Pengukuran kinerja dengan menggunakan balanced scorecard pada dinas kesehatan provinsi kalimantan timur

HENDRITA RUSMANAWATI, Sri Mintarti, Wulan Iyhig Ratna Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur menggunakan Balanced Scorecard. Penelitian ini menggunakan data tiga tahun yaitu 2011-2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif serta menggunakan Alat Analisis Balanced Scorecard dengan empat perspektif, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Masing-masing indikator dari perspektif tersebut adalah : 1) perspektif keuangan dengan indikator berdasarkan pertumbuhan pendapatan dan pertumbuhan  belanja. 2) perspektif pelanggan dengan indicator berdasarkan ketanggapan dan keandalan. 3) perspektif proses bisnis internal dengan indikator berdasarkan sarana dan prasarana, proses, dan kualitas pegawai.  Dan 4) perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan indikator berdasarkan pelatihan pegawai. Hasil dari penelitian ini adalah 1) perspektif keuangan berdasarkan indikator pertumbuhan pendapatan dan pertumbuhan belanja tahun 2011-2013 mendapat nilai baik. 2) perspektif pelanggan berdasarkan indikator ketanggapan mendapat nilai cukup baik namun pada indikator keandalan mendapatkan nilai tidak baik. 3) perspektif proses bisnis internal berdasarkan indikator sarana dan prasarana, proses, dan kualitas pegawai masing-masing mendapatkan nilai cukup baik. 4) perspektif pembelajaran dan pertumbuhan berdasarkan indikator pelatihan pegawai mendapat nilai tidak baik.


Keywords


pengukuran kinerja, balanced scorecard, keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, pembelajaran dan pertumbuhan

References


Halim, A. (2013). Akuntansi Sektor Publik: Akuntansi Keuangan Daerah. Yogyakarta: Salemba Empat.

Ihyaul, Ulum. (2009). Akuntasi Sektor Publik - Suatu Pengatar. Jakarta: Bumi Aksara

Kaplan, Robert S. dan David P. Norton. (2013). Menerapkan Strategi Menjadi Aksi Balanced Scorecard. Terjemahan oleh Peter R. Yosi Pasla dari Balanced Scorecard: Translating Strategi Into Action. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin, L Keller. (2016). Marketing Management 15. Inc : Pearson Education.

Mahmudi. (2013). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mangkunegara, Prabu, A. (2012). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.

Mardiasmo. (2012). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi.

Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyadi. (2014). Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personel Berbasis Balanced Scorecard. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Nugroho, A Wayan. (2013). Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Konsep Balanced Scorecard, Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan,(3), 124–137.

Payana, Dwi (2013). Membangun Good Governance. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Pitriani, Aprilia. (2014). Analisis Kinerja Melalui Balanced Scorecard Studi Kasus Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Jurnal Ilmiah Akuntansi. Universitas Maritime Raja Ali Haji, (4), 829–856

Rindayani, A Gusti. Darmawan, Surya A. & Purnamawati, Ayu. (2015). Analisis Kinerja Perusahaan Berbasis Balanced Scorecard, Jurnal Ilmiah, (3), 2-12

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi. Yogyakarta: CV Alfabeta

Sujarweni, V Wiratna. (2015). Sistem Akuntansi. Yogyakarta: Pustakabarupress

Wibowo. (2014). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.

Wirasata, Putu. (2015). Analisis Pengukuran Kinerja RSUD TG. UBAN Provinsi Kepulauan Riau Dengan Metode Balanced Scorecard, Jurnal Ilmiah. Universitas Indonesia, (1), 98-109




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i4.5630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com