Analisis rasio keuangan dalam memprediksi perubahan laba (studi empiris pada perusahaan asuransi yang terdaftar pada bursa efek indonesia

Muhammad Fadhil Haris, Yunus Tete Konde, Ibnu Abni Lahaya

Abstract


Tujuan untuk mengetahui pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Net Profit Margin, Return on Investment, dan Working Capital to Total Asset terhadap perubahan laba pada Perusahaan Asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Prediksi perubahan laba sangat penting pengaruhnya bagi para investor dalam pengambilan keputusan investasi. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 24. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017 sebanyak 13 perusahaan. Teknik pengambilan sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Diperoleh 11 perusahaan yang termasuk dalam kriteria penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Current Ratio (X1), Net Profit Margin(X3), dan Working Capital to Total Asset (X5) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Perubahan Laba. Debt to Equity Ratio (X2) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Perubahan Laba. Sedangkan variabale Return on Investment (X4) berpengaruh posifitf dan signifikan terhadap Perubahan Laba.


Keywords


Current Ratio (CR); Debt To Equity Ratio (DER); Net Profit Margin (NPM); Return on Investments (ROI); Working Capital to Total Assets (WCTA); Perubahan Laba

References


Belkaoui. Ahmed Riahi. 2007. Teori Akuntansi. Edisi Lima. Salemba Empat. Jakarta.

Cahyaningrum, Ndaru Hesti. 2012. Analisis Manfaat Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Pertumbuhan Laba (Studi Kasus: Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2005 sampai dengan 2010). Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Connelly B. L. S. T. Certo. R. D. Ireland. dan C. R. Reutzel. 2011. Signalling Theory: A Review and Assessment. Journal of Management. Vol 37. No 1. Hal. 43-56.

Fahmi, Irfan. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Keempat. Alfabeta. Bandung.

Ningsih, Lis setia. 2014. Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Laba Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Jurusan Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sari, Linda Purnama. 2015. Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba (Studi Kasus: Perusahaan Food And Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009 sampai dengan 2013). Skirpsi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Sriyanti. 2014. Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Tingkat Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Retail Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2009-2011. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Suwardjono. 2013. Teori Akuntansi Perekayasaan Pelapran Keuangan. Edisi Tiga. Cetakan Keenam. BPFE. Yogyakarta.

Syamsudin dan Primayuta Ceky, 2009. Rasio Keuangan dan Prediksi Perubahan Laba Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Vol 13. No 1. Hal: 61-68.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i3.5033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com