Pengaruh quick ratio, debt to equity ratio, total assets turn over dan return on equity terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di bursa efek indonesia

Fitrika Dwi Nur Zannah, Anis Rachma Utary, Set Asmapane

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Quick Ratio, Debt to Equity Ratio, Total Asset Turn Over dan Return On Equity Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data pada penelitian ini menggunakan data sekunder yang dilihat dari Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan industri barang konsumsi terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2014-2016 yang berjumlah 37 perusahaan. Pemilihan sampel melalui metode purposive sampling. Terdapat 32 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian sehingga data penelitian berjumlah 96. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji kelayakan model, uji regresi linear linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan Quick Ratio berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Pertumbuhan Laba, Debt to Equity Ratio berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Pertumbuhan Laba, Total Asset Turn Over berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Kinerja Keuangan Perbankan dan Return On Equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Laba. 


Keywords


Quick Ratio; Debt to Equity Ratio; Total Asset Turn Over; Return On Equity; Pertumbuhan Laba.

References


Anggraeni, Zerlinda Gitta. 2017. Pengaruh currennt ratio, debt to equity ratio, total asset turn over dan ukuran perusahaan terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di BEI. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya. Surabaya

Arkan, Thomas. 2016. The important of financial ratios in predicting stock price trends: a case study in Emergin Market, Finanse Rynki Finansowe Ubezpieczenia 1 (79): 13–26

Berk, Jonathan, Peter Demarzo dan Jarrad Harford. 2012. Fundamentals of corporate finance, 2nd Edition. Prentice Hall: Pearson. England.

Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston. 2009. Essentials Of Financial Management, 12th Edition. South-Western Cengage Learning. USA. __________________________________. 2011. Essentials Of Financial Management, 11th Edition. Yulianto, Ali Akbar. (terjemahan). Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Edisi 11. Salemba Empat. Jakarta.

Cahyaningrum, Ndaru Hesti. 2012. Analisis manfaat rasio keuangan dalam memprediksi pertumbuhan laba. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Laporan Keuangan, cetakan kedua. Alfabeta. Bandung.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Gitman, Lawrence J dan Chad J. Zutter. 2012. Principles Of Managerial Finance, 13th Edition. Prentice Hall: Pearson. England.

Harahap, Sofyan Syafri. 2015. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan, Cetakan kedua belas. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2009. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 1 Penyajian Laporan Keuangan (Revisi 2009). Salemba Empat. Jakarta.

Julianti, Elly. 2014. Pengaruh current rasio (CR), debt to equity ratio (DER), total assets turnover (TATO), net profit margin (NPM) dan return on equity (ROE) terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan property & real estate. Skripsi. Unversitas Maritim Raja Ali Haji. Tanjung Pinang.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Mahaputra, I Nyoman Kusuma Adnyana. 2012. Pengaruh rasio-rasio keuangan terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI, Jurnal Akuntansi & Bisnis 7 (2) Juli: 243-256.

Meriewaty, Dian dan Astuti Yuli Setyani. 2005. Analisis Rasio Keuangan terhadap Perubahan Kinerja pada Perusahaan Industri Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi VIII. Solo.

Munawir, S. 2010. Analisa Laporan Keuangan, cetakan kelima belas. Liberty. Yogyakarta.

Mursidah dan Ainatul Ummah. 2014. Analisis pengaruh Return On Assets, Return On Equity, Net Profit Margin, Debt to Equity Ratio Dan Current Assets terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan otomotif di bursa efek Indonesia, Journal of Economic Management & Bussiness 15 (4).

Novatiani, R. Ait dan Rosyani Muthya. 2014. Pengaruh rasio keuangan terhadap pertumbuhan laba di masa yang akan datang, Seminar Nasional Forum Manajemen Indonesia (FMI 6).

Rizki, Novita. 2015. Pengaruh rasio likuiditas dan rasio leverage agribisnis dan perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2013. Skripsi. Sekolah Tinggi Ekonomi Ekuitas. Bandung.

Sudana, I Made. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Prakti, Edisi 2. Erlangga. Jakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Suwardjono. 2013. Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan, Edisi ketiga. BPFE-Yogyakarta. Yogyakarta.

Wibisono, Septian Adi. 2016. Pengaruh kinerja keuangan terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan otomotif di BEI, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 5 (12) Desember: 23.

Wijaya, Tony. 2014. Analisis Multivariat, Cetakan kelima. Penerbit Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Yogyakarta.

Lain-lain:

Bursa Efek Indonesia. Laporan Keuangan. www.idx.co.id diakses pada tanggal 16 Oktober 2017




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i1.4204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com