Pengaruh profitabilitas, dan kompensasi bonus, serta leverage terhadap income smoothing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia

Yoga Nirwanata, Yunus Tete Konde, Ledy Setiawati

Abstract


Yoga Nirwanata. Pengaruh Profitabilitas dan Kompensasi Bonus serta  Leverage Terhadap Income Smoothing Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Dibimbing oleh Yunus Tete Konde dan Ledy Setiawati.Keinginan manajemen untuk mendapatkan laba yang stabil dapat mendorong manajemen melakukan perilaku yang tidak semestinya dilakukan. Perataan laba (income smoothing) merupakan salah satu teknik perekayasaan laba. Manajemen akan memperkecil laba yang dilaporkan jika laba yang sebenarnya terlalu besar. Akibatnya, investor tidak memperoleh informasi yang akurat. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, kompensasi bonus, dan leverage terhadap income smoothing pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2016. Metode sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan beberapa kriteria yang telah ditentukan. Sampel penelitian terdiri dari 21 perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2016. Data penelitian yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi logistik.Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa profitabilitas, dan leverage tidak berpengaruh terhadap income smoothing. Sedangkan kompensasi bonus berpengaruh positif dan signifikan terhadap income smoothing.

 


Keywords


Income Smoothing; profitabilitas; kompensasi bonus; leverage

References


Abiprayu, Kris Brantas dan Pangestuti, Irene Rini Demi, 2011. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Financial Leverage, Kualitas Audit, dan Dividend Payout Ratio Terhadap Perataan Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2009). Universitas Diponegoro.

Aji, Dhamar Yudho dan Aria Farah Mita, 2010.“Pengaruh Profitabilitas, Risiko Keuangan, Nilai Perusahaan, dan Struktur Kepemilikan Terhadap Praktek Perataan Laba: Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI”. Symposium Nasional Akuntansi XIII, Purwokerto.

Anthony, Robert dan Vjay Govindarajan, 2005. Sistem Pengendalian Manajemen (Terjemahaan) Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Belkaoui, Ahmed Riahi, dkk, 2011. Accounting Theory. Edisi V. Buku II. 192. Jakarta: Salemba Empat.

Belkaoui, Ahmed Riahi , dkk, 2011. Accounting Theory. Edisi V. Buku II. 229. Jakarta: Salemba Empat.

Cendy, Yashita Pradyamitha, 2013. Pengaruh Cash Holding, Profitabilitas, dan Nilai Perusahaan Terhadap Income Smoothing. Semarang: Skripsi Universitas Diponegoro.

Desi Nur Aprina, & Khairunnisa. 2015. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Kompensasi Bonus Terhadap Manajemen Laba. Universitas Telkom. Bandung.

Dewi, Ratih Kartika dan Zulaikha, 2011. Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Praktek Perataan Laba(Income Smoothing) Pada Perusahaan Manufaktur dan Keuangan yang Terdaftar di BEI. Universitas Diponegoro. Semarang.

Djajanti, Atik & Fatmawati, 2012. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Financial Leverage Terhadap Praktik Perataan Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Institut Perbanas. Jakarta.

Elfira, Anisa, 2014. Pengaruh Kompensasi Bonus dan Leverage Terhadap Manajemen Laba. Universitas Negeri Padang.

Fahmi, Irham, 2012. Analisis Kinerja Keuangan: Panduan Bagi Akademisi, Manajer, dan Investor untuk Meniliai dan Menganalisis Bisnis dari Aspek Keuangan. Alfabeta. Bandung.

Gayatri, Ida Ayu dan Made Gede Wirakusuma, 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perataan Laba Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. Bali.

Ghozali, Imam, 2016. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7, Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gani dan Amalia, 2015. Alat Analisis Data (Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi & Sosial). Penerbit Andi, Yogyakarta.

Harahap, Sofyan Syafitri, 2013. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. 113. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Hutauruk, Frisca Winnei Melysa, 2013. Analisis Pengaruh Cash Holding Terhadap Praktik Income Smoothing Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2007-2011. Universitas Indonesia. Bekasi.

Julyati, Ervia Katrine, 2013. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage Operasi Terhadap Praktik Perataan Laba (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2010). Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.

Lubis, Arfan Ikhsan, 2009. Akuntansi Keperilakuan Edisi 2. Salemba Empat. Jakarta.

Mambraku, Milka Erika, 2014. Pengaruh Cash Holding dan Struktur Kepemilikan Terhadap Income Smoothing. Semarang: Skripsi Universitas Diponegoro.

Maranis, Cintri, 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan, Profitabilitas dan Financial Leverage Terhadap Praktik Perataan Laba. Universitas Negeri Muhammadiyah. Surakarta.

Muchammad, Aidil. 2001. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tindakan Perataan Laba/ Income Smoothing. Universitas Airlangga. Surabaya.

M. Hanafi, Dr. Mamduh, 2016. Manajemen Keuangan Edisi 1. BPFE Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Munawir, 2014. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Ke-empat. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Muslichah, 2015. Pengaruh Profitbilitas, Size, dan Financial Leverage Terhadap Income Smoothing. Dosen STIE Malangkucecwara. Malang.

Natalie, Nancy dan Ida Bagus Putra Astika, 2016. Pengaruh Cash Holding, Bonus Plan, Reputasi Auditor, Profitabilitas, dan Leverage Pada Income Smoothing. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Bali.

Noor, Y.M. (2004). ”Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Praktik Perataan Penghasilan Bersih pada Lembaga Keuangan yang terdaftar pada BEJ.” Skripsi S-1 Tidak Dipublikasikan, Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Airlanga Surabaya.

Dwiatmini, Sesilia dan Nurkholis. 2001. ”Analisis Reaksi Pasar Terhadap Informasi Laba: Kasus Praktik Perataan Laba pada Perusahaan yang Terdaftar di BEJ”. TEMA. Vol. II : No. 1, h. 35 – 48.

Prabayanti, Ni Luh Putu Arik dan Gerianta Wirawan Yasa, 2011. Perataan Laba (Income Smoothing) dan Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis Vol. 6 No. 1, Januari 2011.

Prasetyo, Wika Septian. (2011). Pengaruh Corporate Governance, bonus Plans, Debt Covenant dan Firm Size Terhadap Manajemen Laba. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Pujianingsih, Andiany Indra. 2011. “Pengaruh Struktur Kepemilikan, Ukuran Perusahaan, Praktik Corporate Governance dan Kompensasi Bonus Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007- 2009)”. Skripsi Universitas Diponegoro Semarang.

Pujiati, E.J dan Arfan, M. 2013. Struktur Kepemilikan dan Kompensasi Bonus Serta Pengaruhnya Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2010. Jurnal Telaah & Riset Akuntansi Vol. 6, No. 2 Juli 2013.

PSAK 01. Penyajian Laporan Keuangan. (www.google.com). (diakses 1 November 2016).

Santoso, Edi. 2009. Praktik Perataan Laba (Income Smoothing) dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di 19 Bursa Efek Indonesia Tahun 2004-2008. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Sartono, Agus, 2008. Manajemen Keuangan, Teori dan Aplikasinya, Edisi Kedua, BPFE UGM, Yogyakarta.

Scott, William R, 2009. Financial Accounting Theory. Second edition. Canada: Prentice Hall.

Simamora, Henry. 2006. Manajemen Sumberdaya Manusia. Yogyakarta:Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Sugiarto, S, 2003. Perataan Laba Dalam Mengantisipasi Laba Masa Depan Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Makalah dipresentasikan dalam Simposium Nasional Akuntansi VI.

Sri Sulistyanto, 2008. Manajemen Laba: Teori dan Model Empiris. Jakarta: Grasindo.

Suryandari, Ni Nyoman Ayu Suryandari, 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengruhi Income Smoothing. Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Sutrisno, 2012. Manajemen Keuangan (Teori, Konsep dan Aplikasi). Ekonisia Fakultas Ekonomi UII. Jakarta.

Suwardjono, 2008. Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Yogyakarta : BPFE.

Watts, R, L., and Zimmerman, J, L. 1986, Positive Accounting Theory. New York, Prentice Hall.

Yusuf dan Soraya, 2004. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Praktik Perataan Laba pada Perusahaan Asing dan Non Asing di Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia. Universitas Tri Sakti. Jakarta Barat.

Https://datakata.wordpress.com/2015/01/15/income-smoothing/

(diakses pada 19 maret 2017)

http://ahlibaca.com/pengertian-manajemen-laba-faktor-pendorongnya

(diakses pada 19 maret 2017)

http://kajianpustaka.com/2016/11/pengertian-dan-jenis-jenis-leverage.html (diakses pada 26 maret 2017)

http://academia.edu/6171783/Teori_Akuntansi_Positif?auto=download

(diakses pada 5 April 2017)

http://sahamok.com

http://idx.co.id

http://ticmi.co.id




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i2.4328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com