Analisis sistem dan prosedur pembayaran gaji dan upah pada pt borneo cahaya kemilau di samarinda

Ersa Dewi Prabarini, Salmah Pattisahusiwa, Yunus Tete Konde

Abstract


Ersa Dewi Prabarini. Analisis Sistem dan Prosedur Pembayaran Gaji dan Upah pada PT Borneo Cahaya Kemilau di Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sistem dan prosedur pembayaran gaji dan upah karyawan yang diterapkan oleh PT Borneo Cahaya Kemilau di Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif (perbandingan), yaitu dengan cara membandingkan antara sistem dan prosedur pembayaran gaji dan upah yang diterapkan dalam perusahaan dengan analisis sistem dan prosedur pembayaran gaji dan upah yang sesuai dengan teori unsur-unsur pengendalian internal. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa sistem dan prosedur pembayaran gaji dan upah yang diterapkan PT Borneo Cahaya Kemilau di Samarinda sudah cukup baik, namun masih ada sedikit kelemahan yakni pada unsur pengendalian internal praaktek yang sehat dan mutu karyawan. Pada unsur praktek karyawan yakni PT Borneo Cahaya Kemilau di Samarinda masih menggunakan absensi manual untuk para karyawannya serta kurangnya pengawasan pada saat pengisian absensi. Pada unsur mutu karyawan, pengembangan diri dan mutu kinerja karyawan PT Borneo Cahaya Kemilau, karyawan tidak dilibatkan dalam pelatihan-pelatihan atau bimbingan teknis.

Keywords


sistem dan prosedur akuntansi; pengendalian internal; gaji dan upah

References


Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Retrieved May 13, 2019, from https://kbbi.web.id/

Baridwan, Z. (2012). Sistem Akuntansi Penyusunan Prosedur dan Metode (5th ed.). BPFE-Yogyakarta, Yogyakarta.

Bina Nusantara University. (2015). Prinsip-Prinsip Aktivitas Pengendalian Internal. Retrieved May 13, 2019, from http://accounting.binus.ac.id/2015/09/25/prinsip-prinsip-aktivitas-pengendalian-internal/

Bodnar, G. H., & Hopwood, W. S. (2013). Accounting Information Systems Eleventh Edition (11th ed.). Pearson Education, Inc., New Jersey.

Dwi Ratna Sari. (2013). Analisis Sistem Pengendalian Internal Siklus Penggajian pada PT Gosepa Tour & Travel. Jurnal Akuntansi Universitas Negeri Surabaya, 1 no. 2, 1–21.

Gelinas, Ulrich J., J., Dull, R. B., & Wheeler, P. R. (2012). Accounting Information Systems (9th ed.). Cengage Learning, South-Western.

Hall, J. A. (2011). Accounting Information System (7th ed.). Cengage Learning, South-Western.

Hidayat, M. T., Rahayu, S. M., & Husaini, A. (2013). Analisis Penerapan Sistem Akuntansi Penggajian dan Pengupahan dalam Mendukung Pengendalian Internal. Jurnal Akuntansi Universitas Brawijaya Malang, 6(2), 1–8.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i4.5751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com