Pengaruh profitabilitas dan keputusan keuangan terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia (bei) tahun 2013-2017

Ridwan Mustofa, Isna Yuningsih, Yunita Fitria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, keputusan pendanaan, keputusan investasi, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan.  Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan diperoleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur tahun 2013-2017. Berdasarkan metode purposive sampling terdapat 195 sampel yang sesuai dengan kriteria, dan terdapat outlier 90 sampel untuk memenuhi uji normalitas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 105 sampel. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan software SPSS Statistics 22. Berdasarkan hasil pegujian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan, 2) Keputusan Pendanaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan, 3) Keputusan Investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan, 4) Kebijakan Dividen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan.


Keywords


Profitabilitas;Keputusan Pendanaan;Keputusan Investasi;Kebijakan Dividen;Nilai Perusahaan

References


Abdillah, Abdianto. 2014. Analisis Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, Profitabilitas dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur di BEI periode 2009-2012. Jurnal. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.

Achmad, Safitri Lia dan Amanah Lailatul. (2014). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen, dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal. Ilmu dan Riset Akuntansi. Vol. 3, No. 9

Afzal, A., dan Rohman, A. 2012. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Diponegoro. Journal of Accounting, 1(2)

Assyari, Moch Fajar, Pratomo, Dudi, Yudowati, Siska P. 2018. Pengaruh Kebijakan Pendanaan, Kebijakan Dividen dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015). Jurnal. Vol. 5, No. 1. ISSN:2355-9357.

Brigham, Eugene F dan Joel F, Housen. (2011). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 11. Buku 2. Terjemahan oleh Ali Akbar Yulianto. Salemba Empat. Jakarta Selatan.

Clementin, Felly Sintinia dan Priyadi, Maswar Patuh. (2016). Pengaruh keputusan investasi, pendanaan, kebijakan dividen dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal ISSN, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA), 5(April), 2460-0585.

Fenandar, Gary Ibraham dan Surya Raharja. (2012). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Diponegoro Journal of Accounting. Vol. 1, No. 2, Hal. 1-10.

Fitriana, Pingkan. Mayosi. (2014). Pengaruh Kebijakan Hutang dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan : Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Pemoderisasi. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi.

Gayatri, Ni Luh Putu Rassri dan I Ketut Mustanda. (2014). Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal. Vol. 3, No. 6, Hal. 1-19.

Horne, James, C. Van dan Wachowicz, John. M. Jr. (2012). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Edisi 13. Buku 1. Salemba Empat. Jakarta Selatan.

Keown, Arthur J, Scott, David. F. Jr, Martin, John D dan Petty, William J. (2005). Financial Management Edition. 10th . New Jersey: pearson prentice hall.

Kustini, Indah Adi. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2012. Journal. Universitas Negeri Yoyakarta. Yogyakarta.

Mardiyati, Umi. (2014). Analisis Pengaruh Kebijakan Hutang, Kebijakan Dividen, Profitabilitas, Kinerja Perusahaan Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Tahun 2009-2011. Dinamika Keuangan Dan Perbankan, Vol 12, 13.

Purwitasari, Devi Aditya. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Journal. Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Indonesia.

Sutrisno. (2013). Manajemen Keuangan. Ekonisia. Yogyakarta.

Ulya Himatul. (2014). Analisis Pengaruh Kebijakan Hutang, Kebijakan Dividen, Profitabilitas Kinerja Perusahan dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan pada PerusahaanManufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2009-2011. Jurnal Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Wulandari, Lin. (2015). Pengaruh Keputusan Hutang, Keputusan Investasi, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal. program Studi Akuntansi.

Yudaruddin, Rizky. (2014). Statistik Ekonomi Aplikasi dengan Program SPSS Versi 20. Samarinda: Interpena.

Yunitasari, Dewi dan Priyadi, Maswar. Patuh. (2014). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen, dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Investasi. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol.3 No. 4 (2014), 7(1), 31–45.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i4.5754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com