Pencatatan dan Penilaian Persediaan Pada Apotek Mitra Sehat

Sucita Dewi Efendi, Nurita Affan, Abdul Gafur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kesesuaian Pencatatan dan Penilaian Persediaan Pada Apotek Mitra Sehat dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) Bab 11 mengenai persediaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang terdiri dari observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Apotek Mitra Sehat telah menerapkan prosedur pencatatan persediaan sesuai dengan SAK ETAP Bab 11. Namun, dalam prosedur penilaian persediaan, pihak apotek belum sepenuhnya melengkapi perhitungan persediaan dengan menggunakan metode harga eceran. Sedangkan prosedur perhitungan harga eceran yang sebenarnya terdapat perhitungan nilai persediaan akhir menurut harga pokok (harga perolehan) dan nilai persediaan tersebut yang akan digunakan dalam laporan keuangan

Keywords


Persediaan, Apotek Mitra Sehat, SAK ETAP Bab 11

References


Dwi, Martani, Sylvia Veronica, Ratna Wardhani, dan Edward Tanujaya. (2017). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK (2nd ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Carl S. Warren, James M. Reeve, Jonathan E. Duchac, Novrys Suhardianto, Devi Sulistyo Kalanjati, Amir Abadi Jusuf, C. D. D. (2016). Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia (25th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Samryn, L. M. (2015). Pengantar Akuntansi: Mudah Membuat Jurnal dengan Pendekatan Siklus Transaksi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sujarweni, V. W. (2016). Pengantar Akuntansi. (Mona, Ed.). Yogyakarta: Pustaka baru Press.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i4.5499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com