Analisis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Di Smk Negeri 1 Samarinda

Alif Ridzaldy, Irwansyah Irwansyah, Ferry Diyanti

Abstract


Muhammad Alif Dio Ridzaldi. Analisis Pengelolaan Dana Bantuan Bantuan Operasional Sekolah Di SMK Negeri 1 Samarinda. Dengan bimbingan oleh Bapak H. Irwansyah sebagai Pembimbing I dan Ibu Ferry Diyanti sebagai Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dana BOS SMK Negeri 1 Samarinda sudah sesuai atau tidak dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah yang sekaligus menjadi alat analisis dalam penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan metode deskriptif komparatif yang mana peneliti mengumpulkan data dengan wawancara, dokumen-dokumen dan data-data yang terkait. Wawancara kepada kepala sekolah, bendahara BOS, komite sekolah, guru dan orang tua siswa, serta observasi dokumen-dokumen yang berkaitan, data kemudian di analisis secara komparatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa proses pengelolaan dana BOS SMK Negeri 1 Samarinda khususnya pertanggungjawaban keuangan mengenai transparansi dan penomoran asset masih belum berjalan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah, terutama dalam proses pertanggungjawaban transparansi sekolah belum membuat informasi penggunaan dana BOS di papan informasi realisasi penggunaan dana BOS kepada orang tua siswa secara terbuka dan sekolah juga belum membuat kode dan penomoran aset.

References


William, DN. (2000). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. (alih bahasa: Samodra Wibawa, dkk). Yogyakarta:Gadjah Mada University Press. Dwi Siswoyo, dkk. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Hastyarini, ER. (2015). Pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah Menegah Atas (BOS SMA) di SMA Negeri 1 Pejagon, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah tahun 2014. Skripsi.Universitas Negeri Yogyakarta.

Erwantosi. (2010). Analisis Efektifitas, Akuntabilitas dan Transparasi Bantuan Operasional Sekolah pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Padang. Tesis Universitas Andalas.

Engkoswara, H. (2012). Administrasi Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Fitria, H. (2014). Efektivitas Pengelolaan Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (Studi Pada SMK PGRI Pandaan). Skripsi. Universitas Negeri Surabaya.

Hasibuan, MSP. (2007). Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Hajimasagung.

Hamdi, M. (2014). Kebijakan Publik Proses, Analisis, dan Partisipasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Manullang, M. (2005). Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Solikhatun, I. (2016). Analisis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (Studi Pada SMK Negeri 1 Yogyakarta). Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia.

Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonsia Nomor 1 Tahun 2018 Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS SMK) Sekolah Menengah Kejuruan. Direktorat Jendral Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wirawan. (2011). Evaluasi : Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i4.5768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com