Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Kesejahteraan Hidup Masyarakat di Kelurahan Handil Baru Kabupaten Kutai Kartanegara

Nor Hana, HAMID BONE, Salmah Pattisahusiwa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh CSR terhadap kesejahteraan hidup masyarakat handil baru  kabupaten kutai kartanegara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Variabel independen dalam penelitian ini adalah variabel CSR yang meliputi Corporate Social Responsibility Goal, Corporate Social Issue, dan Corporate Relation Program. Variabel dependennya adalah kesejahteraan hidup masyarakat. Data yang digunakan adalah data primer, yaitu kuesioner yang disebar pada 100 responden dengan menggunakan pengukuran skala Likert. Metode pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling. Alat yang digunakan adalah analisis regresi linear. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Corporate Social Responsibility Goal dan Corporate Relation Program mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kesejahteraan hidup masyarakat di Kelurahan Handil Baru Kabupaten Kutai Kartanegara dengan nilai masing-masing uji t sebesar 4,218 dan 3,139 lebih besar dari t tabel yaitu 1,989. Untuk variabel Corporate Social Issue tidak berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan hidup masyarakat di Kelurahan Handil Baru Kabupaten Kutai Kartanegara dilihat dari hasil uji t lebih kecil dari nilai t tabel yaitu sebesar -353.

 


Keywords


Corporate Social Responsibility Goal; Corporate Social Issue; Corporate Relation Program; kesejahteraan hidup masyarakat

References


Alfa, Akbar dan Syafrizal Thaher. 2017. Peran serta Program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Pembangunan Infrastruktur Perkebunan Kelapa Rakyat di Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal BAPPEDA, Volume 3, Nomor 1, Tahun 2017. Universitas Islam Indragiri.

Anwar, Ayu Ardhillah. 2013. Analisis Perspektif Stakeholder terhadap Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Kasus pada PT Samsung Electronics Indonesia). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Azheri, Busyra. 2012. Corporate Social Responsibility: Dari Voluntary Menjadi Mandatory. Jakarta: Rajawali Pers.

Budimanta, Arif. Adi Prasetijo dan Bambang Rudito. 2008. Corporate Social Responsibility Alternatif bagi Pembangunan Indonesia, Cetakan Kedua. Jakarta:ICSD.

Farida. 2014. Analisis Pengaruh Implementasi CSR terhadap Kesejahteraan Sosial di BMT Harapan Umat Kudus. Jurnal, Volume 7, Nomor 2, Tahun 2014. Lembaga Studi Nusantara Demak.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Multivariate dengan program SPSS Cetakan IV. Semarang; Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hukom, A. 2016. BAB II Tinjauan Pustaka, Kesejahteraan Masyarakat dalam Paradigma Pembangunan Ekonomi. Dari http:// erepo.unud.ac.id. Diakses pada tanggal 11 April 2018.

Mapisangka, Andi. 2009. Implementasi CSR terhadap Kesejahteraan Hidup Masyarakat. Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan, Volume 1, Nomor 1, Tahun 2009.

Setyaningrum, Dyah Ayu. 2011. Pengaruh Implementasi Corporate Social Responsibility Terhadap Kesejahteraan Hidup Masyarakat pada PT. APAC INTI CORPORA, Bawen. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suharto, Edi. 2008. Corporate Social Responsibility : What is and Benefits for Corporate.Darihttp://www.policy.hu/suharto. Diakses pada tanggal 15 februari 2018.

Untung, Hendrik Budi. 2009. Corporate Social Responsibility. Jakarta; Sinar Grafika

Wibisono, Yusuf. 2007. Membedah Konsep dan Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility). Gresik: Fascho Publishing.

Yudaruddin. Rizky. 2014. Statistik Ekonomi; Aplikasi Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Interpena : Yogyakarta

http://www.chevron.com

http://www.eni.com

http://www.vico.co.id




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i2.4206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com