Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Struktur Modal Dan Likuiditas Serta Aktivitas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Dian Dian Nitasari, Irwansyah Irwansyah Irwansyah, Musviyanti Musviyanti Musviyanti

Abstract


Dian Nitasari, 2018. Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Struktur Modal dan Likuiditas serta Aktivitas terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dibawah bimbingan Bapak Irwansyah  dan Ibu Musviyanti. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode dokumentasi yang berupa laporan keuangan tahunan perusahaan yang merupakan objek penelitian ini dan metode studi pustaka yaitu menggunakan buku literatur sebagai referensi yang berhubungan dengan masalah dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikansi Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Struktur Modal dan Likuiditas serta Aktivitas terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2011-2016. Penelitan ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek Indonesia dengan periode tahun 2011-2016. Sedangkan yang menjadi sampel adalah laporan keungan yang terdiri dari laporan laba rugi dan neraca pada tahun 2011-2016. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampel dan diperoleh 14 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Data diolah menggunakan SPSS versi 20. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Perputaran Modal Kerja dan Aktivitas berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas, sedangkan Struktur Modal dan Likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap Poritabilitas.


Keywords


Profitabilitas; Perputaran Modal Kerja; Struktur Modal; Likuiditas; Aktivitas

References


Anggraini, Ryan. 2015. Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia.Skripsi.FE.UNMUL.

Brigham, F dan Joel F. Houston. 2011. Fundamentals of Financial Management, United States of America. Dasar-dasar Manajemen Keuangan.Salemba Empat. Jakarta.

Darsono dan Ashari. 2004. Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan, Andi. Yogyakarta.

Dwiyanthi, Novia. 2017. Pengaruh Likuiditas dan Perputaran Modal Kerja terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi.E-Jurnal Manajemen Unud.6(9) 2017: 4829-4856.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi 6. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Gitman, Lawrence J. 2011.Principles of Managerial Finance,13th edition. Massachusetts: Addison-Weslay Publishing Company.

Gitosudarmo dan Basri. 2008. Manajemen Keuangan.BPFE.Yogyakarta.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan.Cetakan ke-5.Raja Grafindo. Jakarta.

Munawir. S. 2010. Analisis Laporan Keuangan.Edisi ke-4.YBP Universitas Gajah Mada. Liberty. Yogyakarta.

Novi, Sagita. 2015. Pengaruh Modal Kerja, Likuiditas, Aktivitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. E-Journal S1 Ak UPG. 3 (1). 2015: 1-11.

Riyanto, Bambang. 2004. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Susanti, Resti. 2011. Pengaruh Current Ratio, Inventory Turnover dan Debt to Equity Ratio terhadap Return On Asset (Study Kasus Perusahaan Food and Baverages di BEI Periode 2008-2010). Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.

Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan: Teori, konsep dan Aplikasi, Edisi Ke-12 Cetakan Kedelapan. Penerbit Ekonisia, Yogyakarta.

Syamsuddin, Lukman. 2009. Manajemen Keuangan, Penerbit Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Wahyuni. 2009. Pengaruh Tingkat Perputaran Modal Kerja, Struktur Modal, Umur Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Skripsi.FE UNRI.

Zahra, 2010.Analisis Pengaruh Current Ratio, DER, Total Asset Turnover, dan NPM terhadap ROA pada Perusahaan Manufaktur Go Public Periode 2005-2009. Skripsi Universitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i2.4598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com