Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Kanujoso Djatiwibowo Kota Balikpapan

Riska Meilinda, H. Irwansyah, Yoremia Lestari br Ginting

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui serta menganalisis penyajian dan pengungkapan akuntansi lingkungan pada RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan terdiri dari observasi, wawancara semi-terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian disajikan berdasarkan data yang dikumpulkan dan hasil pertanyaan dari wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo belum melakukan penyajian dan pengungkapan biaya lingkungan. Biaya terkait lingkungan Rumah Sakit disajikan pada akun Administrasi dan umum di sub akun Biaya Barang dan Jasa. Hal ini belum menggambarkan informasi akuntansi mengenai tanggung jawab Rumah Sakit dalam pengelolaan lingkungan. Adapun hasil tambahan dari analisis data penelitian, ditemukan bahwa pihak Instalasi Kesehatan Lingkungan dan Limbah belum memiliki atau menyusun anggaran tahunan, hanya berupa usulan kegiatan yang diserahkan ke bagian perencanaan untuk mendapatkan persetujuan. Penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan pihak RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo agar melakukan penyajian dan pengungkapan biaya lingkungan sebagai tanggungjawab terhadap aspek lingkungan dan supaya proses penelusuran biaya lingkungan mudah dilakukan.

Keywords


Akuntansi Lingkungan, Rumah Sakit, Klasifikasi Biaya.

References


Adisasmito, Wiku. 2009. Sistem Manajemen Lingkungan Rumah Sakit. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Akbar, L. A. 2011. Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan terhadap Pengelolaan Limbah Sebagai Salah Satu Bentuk Pertanggungjawaban Sosial (Studi Kasus pada PT Kertas Leces (PERSERO). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Jember.

Aminah, Noviani. 2014. Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan di Rumah Sakit Mardi Waluyo Metro. Jurnal Akuntansi Keuangan Vol.5 No.2, September 2014: 1-16.

Ardianto. 2014. Penerapan Akuntansi Lingkungan Di RSUD Dr. Muhammad Saleh Probolinggo. Tesis. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Aulia, Isna. 2017. Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan pada Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Kota Samarinda. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman.

Bastian. 2008. Akuntansi Kesehatan. Yogyakarta: Penerbit Erlangga.

Bastian, Indra dan Suharjono. 2006. Akuntansi Perbankan. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Depkes Republik Indonesia. 2017. Lomba Green Hospital, www.depkes.go.id/article/view/17101000005/Lomba-Green-Hospital-bagi-seluruh-RS-Pemerintah-dan-Swasta-Indonesia.html, diakses tanggal 13 April 2018.

Fitriyani dan Siti Mutmainah. 2011. Keterkaitan Kinerja Lingkungan, Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Kinerja Finansial. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponogoro.

Hardiansyah. 2016. Study Kasus Pelaksanaan Green Hospital di Rumah Sakit Umum Daerah R.Syamsudin, SH Kota Sukabumi. Tesis. Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada.

Hidayatullah, M Syarif. 2015. Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan Untuk Mengetahui Proses Pengelolahan Limbah Dan Tanggung Jawab Sosial Pada Rumah Sakit Ibnu Sina Kota Gresik. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Maulana Malik Ibrahim.

Ikhsan, Arfan. 2008. Akuntansi Lingkungan dan Pengungkapannya. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

. 2009. Akuntansi Manajemen Lingkungan. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1204/Menkes/SK/X/2004 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit.

Kieso, Donal E, Jerry J. Weygandt. 2007. Intermediate Accounting. Buku 1 Edisi Kedua Belas. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Megananda dan Effendi. 2016. Perlakuan Atas Biaya Lingkungan pada RS Perkebunan dan RSUD Balung di Kabupaten Jember. Jember: Artikel Ilmiah Mahasiswa 2016. Fakultas Ekonomi Universitas Jember.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2010 Tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.

Sari, Mitra. 2017. Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Daya Makassar. Jurnal Riset Edisi XII Vol. 3 No. 001 (2017): 42-54.

Solihin, Ismail. 2009. Corporate Social Responsibility, From Charity to Sustainbility. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Standar Akuntansi Keuangan Efektif Per 1 Januari 2015.

Suartana. Februari 2010. Akuntansi Lingkungan dan Triple Bottom Line Accounting: Paradigma Baru Akuntansi Bernilai Tambah. Jurnal Bumi Lestari, Volume 10 No.1 Hal. 106.

Suhayati Ely dan Sri Dewi Anggadini. 2009. Akuntansi Keuangan. Edisi Pertama. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Suwardjono. 2005. Teori Akuntansi: Perekayasaaan Pelaporan Keuangan. Edisi III. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Volosin, E. 2008. Environmental Accounting. Norderstedt Germany: Penerbit GRIN Verlag.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i2.4636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com