Pengaruh modal kerja dan leverage terhadap profitabilitas perusahaan tambang batubara yang terdaftar di bursa efek indonesia

Randa Dwi Saputra, Yana Ulfah, Ibnu Abni Lahaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Modal Kerja yang diukur dengan working capital turnover dan Leverage yang diukur dengan debt to equity ratio terhadap Profitabilitas perusahaan. Profitabilitas perusahaan diukur dengan rasio return on equity. Sampel penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan tambang batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014, 2015 dan 2016. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang berguna untuk mendapatkan gambaran atau kondisi maupun landasan teoritis yang berhubungan dengan judul penelitian. Metode statistik yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Modal Kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Profitabilitas perusahaan; dan (2) Leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas perusahaan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Modal Kerja yang diukur dengan working capital turnover dan Leverage yang diukur dengan debt to equity ratio terhadap Profitabilitas perusahaan. Profitabilitas perusahaan diukur dengan rasio return on equity. Sampel penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan tambang batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014, 2015 dan 2016. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang berguna untuk mendapatkan gambaran atau kondisi maupun landasan teoritis yang berhubungan dengan judul penelitian. Metode statistik yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Modal Kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Profitabilitas perusahaan; dan (2) Leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas perusahaan.

Keywords


Modal Kerja; Leverage; Profitabilitas

References


Fahmi, I. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta. Bandung.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, S. S. (2010). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Rajawali Pers. Jakarta.

Harjito And Martono. (2012). Manajemen Keuangan. Ekonisia. Yogyakarta.

Hery. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Center For Academic Publishing Services. Yogyakarta.

Jensen, M. And Meckling, W. (1976). Theory Of The Firm : Managerial Behavior , Agency Costs And Ownership Structure. Journal of Financial Economics, 3, 305–360.

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sudana, I. M. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori & Praktik. Erlangga. Jakarta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sutrisno. (2013). Manajemen Keuangan; Teori Konsep Dan Aplikasi Untuk Ekonomi Dan Bisnis. Ekonisia. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i4.5750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com