Pengaruh Asimetri Informasi dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Samsiah Samsiah, Irwansyah Irwansyah, Ibnu Lahaya

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh asimetri informasi dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam periode tahun 2011-2015. Sampel penelitian sebanyak 38 perusahaan dengan total 190 observasi dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asimetri informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Hal ini bukan dikarenakan dari tinggi rendahnya asimetri informasi saja, namun karena pengaruh pengungkapan laporan keuangan yang baik dan benar dari pihak manajemen sehingga investor dapat memahami isi dan angka didalam laporan keuangan, oleh karena itu pihak manajemen tidak perlu melakukan praktik manajemen laba. Ukuran perusahaan bepengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Hal ini dikarenakan perusahaan besar menjadi perhatian banyak investor yang dituntut untuk memberikan informasi laba yang lebih baik, oleh karena itu pihak manajemen melakukan tindakan praktik manajemen laba untuk memanipulasi laba agar menarik investor.

 


Keywords


asimetri informasi; ukuran perusahaan; manajemen laba

References


Adnyana Usadha, I Putu dan Gerianta Wirawan Yasa. 2008. Analisis Manajemen Laba dan Kinerja Perusahaan Pengakuisisi sebelum dan Sesudah Merger dan Akuisisi di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi. Denpasar: Fakultas Ekonomi, Universitas Udayana.

Adriyani. 2011. Pengaruh Asimetri Informasi, Struktur Kepemilikan dan Rasio Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal. Universitas Negeri Padang.

Agustian, Takdir Rizki. 2016. Pengaruh Asimetri Informasi, Struktur Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi .Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya.

Amijaya, MW. dan Prastiwi, Andri. 2013. Pengaruh Kualitas Audit Terhadap Manajemen Laba. Journal of Accounting. Vo. 2 No 3.

Apriyani Lydia. 2013. Pengaruh Asimetri Informasi dan Ukuran Perusahaan Terhadap Praktik Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Akuntansi. Fakultas Ekonomi, Universitas Jember.

Ardi Murdoko Sudarmaji dan Lana Sularto. 2007. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Tipe Kepemilikan Perusahaan Terhadap Luas Volunatary Disclosure Laporan Keuangan Tahunan, Proceeding PESAT, Volume 2.

Barus Andreani Caroline, dan Setiawati Kiki. 2015. Pengaruh Asimetri Informasi Mekanisme Corporate Governance, dan Beban Pajak Tangguhan Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil. Vol 5, No 01.

Boediono, Gideon SB. 2005. Kualitas laba: Studi Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Dampak Manajemen Laba dengan Menggunakan Analisis Jalur. Solo: Simposium Nasional Akuntansi VIII.

Dhaneswari, Nadia dan Widuri, Retnaningtyas. 2013. Pengaruh Asimetri Informasi, Ukuran Perusahaan dan Beban Pajak Tangguhan Terhadap Praktik Manajemen Laba di Perusahaan Manufaktur Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2010-2012. Tax & Accounting Review, Vol. 3, No.2

Desmiyawati, Nasrizal, dan Fitriana, Yessi. 2009. Pengaruh Asimetri Informasi dan Ukuran Perusahaan Terhadap Praktik Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. Vol.1 No.3.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang Badan : Universitas Diponogoro.

Halim, Abdul, Achmad Tjahjono, dan Muh. Fakhri Husein. 2009. Sistem Pengendalian Manajemen . Yogyakarta UPP : STIM YKPN.

Healy, Paul M. Dan wahlen, James M. 1999. A Review of the Earnings Management literature and its implications for Standard Setting. Accounting Horizons December 1999, Vol. 13, No. 4..

Jensen, Michael C. dan Meckling.W.H. 1976. Theory of the Firm Managerial Behavior Agency Cost and Ownership Structure. Journal of Financial Economics. October, Vol. 3, No. 4.

Jayengsari, Risky Drivina, dan Soetedjo, Soegeng 2013. Pengaruh Good Corporate Governance, Kualitas Audit, Kompensasi Bonus, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Praktik Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Simposium Nasional XVI Manado.

Junaidi. 2007. Pengaruh Good Governance Terhadap Earning Management . ASET. Vol 20. No 2.

Mardiati, Endang. 2014. Pengaruh Tata Kelola Perusahaan, Kecakapan Manajerial, dan Rasio Leverage Terhadap Manajemen Laba. SNA 17 Mataram, Lombok, Universitas Mataram.

Mardiyah, Aida Ainul. 2002. Pengaruh Asimetri Informasi dan Disclosure Terhadap Cost of Capital. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Vol, 5. No 2.

Meta, Annisa CW. 2009. Analisis Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan perusahaan Pengakuisisi Sebelum dan sesudah Merger dan Akuisisi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2009.

Mohanram, P.S. 2003. How To Manage Earnings Management. The Institute of Chartered Financial Analysts of India: Accounting World.

Muliati, Ni Ketut. 2011. Pengaruh Asimetri Informasi dan Ukuran Perusahaan Pada Praktik Manajemen Laba di Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tesis. Denpasar: Universitas Udayana.

Nasution, Marihot, dan Setiawan, Doddy. 2007.Pengaruh Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba di Industri Perbankan. Simposium Nasional Akuntansi X Makassar.

Prasetya, Pria Juni. 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Interening. Jurnal Akuntansi. Vol. 14.No.1. Denpasar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Rahmawati, Yacob Suparno, dan Nurul Qomariyah. 2006. Pengaruh Asimetri Informasi Terhadap Praktik Manajemen Laba pada Perusahaan Perbankan Publik yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia,Vol.10, No.1.

Restuwulan. 2013. Pengaruh Asimetri Informasi dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba.Skripsi. Bandung: Universitas Widyatama.

Sari, Aprillia Yunita. 2010. Pengaruh Asimetri Informasi dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Food and Beverage yang Go Public di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Fakultas Universitas Pembangunan Nasional Veteran.

Savitri, Enni. 2014. Analisis Pengaruh Leverage dan Siklus Hidup Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Real Estate dan Property yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi, Vol.3.N0.1.

Setiawati, Lilis dan Ainun Na’im. 2000. Manajemen Laba. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Vol.15. No.4.

Setiawati, Kiki. 2015. Pengaruh Asimetri Informasi, Mekanisme Corporate Governance, dan Beban Pajak Tangguhan Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, Volume 5, Nomor 01.

Sudarmaji, Ardi Murdoko dan Sularto, Lana, 2007. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Tipe Kepemilikan Perusahaan Terhadap Luas Voluntary Disclosure Laporan Keuangan Tahunan. Procceding. PESAT, Volume 2.

Sulistyanto, Sri. 2008. Manajemen Laba: Teori dan Model Empiris. Edisi pertama.Grasindo; Jakarta.

Sutikno, Frendy. 2014. Pengaruh Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba di Industri Perbankan Indonesia. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol. 3, No.10. STIESIA. Surabaya.

Sutrisno. 2002. Studi Manajemen Laba (Earnings Management) Evaluasi Pandangan Profesi Akuntansi, Pembentukan dan Motivasinya. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Sistem Informasi Yogyakarta.

Tanara, Antorius Giovani Setiawan. 2014. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Kepemilikan Manajerial, Komite Audit dan Earning Power Terhadap Manajemen Laba Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode 2010-2012. Universitas Pendidikan Indonesia.

Ujiyantho, Muh Arief, dan Bambang Agus Pramuka. 2007. Mekanisme Corporate Governance Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan (Studi pada perusahaan go publik sektor manufaktur) Jurnal Simposium Nasional Akuntansi X, Unhas Makassar.

Upayarto, Budi.2013. Pengaruh Financial Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Independensi Komite Audit Terhadap Manajemen Laba (Studi pada Perusahaan yang Termasuk dalam Jakarta Islamic Index Periode Tahun 2004-2007 di BEI) Program Studi Akuntansi, STIE Tribuana Tambun. Jurnal Indonesia Vol. 12.. No. 1.

Wiyadi, Rina Trisnawati, Noviana Puspitasari dan Noer Sasongko. 2016. Pengaruh Asimetri Informasi Leverage dan Probabilitas Terhadap Manajemen Laba Rill Pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia. The 3rd University Research Colloquium. Surakarta: Universitas Slamet Riyadi.

Veronica, Sylvia N.P Siregar dan Siddharta Utama. 2005. Pengaruh Struktur Kepemilikan, Ukuran Perusahaan, dan Praktek Corporate Governance Terhadap Pengelolaan Laba Earning Management. Simposium Nasional Akuntansi xi, Solo.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i2.4834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com