Perhitungan harga pokok produksi pada ud. karya jaya di balikpapan

Farah Dhiya Zulfa, Set Asmapane, Yunita Fitria

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) mengetahui perhitungan harga pokok produksi yang berdasarkan metode harga pokok pesanan untuk produk daun pintu dan daun jendela pada UD. Karya Jaya, (2) mengetahui harga pokok produk per m2 untuk produk daun pintu dan daun jendela pada UD. Karya Jaya, (3) mengetahui besar jumlah biaya overhead pabrik yang dikeluarkan dalam suatu produk berdasarkan metode harga pokok pesanan. UD. Karya Jaya adalah perusahaan bergerak dalam bidang produksi meubel yakni memproduksi lemari pakaian, kitchen set, daun pintu dan daun jendela, dan lain-lain. Hasil analisis adalah sebagai berikut (1) Harga pokok pesanan menurut perusahaan untuk produk daun pintu berbeda dengan perhitungan menurut analisis. Harga pokok pesanan menurut analisis lebih kecil dibanding perhitungan menurut perusahaan. (2) Harga pokok pesanan menurut perusahaan untuk produk daun jendela juga berbeda dengan perhitungan menurut analisis. Harga pokok pesanan menurut analisis lebih kecil dibanding perhitungan menurut perusahaan. (3) Perbedaan hasil perhitungan tersebut disebabkan oleh penetapan tarif biaya overhead pabrik yang dilakukan perusahaan hanya berdasarkan perkiraan saja, dan perusahaan tidak memisahkan antara biaya bahan baku dengan biaya bahan penolong dalam pengumpulan biaya bahan baku langsungnya.

 


Keywords


Biaya; Full Costing; Harga Pokok Produksi; Harga Pokok Pesanan

References


Blocher, Stout, Cokins, 2011. Manajemen Biaya, buku I edisi kelima. Salemba Empat, Jakarta.

Bustami, Bastian dan Nurlela. 2013. Akuntansi Biaya. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Carter, Wiliam K. 2009. Akuntansi Biaya, Edisi 14. Terjemahan oleh Krista. Salemba Empat, Jakarta.

Dunia Firdaus Ahmad dan Abdullah Wasilah . 2012. Akuntansi Biaya. Salemba Empat. Jakarta.

Garisson H. Ray dan Noreen W. Eric, 2009. Akuntansi Manajerial. Edisi Pertama. Salemba Empat, Jakarta.

Hanggana Sri. 2009. Akuntansi Biaya Teori dan Aplikasi. Edisi Pertama. Lembaga Pengembangan Pendidikan (LLP) UNS, Surakarta.

Halim, A. 2013. Akuntansi Manajemen: Akuntansi Manajerial. Edisi Kedua. BPFE, Yogyakarta.

Hansen, Don. R dan Maryanne M. Mowen, 2009, Akuntani Biaya. Edisi 8, Terjemahan oleh Deny Arnos Kwary, Salemba Empat, Jakarta.

Jusup, Al Haryono. 2011. Dasar-Dasar Akuntansi. Edisi ketujuh. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Yogyakarta.

Kholmi Masiyah dan Yuningsih, 2010. Akuntansi Biaya. Edisi Pertama. Universitas Muhammadiyah, Malang.

Mulyadi. 2012. Akuntansi Biaya. Edisi kelima. Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN, Yogyakarta.

Pranoto, Rickie. 2016. Analisis Penerapan Metode Harga Pokok Pesanan Pada CV. Alif Supplier di Samarinda, Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.

R.A. Supriyono. 2013. Akuntansi Biaya, dan Penentuan Harga Pokok. Buku Satu. Edisi Kedua. Cetakan Delapan Belas. BPFE, Yogyakarta.

Sari Irma, Suharyono, Pattisahusiwa Salmah. 2013. Analisis Perhitungan Harga Pokok Pesanan Meubel Dengan Metode Full Costing Pada CV. Sarana Interior di Samarinda. Volume 1 No. 1. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.

Suprianto, Utary R Anis, Setiawati Ledy. 2012. Perhitungan Harga Pokok Berdasarkan Metode Harga Pokok Pesanan Pada CV. Intan Abadi Di Samarinda. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.

Widilestariningtyas. 2012. Akuntansi Biaya. Edisi Pertama. Graha Ilmu, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i2.4755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com