Pengaruh Kompetisi, Corporate Governance dan Struktur Kepemilikan Terhadap Pengungkapan Resiko

Anis Febrianti, Anis Rachma Utary, Ledy Setiawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris hambatan untuk masuk, konsentrasi kepemilikan, dan komposisi dewan independen. Hambatan untuk masuk diukur dengan total aset tetap, konsentrasi kepemilikan diukur dengan persentase saham yang dipegang oleh pemegang saham substansial > 5%, komposisi dewan diukur oleh dewan independen / total dewan independen. Pengungkapan risiko diukur dengan index pengungkapan resiko. Populasi penelitian ini adalah 138 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Data penelitian dikumpulkan dari laporan tahunan periode  2013 - 2017. Berdasarkan metode purposive sampling, terdapat 50 sampel. Hipotesis penelitian diuji menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan untuk masuk memiliki hubungan yang signifikan dengan pengungkapan risiko. Selanjutnya, konsentrasi kepemilikan variabel dan komposisi dewan independen tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan pengungkapan risiko.


Keywords


Risiko pengungkapan; persaingan; komisaris independen; struktur kepemilikan terkonsentrasi

References


Agustina, Cintia Heko. 2014. “Pengaruh Kompetisi, Corporate Governance, Strukur Kepemilikan Terhadap Pengungkapan Resiko”. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Aljifri, Khaled and Khaled Hussainey. 2007. The Determinant of Forward-Looking Information in Annual Report of UAE Companies, Working Paper. United Arab Emirates.

Andarini, P., dan Januarti, I., 2010. “Hubungan Karakteristik Dewan Komisaris dan Perusahaan Terhadap Pengungkapan Risk Management Committee” .Kumpulan Makalah Simposium Nasional Akuntansi XIII .Purworejo

Anisa, Gessy Windi. 2012. “Analisa Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Menejemen Resiko (Studi Empiris pada Laporan Tahunan Perusahaan-Perusahaan Non-Keuangan Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2010)”. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Christie, Devi Febina. 2014. “Analisis Pengaruh Corporate Governance dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Tingkat Pengungkapan Resiko Keuangan Dalam Interim Report”. Skripsi. Universitas Diponegoro.

GhozalidanChariri, 2007.Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Fathimiyah, Venny, dkk. 2012. “Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Risk Management Disclosure (Studi Survey Industri Perbankan yang Listing di BEI Tahun 2008-2010). “Kumpulan Makalah Simposium Nasional Akuntansi XV. Banjarmasin.

Febriantina, Dyah S. 2010. “Analisis Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, Likuiditas, dan Kepemilikan Publik Terhadap Keterlambatan Publikasi Laporan Keuangan”. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indriyani, Fauziah Lina. 2014. “Analisis Pengaruh Struktur Kepemilikan, Komisaris Independen, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Risk Disclosure (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2013)”. Skripsi.Universitas Diponegoro.

Istna Taures, Nazila S., 2011. ”Analisis Hubungan Antara Karakteristik Perusahaan Dengan Pengungkapan Resiko (Studi Empiris pada Perusahaan - Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di BEI tahun 2009)”.Skripsi. Universitas Diponegoro.

Jensen dan Meckling, 1976, “Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Cost, and Ownership Structure”.Journal of Financial Economics Vol.3 No.4 (Oktober).

Kristiono, dkk. 2014. “Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan Terhadap Risk Management Disclosure pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI”. JOM Fekon.Vol. 1 No. 2 (Oktober).

Putri, Enesti Eka. 2013. “Pengaruh Komisaris Independen, Komite Manajemen Resiko, Reputasi Auditor dan Konsentrasi Kepemilikan Terhadap Pengungkapan Enterprise Risk Management (Dimensi COSO Erm Framework) (Studi Empiris pada Perusahaan Non - Financial yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2009 - 2011)”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Riahi - Belkaoui, A., 2000. Teori Akuntansi. Jakarta: Badan Penerbit Salemba Empat.

Ruwita, Cahya. 2012. “Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Resiko Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI)”. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Sari, Fuji Juwita. 2013. “Pengaruh Corporate Governance, Konsentrasi Kepemilikan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Enterprise Risk Management (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2011)”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Syafri, Sofyan., 2011. Teori Akuntansi. Medan: Badan Penerbit Universitas Sumatra Utara.

Sudarmadji, A. M., dan Lana S., 2007. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Tipe Kepemilikan Perusahaan Terhadap Luas Voluntary Disclosure Laporan Keuangan Tahunan”. Procceding Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitek dan Sipil Auditorium kampus Gunadarma. Jakarta 21-22 Agustus, 2007.

Wardhana, Anindyarta Adi. 2013. “Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Tingkat Pengungkapan Resiko (Studi Empirispada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)”. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Wijayanti, Wahyuni. 2013. “Analisis Pengaruh Corporate Governance dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Sukarela (Voluntary Disclosure) dalam Laporan Tahunan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Go Public Yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2011)”. Skripsi. Universitas Negri Syarif Hidayatullah.

Yunita, Nancy. 2012. “Pengaruh Corporate Governance Terhadap Voluntary Disclosure dan Biaya Hutang”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Vol 1 No.1 (Januari).




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i4.5628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com