Analisis Kinerja Keuangan Berdasarkan Economic Value Added (EVA) dan Financial Value Added (FVA) Pada PT Intraco Penta Tbk

Dinah Febrianti Olvionita, Iskandar Iskandar, Ferry Diyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan yang diteliti berdasarkan analisis EVA dan FVA untuk tahun 2013 sampai dengan tahun 2016 pada PT Intraco Penta Tbk. Economic Value Added (EVA) dan Financial Value Added (FVA) adalah konsep penilaian kinerja manajemen berdasarkan ukuran nilai tambah yang diciptakan oleh perusahaan selama periode yang ditentukan. EVA mengukur keuntungan ekonomi perusahaan dengan mempertimbangkan biaya modal, sedangkan pengukuran laba FVA memperhitungkan kontribusi aktiva tetap dalam menghasilkan laba bersih perusahaan. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan menggunakan data time series. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan menggunakan EVA, PT Intraco Penta Tbk mampu menciptakan nilai ekonomi dan memiliki kinerja keuangan yang baik hanya pada tahun 2014. Dengan menggunakan FVA, PT Intraco Penta Tbk mampu menciptakan nilai keuangan yang positif dan kinerja keuangan yang baik dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2016. Hasilnya juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara EVA dan FVA untuk periode 2013 sampai 2016.

Keywords


Economic Value Added (EVA);Financial Value Added (FVA);kinerja keuangan

References


Alverniatha, Nora dan Samuel Dossugi. 2010. Analisis Perbandingan Econo mic Value Added (EVA) dan Financial Value Added (FVA) Sebagai Alat Ukur Penilaian Kinerja Keuangan Pada Industri Perkebunan Di Bursa Efek Indonesia. Journal of Applied Finance and Accounting 3

Brigham, Eugene F. Dan Joel F. Houston. 2013. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Salemba Empat. Jakarta.

Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston. 2014. Financial Management : Theory and Practice, An Asia Edition. Cengage Learning. Singapore.

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Kinerja Keuangan. Alfabeta. Bandung.

Harmono. 2014. Manajemen Keuangan. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Harrison, Charles T Hongren dan William Thomas serta Thermin Suwardy. 2012. Akuntansi Keuangan IFRS (International Financial Reporting Standars). Erlangga. Jakarta.

Hery. 2013. Akuntansi Keuangan Menengah, Edisi Pertama. PT. Bumi Aksara.Jakarta.

Iramani dan Erie Febian. 2005. Financial Value Added : Sutau Paradigma Dalam Pengukuran Kinerja dan Nilai Tambah Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol. 7 No. 1 Mei 2005.

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Pers. Jakarta.

Marghareta, Farah. 2011. Manajemen Keuangan Untuk Manajer Non Keuangan. Erlangga. Jakarta.

Martani, Dwi. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah. Penerbit : Salemba Empat. Jakarta.

Martono dan Agus Harjito. 2011. Manajemen Keuangan. Edisi Kedua, Cetakan Pertama. Penerbit EKONISIA. Yogyakarta.

Munawir. 2010. Analisa Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Liberty. Yogyakarta

Rafriny, Amyulianthy.2012. Pengaruh Struktur Corporate Governance terhadap Kinerja Perusahaan Publik Indonesia. Jurnal liquidity,Vol 1,no 2 hlm 91-98.

Rahayu, Mariana Sri. 2007. Analisis Pengaruh EVA dan MVA terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Riyanto, Bambang. 2011. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi Keempat. BPFE. Yogyakarta.

Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen: Informasi Untuk Pengambilan Keputusan Strategi. Erlangga. Jakarta.

Samryn, L.M. 2012. Akuntansi Manajemen (Informasi Biaya Untuk Mengendalikan Aktivitas Operasi & Investasi), KPMG Jakarta.

Sartono, R. Agus. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. BPFE. Yogyakarta.

Serli, Ike Ari Susanti, 2011, “Pengaruh Kualitas Corporate Governance, Kualitas Audit, Dan Earnings Management terhadap Kinerja Perusahaan”, Jurnal ekonomi dan bisnis, Vol. 5, No. 2 Juli 2011, hal. 145-161.

Stewart, Stern & Co. (2010). Properti Intelektual : EVA & MVA. www.strenstewart.com

Sugiono, Arief. 2009. Manajemen Keuangan Untuk Praktisi Keuangan. Grasindo. Jakarta.

Suripto. 2015. Manajemen Keuangan; Strategi Penciptaan Nilai Perusahaan Melalui Pendekatan Economic Value Added. GRAHA ILMU, Yogyakarta.

Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan; Teori, Konsep dan Aplikasi. Edisi Pertama, Cetakan Kedelapan. Ekonisia Fakultas Ekonomi UII. Yogyakarta.

Tunggal, Amin Wijaya. 2008. Memahami Economic Value Added (Teori, Soal, dan Kasus). Harvarindo. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i4.5764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com