Analisis Perlakuan Akuntansi Terhadap Persediaan Obat-Obatan Pada Apotek Ayu Husada di Samarinda

ARIESKA AYUMI, NURITA AFFAN, DHINA MUSTIKA SARI

Abstract


ABSTRAK

Dalam manajemen perusahaan, salah satu masalah yang paling penting adalah bagaimana penerapan metode penelitian yang telah digunakan yaitu apakah sudah benar atau tidak sesuai dengan perlakuan akuntansinya. Dasar teori penelitian ini adalah akuntansi keuangan yang merupakan cabang dari akuntansi yang dijadikan alat untuk menentukan dan mengukur hasil kegiatan penilaian persediaan obat-obatan di Apotek Ayu Husada. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah apakah perlakuan akuntansi atas persediaan obat-obatan pada Apotek Ayu Husada telah sesuai dengan perhitungan Metode Harga Ecer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perlakuan akuntansi atas persediaan obat-obatan Apotek Ayu Husadadengan menggunakan Metode Harga Ecer. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah perhitungan nilai persediaan dengan Metode Harga Ecer yang sesuai. Dalam hal ini sebaiknya Apotek Ayu Husada mempertahankan sistem pencatatan yang sudah dilakukan agar dapat memudahkan membuat laporan keuangan jangka pendek jika diperlukan dan sebaiknya Apotek Ayu Husada melengkapi perhitungan penilaian persediaannya dengan menggunakan Metode Harga Ecer yaitu dengan menghitung juga nilai persediaan akhir menurut estimasi harga pokok (harga perolehan) .

Kata Kunci: Perlakuan Akuntansi, Metode Harga Ecer.

 

ABSTRACT

In company’s management, one of the most important problem is how the implementationnof research method has been done; namely whether the curently used accounting treatment is the right one. The foundation theory in this research was financial accounting, in which it was the branch of accounting that was used as a tool to define and measure the result of evaluation of medicine stocks in Ayu Husada Pharmacy. In this research, the problam that was observed was whether the suitable accounting treatment on drugs stocks in Ayu Husada Pharmacy was fit, according to retail Inventory Method. Analyzing tools used in this paper was the calculation of stocks value with suitable retail inventory method. In the case, it was great if Ayu Husada Pharmacy keep up the accounting system to ease the process of making short-them financial report. It was also advised to complete the calculation of stock value by using retail inventory method, which was by calculation the ending period value of stocks with estimated COGS.

Keywords : Accounting Treatment, Retail Inventory Method


References


Arniati. 2013. Analisis Perlakuan Akuntansi Persediaan Obat-Obatan Pada RSUD A. Wahab Sjahranie Samarinda. Skripsi, Samarinda : Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman.

Abdul Halim, Bambang Supomo, & Muhammad Syam Kusufi. 2012. Akuntansi

Manajemen, Edisi Kedua. BPFE. Yogyakarta.

Agus, Sartono. 2010. Manajemen Keuangan Teori & Aplikasi, Cetakan Keempat. BPFE. Yogyakarta.

Baridwan, Zaki. 2013. Intermediate Accounting, Edisi Kedelapan, CetakanKelima. BPFE. Yogyakarta.

Donald E. Kieso, Weygandt dan Kimmel. 2008. Accounting Intermediate, Edisi Kedua belas, Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Harahap, Sofyan Syafri. 2011. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, Edisi Kelima. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Hery. 2013. Auditing (Pemeriksaan Akuntansi I), Cetakan Pertama. CAPS (Center of Academic Publishing Service). Jakarta.

Jumingan. 2006. Analisis Laporan Keuangan, Cetakan Pertama. Bumi Aksara. Jakarta.

Martani, Veronica, Wardhani, Farahmita dan Tanujaya. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK, Buku 1. Salemba Empat. Jakarta.

Munawir. 2007. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Keempat, Cetakan Keempatbelas. Liberty. Yogyakarta.

Rudianto. 2012. Pengantar Akuntansi Adaptasi IFRS. Erlangga. Jakarta.

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi, Cetakan Ketujuh. EKONOSIA. Yogyakarta.

Samryn, L.M. 2012. Akuntansi Manajemen Informasi Biaya untuk Mengendalikan Aktivitas Operasi dan Investasi, Cetakan Pertama. KENCANA PRENADA MEDIA GROUP. Jakarta.

Warren, Reeve, Duchac, Wahyuni, dan Soepriyanto. 2009. Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia, Buku 1. Salemba Empat. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i2.4943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com