Pengaruh size, profitabilitas, dan leverage terhadap corporate social responsibility (csr) disclosure

Lidya Purnamasari, Siti Masyithoh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh ukuran, profitabilitas dan leverage Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variable Size diukur menggunakan total aset, sedangkan profitabilitas diukur menggunakan Return On Asset (ROA) dan leverage menggunakan Debt To Equity Ratio (DER). Pengukuran pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan didasarkan pada kategori Global Reporting Index (GRI) versi 3.0 yang terlihat dalam laporan tahunan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode Purposive sampling sebanyak 9 perusahaan dari 14 perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011 hingga 2015. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan Hipotesis diuji dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Penelitian menunjukkan bahwa ukuran dan profitabilitas memiliki pengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR).


Keywords


Pengungkapan corporate social reaponsibility (csr); ukuran (ukuran perusahaan); profitabilitas; pengaruha corporate social responsibility (csr) disclosure

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Fr. RR. 2006. “Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar pada Bursa Efek Jakarta)”. Simposium Nasional Akuntansi IX, Padang.

Almilia, Luciana Spica, Nurul Hasanah Uswati Dewi, Dkk. 2011. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial dan Dampaknya Terhadap Kinerja Keuangan dan Ukuran Perusahaa. Jurnal Fokus Ekonomi, Vol. 10, No. 1, Hal 50-68..

Belkaoui, A. dan P. G. Karpik. 1989. “Determinants of the Corporate Decision to Disclose Social Information”. Accounting, Auditing and Accountability Journal, Vol. 2, No. 1, pp. 36-51.

Daniel, Niko Ulfandri. 2013. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Likuiditas Terhadap Luas Pengungkapan Laporan Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Artikel Penelitian Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Evandini, Christa. 2014. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei. Skripsi Sarjana Jurusan Akuntansi pada Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Fahrizqi, Anggara. 2010. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Dalam Laporan Tahunan Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Dalam Bursa Efek Indonesia). Skripsi Sarjana Jurusan Akuntansi Pada Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Sripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen, Edisi kelima. Universitas Diponegoro Press. Semarang.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi, Edisi ketujuh. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Gray, R., R. Kouhy, dan S. Lavers. 1995. “Corporate Social and Environmental Reporting. A Review of the Literature and a Longitudinal Study of UK Disclosure”. Accounting, Auditing and Accountability Journal. Vol. 8, No. 2, pp. 47-77

Hasibuan, M. Rizal. 2001. Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Pengungkapan Sosial (Social Disclosure) dalam Laporan Tahunan Emiten di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya. Tesis S2 Program Magister Universitas Diponegoro.

Heckston, David and Markus J. Milne. 1996. Some Determinants of Social and Environmental Disclosure in New Zealand Companies. Accounting, Auditing and Accountability Journal, Vol. 9, No. 1, p. 77-108

Indira, J. dan D. Apriyanti. 2005. “Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Kinaerja Keuangan”. Jurnal Maksi. Vol. 5, No. 2, Hal. 227-243.

Indraswari, Gusti Ayu Dyah Ida Bagus Putra Astika. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Kepemilikan Saham Publik Terhadap Pengungkapan Csr . Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Janra, Diyong Murdi. 2015. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Informasi Pertanggungjawaban Sosial Perusahaan, Studi Empiris Pada Perusaahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2010-2013. Artikel Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Jensen,M.C. dan W.H. Meckling. 1976. “Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure”. Journal of Financial Economics. Vol 3, No 4, Pp. 305-360.

Khadifa, Ramanitya. 2014. Pengaruh Kinerja Lingkungan, Size, Profitabilitas, Ukuran Dewan Komisaris, Profile, Leverage, Dan Konsentrasi Kepemilikan Perusahaan Terhadap Csr Disclosure Di Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2010-2012. Skripsi Sarjana Jurusan Akuntansi Pada Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Lako, Andreas. 2011. Dekonstruksi CSR dan Reformasi Paradigma Bisnis & Akuntansi, Erlangga, Jakarta.

Majidah Dan Sandro Agustin Sihite. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Perusahaan, Studi Kasus Pada Emiten Subsektor Makanan Dan Minuman Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012. Jurnal Akuntansi Universitas Telkom.

Nasir, Azwir, Pipin Kurnia dan Teguh Dheki Hakri. 2013. “Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage, Profitabilitas, Ukuran, danUmur Perusahaan terhadap Pengungkapan Informasi Pertanggungjawaban Sosial Perusahaan pada Perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di BEI”. Jurnal Ekonomi. Vol 21, No 4, Desember.

Nurkhin, Ahmad. 2009. Corporate Governance Dan Profitabilitas; Pengaruhnya Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia). Tesis Program Pascasarjana Program Studi Magister Akuntansi Universitas Diponegoro.

Permana, Virgiawan Aditya. 2012 Pengaruh Kinerja Lingkungan Dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure, Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei. Skripsi Sarjana Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Purnasiwi, Jayanti. 2011. “Analisis Pengaruh Size, Profitabilitas dan Leverage terhadap Pengungkapan CSR pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.” Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Putra, Eka Nanda. 2011. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Skripsi Sarjana Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Sari, Rizkia Anggita. 2012. : “Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Nominal. Vol 1, No 1, Hal 124-140.

Septiani, Mita. 2013. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Dan Implikasinya Terhadap Earning Per Share, Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Sarjana Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Setyawati, Rizka Elis. 2013. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bei Periode Tahun 2009 – 2011. Skripsi Sarjana Jurusan Akuntans Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur.

Sembiring, Eddy Rismanda. 2003. "Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial, Studi Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta". Tesis Magister Sains Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang.

Solihin, Ismail. 2009. Corporate Social Responsibility from Charity to Sustainability. Salemba Empat. Jakarta.

Sunyoto, Danang. 2011. Praktek SPSS untuk Kasus. Nuha Medika. Yogyakarta.

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Ekonisia. Yogyakarta.

Triwanto, Edwin. 2015. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman Samarinda.

Utami, Indah Dewi Dan Rahmawati. 2010. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Asing, Dan Umur Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, Vol. 21, No. 3, Desember, Hal. 297-306.

Wardani, Nurul Kusuma. 2013. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011. Skripsi Sarjana Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Yulfaida, Dewi. 2012. Pengaruh Size, Profitabilitas, Profile, Leverage Dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi Sarjana pada Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

www. Idx.co.id. diakses pada tanggal 29 Maret 2016.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v1i1.431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com