Pengaruh profitability dan investment opportunity set terhadap dividend payout ratio perusahaan property dan real estate yang terdaftar di bursa efek indonesian

Kristina Vinolia Halley, Anis Rachma Utary, Salmah Pattisahusiwa

Abstract


    Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Profitability dan Investment Opportunity Set terhadap Dividend Payout Ratio pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di BEI periode 2012-2017.Variabel Profitability diukur dengan Return on asset (ROA) dan Investment Opportunity Set diproksi dengan Market to Book Value of Equity (MVE/BVE). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan pemilihan sampel menggunakan metode purposive samplingdan diperoleh sampel sebanyak 8 perusahaan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Return on Asset (ROA) tidak berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio (DPR). Market to Book Value of Equity (MVE/BVE) berpengaruh positif terhadap Dividend Payout Ratio (DPR). Sehingga hipotesis 1 (H1) dan hipotesis 2 (H2) tidak dapat dibuktikan.

 



Keywords


Profitability; Investment Opportunity Set (IOS); Return on asset (ROA); Market to Book Value of Equity (MVE/BVE); dan Dividend Payout Ratio (DPR)

References


Anil, Kanwal dan Sujata Kapoor. 2008. “Determinants of Dividend Payout Ratios- A Study of Indian Information Technology Sector”. International Research Journal of Finance and Economics. ISSN 1450-2887 Issue 15. Noida. Jaypee Business School.

Anugrah, A. D.2009. Analisis Pengaruh Investment Opportunity Set (IOS) Terhadap Return Saham Perusahaan Sektor Manufaktur. Jurnal. Universitas Gunadarma.

Basri dan Indriyo Gitosudarmo. 2012. Manajemen Keuangan, Edisi 1 Cetakan Ke-3. BPFE. Yogyakarta.

Brigham, Eugene F dan Houston, Joel F. 2013. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Buku 2 Edisi 11. Salemba Empat. Jakarta.

Budianto, Oerip dan Djoko Supatmoko. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Solvabilitas Terhadap Dividend Payout Ratio (Studi Empiris pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Artikel Ilmiah Mahasiswa. Universitas Jember.

Difah, Siti Syamsiroh. 2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan BUMN Yang Terdaftar Di Bursa Efek IndonesiaPeriode Tahun 2004-2009.Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.

Eko, Yudha S., Elok Sri utami dan umani. 2014. Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan dan Investment Opportunity Set (IOS) Terhadap Dividend Payout Ratio (DPR)Pada Perusahaan Otomotif Di Bursa Efek Indonesia. Artikel Ilmiah Mahasiswa. Universitas Jember.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayani, Dyah. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Dividend Payout Ratio pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Periode 2005-2007. Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.

Horne., & Wachowicz JR., James C. Van & John M. 2012. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan Edisi 12 Buku 2. Salemba Empat.Jakarta.

Kasmir. 2016. Pengantar Manajemen Keuangan, Edisi 2 Cetakan ke-5. Kencana. Jakarta.

. 2016. Analisis Laporan Keuangan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Keown, Arthur J; John D. Martin; J. William Petty; dan David F. Scott, JR. Manajemen Keuangan, Edisi 10 Jilid 2. PT Indeks. Jakarta.

Marpaung, Elyzabet Indrawati dan Bram Hadianto. 2009. Pengaruh Profitabilitas dan Kesempatan Investasi Terhadap Kebijakan Dividen: Studi Empirik pada Emiten Pembentuk Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Akuntansi Vol.1 (1) Mei 2009: 70-84.

Harrison Jr., Walter T., et al. 2011. Akuntansi Keuangan. Edisi 8 Jilid 2. Yang Dialihbahasakan oleh Gina Gaina. Erlangga. Jakarta.

Nastiti, Azzah Wikansari. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Struktur Kepemilikan, dan Investment Opportunity Set Terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Jurnal. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Natalia, Desi. 2013. Pengaruh Profitabilitas Dan Kesempatan Investasi Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Skripsi. Universitas Negeri Padang.

Nugraha, Dimas Adi. 2012. Analisis Pengaruh Insider Ownership, debt to Equity Ratio, Return on Equity, Firm Size dan Investment Opportunity Set Terhadap Dividend Payout Ratio (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2010). Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.

Prasetio, Djoko Adi dan Bambang Suryono.2016. Pengaruh Profitabilitas, Free Cash Flow, Investment Opportunity Set Terhadap Dividend Payout Ratio, Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi Vol. 5 (1 ) Januari: 2016.

Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan (Teori, Konsep dan Aplikasi), Cetakan ketujuh. Ekonisia. Jakarta.

Yudaruddin, Rizky. 2014. Statistik Ekonomi (Aplikasi Dengan Program SPSS Versi 20). Interpena. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i2.4583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com