Pengaruh Konservatisme Akuntansi dan Corporate Governance terhadap Kualitas Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia)

Siti Maesaroh, Set Asmapane, Ferry Diyanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh konservatisme akuntansi dan corporate governance yang diproksikan dengan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen dan komite audit terhadap kualitas laba. Penelitian ini menggunakan sampel 28 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan menggunakan purposive sampling yang menerbitkan laporan keuangan dari tahun 2014-2016. Metode analisis dari penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Konservatisme akuntansi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kualitas laba (2) kepemilikan manajerial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laba (3) kepemilikan institusional berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kualitas laba (4) komisaris indepeden berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kualitas laba (5) komite audit berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kualitas laba.


Keywords


Konservatisme Akuntansi, Corporate Governance, Kualitas Laba

References


Boediono, Gideon S.B. 2005. Kualitas Laba: Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Dampak Manajemen Laba dengan Menggunakan Analisis Jalur. SNA VIII Solo, 15-16 September 2005. Solo.

Bruegger, Esther and Frederick C.Dunbar. 2009. Estimating Financial Fraud Damages with Respons Coefisients. The Journal of Corporation Law, Vol.35.

Febiani, Siska. 2012. Konservatisme Akuntansi, Corporate Governance, dan Kualitas Laba. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, Vol. 1 No. 2, Maret 2012.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Islahuzzaman. 2012. Istilah-Istilah Akuntansi dan Auditing. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Jensen, Michael C dan William H Meckling. 1976. Theory of The Firm: Manajerial Behavior, Agency Cost and Ownership Structure. Journal OF Financial Economics. Vol 3, h,305-360.

Rifani, Aulia. 2013. Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Hubungan Manajemen Laba dan Kualitas Laba. Jurnal. Universitas Negeri Padang. Padang.

Savitri, Enni. 2016. Konservatisme Akuntansi: Cara Pengukuran, Tinjauan Empiris, dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Pustaka Sahila. Yogyakarta.

Teets, W.R. and Wasley, C.E,. 1996. Estimating Earnings Respons Coeffisient: Polled Versus Firm Spesific Models. Journal of Accounting Ecconomics 21Juni. Hal 279-295.

Ujiyanto, Arif Muh. Dan B.A. Pramuka. 2007. Mekanisme Corporate Governance, Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan. Simposium Nasional Akuntansi X. IAI. Makasar.

Watts, RL. 2003. Conservatism in Accounting part 1: Explanation and Implication. www.ssm.com.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i2.4573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com