Analisis penerapan pernyataan standar akuntansi pemerintah 05 atas persediaan obat pada RSUD kudungga di sangatta

Vena Maulida Muchtar, Isna Yuningsih, Ledy Setiawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis penerapan pernyataan standar akuntansi pemerintah (PSAP) 05 atas persediaan obat pada RSUD Kudungga Sangatta. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah (PSAP) 05 Tentang Persediaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan penelitian kepustakaan, wawancara, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan perlakuan akuntansi persediaan obat menurut RSUD Kudungga Sangatta dengan PSAP 05 tentang persediaan. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, terlihat perbedaan perlakuan akuntansi persediaan obat menurut RSUD Kudungga Sangatta dengan PSAP 05 tentang persediaan. Perbedaan tersebut yaitu: (a) Perlakuan obat kadaluwarsa (b) Obat yang telah rusak atau usang seperti obat kadaluwarsa tidak diungkapkan di dalam Catatan Atas Laporan Keuangan (CaLK) dan (c) Pengukuran dalam penyajian persediaan obat. Namun, dari hasil analisis, peneliti mengidentifikasi  kesesuaian antara yang telah diatur di PSAP 05 dengan kebijakan akuntansi yang telah diterapkan di RSUD Kudungga Sangatta. Kesesuaian tersebut terkait dengan pengakuan persediaan obat, pengukuran dalam penilaian persediaan obat dan metode pencatatan.


Keywords


Persediaan obat; rumah sakit; obat kadaluwarsa; metode fisik

References


Arniati. 2013. Analisis Perlakuan Akuntansi Persediaan Obat-Obatan Pada RSUD A. Wahab Sjahranie Samarinda, Skripsi. Universitas Mulawarman Samarinda.

Barchelino, Rivaldo. 2016. Analisis Penerapan PSAK No. 14 Terhadap Metode Pencatatan Dan Penilaian Persediaan Barang Dagangan Pada PT Surya Wenang Indah Manado, Jurnal Emba Vol. 4 No. 1. Hal. 837-846.

Baridwan, Zaki. 2013. Intermediate Accounting, Edisi Kedelapan. Cetakan Kelima. BPFE. Yogyakarta.

Bastian, Indra. 2010. Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar, Erlangga, Jakarta.

Halim, Abdul dan Muhammad Syam Kusufi. 2012. Akuntansi keuangan daerah, Salemba Empat, Jakarta.

Harahap, Sofyan Syafri. 2009. Teori Akuntansi, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Hery. 2013. Akuntansi Dasar 1 dan 2, Cetakan Kedua. Grasindo, Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2013. Standar Akuntansi Keuangan, Cetakan Kedua. Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia. Jakarta.

Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan, PT Raja Grafindo, Jakarta.

Kieso, Donald E, Jerry J. Weygandt, dan Terry D. Warfield. 2008. Akuntansi Intermediate, Edisi Keduabelas. Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Manajemen Rumah Sakit. 2012. Akuntansi Persediaan dan Aset Tetap Rumah Sakit. http://manajemenrumahsakit.net/2012/12/akuntansi-persediaan-dan-aset-tetap-rumah-sakit/, diakses tanggal 05 Desember 2012.

Martani, Dwi, Sylvia Veronica, Ratna Wardhani, Aria Farahmita, dan Edward Tanujaya. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK, Buku 1. Salemba Empat, Jakarta.

Nordiawan, Deddi. 2010. Akuntansi Sektor Publik, Salemba Empat, Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2010 Tentang Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual Pernyataan No. 05 Akuntansi Persediaan

Piter, Jendrik dan Alexander Pah. 2012. Pelaksanaan Sistem Dan Prosedur Akuntansi Persediaan Obat-Obatan Pada Rumah Sakit Hewan Universitas Airlangga Surabaya, Skripsi. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

Prihadi, Toto. 2010. Analisis Laporan Keuangan: Teori dan Aplikasi, Cetakan Pertama. PPM, Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit.

Rudianto. 2012. Pengantar Akuntansi Adaptasi IFRS, Erlangga, Jakarta.

Samryn, L.M. 2012. Akuntansi Manajemen Informasi Biaya untuk Mengendalikan Aktivitas Operasi dan Investasi, Cetakan Pertama. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Soemarso, S.R. 2009. Akuntansi Suatu Pengantar, Buku 1. Edisi Kelima. Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.

Utami, R.D.T, Trimurti, dan Kartika Hendra. 2017. Analisis Efektivitas Sistem Pengendalian Intern Persediaan Obat Di Rumah Sakit Umum Kasih Ibu Surakarta, Seminar Nasional IENACO-2017. Hal. 656-662.

Waluyo. 2012. Akuntansi Pajak, Salemba empat, Jakarta.

Wuwungan, Jacqueline Y.S. 2015. Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik Atas Persediaan Pada Apotik Uno Medika, Jurnal Emba Vol. 3 No. 4. Hal 498-507.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i2.4574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com