilitas; pertumbuhan penjualan; kebijakan dividen

References


Azis, Musdalifah. (2015). Manajemen Investasi Fundamental, Teknikal, Perilaku Investor, dan Return Saham. Deepublish. Yogyakarta.

Clarensia, J., Rahayu, S. dan Azizah. (2012). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Harga Saham. Universitas Budi Luhur. Jurnal Akuntansi.

Darsono, Ashari. (2009). Aplikasi Analisis Laporan Keuangan. Penerbit Liberty. Yogyakarta.

Deitiana, Tita. (2011). Pengaruh Rasio Keuangan, Pertumbuhan Penjualan dan Dividen Terhadap Harga Saham. STIE Trisakti. Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 13 No. 1, April 2011, Hal 57-66.

Fadilah, Siti Nur. (2017). Analisis Fundamental Investasi Saham Pada Bank Go Public di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar.

Fahmi, Irham. (2012). Analisis Kinerja Keuangan. Alfabeta. Bandung.

Fahmi, Irham. (2015). Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab, cetakan keempat. Alfabeta. Bandung.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25, Edisi 9. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Gitman, Lawrence. (2009). Principles of Manajerial Finance. Pearson Addison Wesley. United States.

Gumanti, Tatang Ary. (2011). Manajemen Investasi. Mitra Wacana Media. Bogor.

Gumanti, Tatang Ary. (2013). Kebijakan Dividen, Teori, Empiris, dan Implikasi. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Hanafi, Mamduh M. dan Abdul Halim. (2014). Analisis Laporan Keuangan, Edisi 7. UPP AMP YKPN. Yogyakarta.

Harahap, Sofyan Syafri. (2008). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, Cetakan Kesebelas. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Jogiyanto. (2010). Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi Ketujuh. BPFE UGM. Yogyakarta.

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan, Cetakan Ketujuh. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Kesuma, Ali. (2009). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Serta Pengaruhnya Terhadap Harga Saham Perusahaan Real Estate Yang Go Public Di BEI. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.11, No.1.

Mardiyanto, Handono. (2009). Intisari Manajemen Keuangan. Grasindo. Jakarta.

Martono dan Herjito, Agus. (2008). Manajemen Keuangan, Cetakan keenam. Ekonisia. Yogyakarta.

Murhadi, W.R. (2013). Analisis Laporan Keuangan, Proyeksi dan Valuasi Saham. Salemba Empat. Jakarta.

Ningsih, Rizki Widya. (2018). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Struktur Modal, dan Leverage Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara.

Novitasari, Bunga dan Dini Widyawati. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Harga Saham. STIESIA Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi Vol. 4 No. 2.

Pandia, Frianto. (2012). Manajemen Dana dan Kesehatan Bank. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Pranata, Hans C. Dan Ratnawati Kurnia. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Solvabilitas, dan Kebijakan Dividen Terhadap Harga Saham. Universitas Multimedia Nusantara. Ultima Accounting Vol.5 No. 2 Desember 2013.

Pratama, Bhagas Adhitya Ardia. (2014). Pengaruh Economic Value Added (EVA), Profitabilitas, Kebijakan Dividen dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Harga Saham (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di BEI Periode 2011-2013). Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Pratiwi, Ratih. (2017). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, dan Dividen Terhadap Harga Saham. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rahmadani, Syafitri. (2014). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Solvabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Pertambangan Batubara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2010 -2012). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama Bandung.

Rizqia, Dwita Ayu dan Siti Aisyah Sumiati. (2013). Effect Managerial Ownership, Financial Leverage, Profitability, Firm Size, and Investment Opportunity On Dividend Police and Firm Value. Research Journal of Finance Accounting, 4 (11), pp: 120-130.

Sartono, Agus. (2014). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi, Edisi 4, Cetakan Ketujuh. BPFE. Yogyakarta.

Sawir, Agnes. (2009). Analisa Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Setiawan, Hawari Rabbani. (2017). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham di Bursa Efek Indonesia (Subsektor Logam & Mineral, Migas, dan Batuan Periode 2012-2015). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan Bandung.

Sjahrial, Dermawan. (2010). Manajemen Keuangan, Edisi Keempat. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Sudana, I Made. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktek. Erlangga. Jakarta.

Sutrisno. (2012). Manajemen Keuangan Teori Konsep dan Aplikasi, Edisi Pertama, Cetakan Kedelapan. Ekonisia. Yogyakarta.

Suyatna, Oggi Bagus dan M. Rafky Nazar. 2015. Pengaruh Return On Equity, Pertumbuhan Penjualan, Dividen, dan Inflasi Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Food and Beverage . Universitas Telkom. E-Proceeding of Management: Vol. 2 No. 2 Agustus 2015.

Tandelilin, Eduardus. (2010). Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi, Edisi pertama. Kanisius. Yogyakarta.

Van Horne, James C. dan John M. Wachowicz, Jr. (2012). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan, Edisi 13, Buku 1. Salemba Empat. Jakarta.

Wijaya, I Putu A. S. dan I Made K. U. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aset, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal serta Harga Saham. Universitas Udayana. E-jurnal Akuntansi Universitas Udayana 6.3.

Windiarti, Sulis. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Harga Saham. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Yudaruddin, Rizky. (2014). Statistik Ekonomi: Aplikasi dengan Program SPSS Versi 20. Interpena. Yogyakarta.

www.bisnis.com. Indeks Pertambangan Memerah, Ini Penyebabnya. Diakses tanggal 7 Mei 2018.

www.liputan6.com. Kementerian ESDM Revisi Penerapan Harga Batu Bara buat Kelistrikan. Diakses 7 Mei 2018.

www.idx.co.id. Diakses tanggal 22 Juli 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiam.v5i4.5840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)