Pengaruh Dewan Komisaris Independen, Komite Audit, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional dan Leverage terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Alfiandri Eka Putra, Sri Mintarti, Ferry Diyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh dewan komisaris independen, komite audit, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan leverage terhadap manajemen laba. Penelitian ini dilakukan pada 13 perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di bursa efek Indonesia dan telah menerbitkan laporan keuangan pada periode 2014 hingga 2017. Variabel bebas pada penelitian ini terdiri dari dewan komisaris independen, komite audit, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan leverage. Variabel terikat pada penelitian ini adalah manajemen laba. Sampel dalam penelitian ini adalah 13 perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2014-2017. Data yang digunakan berupa data sekunder dan merupakan jenis data kuantitatif. Teknik analisis data dengan analisis regresi berganda menggunakan program SPSS versi 23. Hasil analisis menunjukkan bahwa dewan komisaris independen, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan leverage berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan komite audit berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba.


Keywords


Dewan Komisaris Independen; Komite Audit; Kepemilikan Manajerial; Kepemilikan Institusional; Leverage; Manajemen Laba

References


Alzoubi, E. S. S. & Selamat, M. H. (2012). The Effectiveness of Corporate Governance Mechanisms on Constraining Earning Management: Literature Review and Proposed Framework. International Journal of Global Business, 5(1), 17–35.Abdillah, Selvy Yulita, Anastasia Endang Susilawati, Nanang Purwanto. (2016). Pengaruh Good Corporate Governance Pada Manajemen Laba. Journal Riset Mahasiswa Akuntansi.

Aji, Aditya Bayu Putranto. (2012). Analisis Pengaruh Karakteristik Komite Audit Terhadap Kualitas Laba dan Manajemen Laba Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Bangun, Nurainun dan Vincent. (2008). Analisis Hubungan Komponen GoodCorporate Governance terhadap Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi. Jakarta: Universitas Tarumanegara.

Dwi Oktavia, Happy (2016). Pengaruh Ukuran Dewan Direksi, Proporsi Dewan Komisaris Independen, Dan Ukuran Komite Audit Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2009 – 2014. Jurnal Akuntansi UNESA Vol. 4, No. 2 januari 2016.

Elfira, Anisa. (2014). Pengaruh Kompensasi Bonus dan Leverage terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI Tahun 2009-2012. Artikel Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Gani, Irwan dan Amalia, Siti. (2015). Alat Analisis Data: Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi dan Sosial. Yogyakarta: PT. Andi Offset.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analsis Multivariate dengan Progam IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Nasution, Marihot dan Doddy Setiawan. (2007). Pengaruh Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba di Industri Perbankan Indonesia. SNA X Makasar.

Purwanti, Rahayu Budhi. (2012).”Pengaruh Kecakapan Manajerial, Kualitas Auditor, Komite Audit, Firm Size dan Leverage Terhadap Earnings Management (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2008-2010)”. Skripsi S1. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Sutrisno. (2012). Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia.

Ujiyantho, Arif Muh. dan B.A. Pramuka. (2007). Mekanisme Corporate Governance, Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan. Simposium Nasional Akuntansi X, IAI, Denpasar, Bali.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i4.5769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com