Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Widiastuti Widiastuti, Hamid Bone, Rusliansyah Rusliansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perputaran kas, perputaran piutang, dan perputaran persediaan terhadap profitabilitas dengan menggunakan pendekatan regresi berganda. Penelitian ini menggunakan pooled data yaitu data dari tahun 2012 sampai dengan 2017 dalam laporan keuangan atau laporan tahunan perusahaan pertambangan yang diperoleh di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2012 sampai dengan 2017 adalah 47 perusahaan. Prosedur dalam pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan menghasilkan 9 perusahaan pertambangan yang memenuhi kriteria pemilihan sampel. Rasio profitabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah ROA. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji f, koefisien determinasi, analisis regresi berganda, dan uji t. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan variabel independen perputaran kas berpengaruh negatif dan signifikan dan perputaran piutang berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan variabel independen perputaran persediaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan.


Keywords


perputaran, kas, piutang, persediaan, profitabilitas, ROA

References


Ayulia, Adis Dan Djawoto. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas Pada Perusahaan Property. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 5 (8) Agustus : 1-15.

Bramasto, Ari. 2011. Analisis Perputaran Aktiva Tetap Dan Perputaran Piutang Kaitannya Terhadap Return O n Assets Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung. Jurnal Majalah Ilmiah Unikom. Vol. 9, No. 2, Hal. 215-230.

Deni, Irman. 2014. Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Perputaran Piutang Dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi Umrah.

Dewi, Lisnawati Dan Yuliastuti Rahayu. 2016. Pengaruh Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi 5 (1) Januari : 1-17

Fahmi, Irham. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta. Bandung.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Kompas. 2018. Bank Masih Enggan Salurkan Kredit Ke Pertambangan. https://ekonomi.kompas.com/read/2018/05/22/134748126/bank-masih-enggan-salurkan-kredit-ke-pertambangan, diakses tanggal 4 Juli 2018.

Lestari, Arum Puji Tri. Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Persediaan, Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI, Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Munawir S. 2014. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Keempat, Cetakan Ketujuh Belas. Liberty. Yogyakarta.

Putra, Lutfi Jaya. 2012. Pengaruh Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas (Studi Kasus : PT. Indofood Sukses Makmur Tbk.). Jurnal Ekonomi Gunadarma 9 (1) hal 1–10.

Putriwati. 2016. Pengaruh Perputaran Kas Dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia Sub Sektor Keramik, Porselen Dan Kaca Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2010-2014, Skripsi. Universitas Hasanuddin Makassar.

Putri, L. Rizkiyanti dan Lucy Sri Musmini. 2013. Pengaruh Perputaran Kas Terhadap Profitabilitas Pada PT. Tirta Mumbul Jaya Abadi Singaraja periode 2008-2012. Jurnal Akuntansi Profesi 3 (2) Desember : 142-152.

Rahayu, Eka Ayu dan Joni Susilowibowo. 2014. Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang Dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur. Jurnal Ilmu Manajemen 2 (4) Oktober : 1444-1455.

Sufiana, Nina dan Ni Ketut Purnawati. 2013. Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang Dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas. E-Jurnal Universitas Udayana. Vol. 2. No. 4.

Wulandari, Geby. 2015. Pengaruh Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. JOM FEKON 2 (1) Februari : 1-15.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i3.5456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com