Pengendalian intern persediaan barang dagang pada PT. Indo Tools Sejahtera

Brigita Brigita, Sri Mintarti, Salmah Pattisahusiwa

Abstract


Brigita, 2018. Pengendalian Intern Persediaan Barang Dagang Pada PT. Indo Tools Sejahtera. Dibawah bimbingan Prof. Dr. Hj. Sri Mintarti, M.Si sebagai pembimbing I dan Salmah Pattisahusiwa, S.E., M.Si., Ak., CA sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengendalian intern persediaan barang dagang pada PT. Indo Tools Sejahtera apakah telah sesuai dengan system pengendalian internal menurut teori. PT.Indo Tools Sejahtera adalah perusahaan bergerak dalam bidang industry perdagangan alat-alat rumah tangga, seperti pompa air, genset, dan alat rumah tanggalainnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Analisis data mencakup system dan prosedur akuntansi persediaan yang terdiri dari fungsi yang terkait, dokumen yang digunakan, informasi yang dibutuhkan manajemen dan prosedur pengendalian internal yang terdiri dari struktur organisasi, system otorisasi, praktik yang sehat, serta karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawab.  Hasil dari penelitian ini adalah system dan prosedur akuntansi persediaan barang dagang pada PT. Indo Tools Sejahtera masih belum sesuai dengan unsur-unsur pengendalian internal menurut teori Mulyadi. Hal ini terlihat dari masih adanya perangkapan tugas dan wewenang, penghitungan fisik melibatkan bagian gudang, serta proses order pembelian yang langsung dilakukan oleh Wakil Manajemen.


Keywords


Sistem Informasi Akuntansi;Prosedur Penghitungan Fisik;Pengendalian Internal

References


Ferriswara, D. (2018). PENERAPAN METODE PENCATATAN DAN PENILAIAN PERSEDIAAN BARANG PADA CV . TJIPTO PUTRA MANDIRI INDONESIA, (December 2017).

Goenawan, A. S. & Y. (2011). Pengaruh Metode Penilaian Persediaan Terhadap Penentuan Harga Poko Penjualan. Alvina Dan Yunus, 2(1), 165–176.

Gusdinar, I. R., Akuntansi, P. S., Ekonomi, F., Bisnis, D. A. N., & Narotama, U. (2016). Barang Dagang Pada Pt . Adidaya Multi Niaga Barang Dagang Pada Pt . Adidaya Multi Niaga.

Krismiaji. (2015). Sistem Informasi Akuntansi. UPP - STIM YKPN.

Mufidah. (2017). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi Vol.17 No.3 Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi Vo.17 No.3 Tahun 2017, 17(3).

Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi (4th ed.). Salemba Empat.

Mulyani, S. (2000). Analisis Pengendalian Intern Atas Persediaan Barang Dagangan Pada PT.Grokindo. STIE Pertiwi, 3.

Omposunggu, H. (2002). 73414-ID-pengaruh-penerapan-sistem-informasi-akun.pdf. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Mei 2002, Vo.1 , No.2 Universitas Jend. Soedirman.

Seredei, S., & Runtu, T. (2015). Evaluasi Penerapan Pengendalian Intern Atas Persediaan Barang Dagangan Pada Pt . Suramando (Distributor Farmasi Dan General Supplier) Di Manado. Emba, 3(2), 385–394.

Widiasa, K., Pradana, I. M., Putra, A., & Purnamawati, I. G. A. (2015). Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Persediaan Barang Dagang Pada UD Tirta Yasa. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i3.5485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com