Pengaruh profitabilitas, likuiditas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap voluntary disclosure

Laksmita Devvi Indah Pramesti, Ibnu Abni Lahaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan pada Voluntary Disclosur, dengan menggunakan pendekatan model regresi berganda. Dalam penelitian ini, populasinya adalah perusahaan manufaktur yang diperdagangkan secara publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012 hingga 2014. Sampel prosedur pemilihan menggunakan purposive sampling dan hasilnya ada 121 perusahaan untuk total 363 pengamatan yang memenuhi kriteria. Ada 22 item pengungkapan untuk mendeteksi tingkat pengungkapan sukarela. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel independen profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap pengungkapan sukarela, sedangkan likuiditas dan leverage tidak berpengaruh signifikan dan negatif terhadap pengungkapan sukarela.


Keywords


Pengungkapan sukarela; keuntungan; likuiditas; pengaruh; ukuran perusahaan

Full Text:

PDF

References


Almilia, Luciana Spica dan Ikka Retrinasari. 2007. Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Kelengkapan Pengungkapan dalam Laporan Tahunan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEJ. Seminar Nasional ”Inovasi Dalam Menghadapi Perubahan Lingkungan Bisnis” FE Universitas Trisakti. Jakarta.

Anuwar, Yudy. 2015. Pengaruh Kinerja Keuangan, Proporsi Kepemilikan Publik, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Perusahaan Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di BEI Tahun 2009-2013. Skripsi. Universitas Pasundan. Bandung.

Bapepam. 2012. Pedoman Penyajian dan Pengungkapan Laporan Keuangan Emiten atau Perusahaan Publik. Badan Pengawas Pasar Modal nomor: KEP-347/BL/2012..

Brigham, Eugene F. Dan Joel F. Houston. 2012. Essential Of Financial Management. Yulianto, Ali Akbar. (terjemahan). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Edisi 11 . Salemba Empat , Jakarta.

Daniel, Niko.2013. Pengaruh Ukuran perusahaan, Leverage, Likuiditas Terhadap Luas pengungkapan Sukarela Dalam Laporan Tahunan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Padang, Padang.

Francis, J., D. J. Nanda, & P. Olsson. (2008). Voluntary Disclosure, Earnings Quality, and Cost Of Capital. Journal of Accounting Research. Vol. 46 (1).

Ghosh, Santanu Kumar dan Sunil Nandi. 2012. Corporate governance attributes, firm characteristics and the level of corporate disclosure: Evidence from the Indian listed firms. Decision Science Letters. Vol. 2 (2).

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ginting, Monalisa Br. 2010. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Riau. Medan.

Hardiningsih. Pancawati. 2008. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Voluntary Disclosure Laporan Tahunan Perusahaan. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Vol. 15 (1).

Hendrianto. 2012. Tingkat Kesulitan Keuangan Perusahaan dan Konservatisme Akuntansi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi. Vol. 1 (3).

Ikbal, Muhammad. 2012. Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi Dan Bisnis. Interpena.

Indrayani, Vera. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas Terhadap Kelengkapan Pegungkapan Sukarela Dalam Laporan Tahunan Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonessia. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Jensen, Michael C dan William H. Meckling. 1976. Theory Of The Firm: Management Behavior, Agency Cost and Ownership Structure. Journal Of Financial Economic. Vol. 3 (4).

Makhiyah, Umi. 2009. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Luas Pegungkapan Sukarela Laporan Tahunan Pada Perusahaan Non Keuangan Yang Terdaftar Di BEI. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Mujiyono dan Magdalena Nany. 2010. Pengaruh Leverage, Saham Publik, Size dan Komite Audit terhadap Luas Pengungkapan Sukarela. Jurnal Dinamika Akuntansi. Vol. 2 (2).

Murni, Siti Asiah. 2005. Pengaruh Luas Ungkapan Sukarela dan Asimetri Informasi Terhadap Cost Of Equity Capital Pada Perusahaan Publik di Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Vol. 7 (2).

Priguno, Adi dan P. Basuki Hadiprajidno. 2013. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengungkapan Sukarela Pada Laporan Tahunan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Diponegoro Journal Of Accounting. Vol. 2 (4).

Primastuti, Sinung dan Tarmizi Achmad. 2012. Pengaruh Corporate Governance dan Karakteristik Perusahaan terhadap Luas Pengungkapan Informasi Strategis. Diponegoro Journal of Accounting. Vol. 1 (2).

Sudarmadji, Ardi Murdoko dan Lana Sularto. 2007. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Tipe Kepemilikan Saham Perusahaan terhadap Luas Voluntary Disclosure laporan Tahunan. Proceeding PESAT. Vol. 2 (2).

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan Teori, Konsep & Aplikasi. EKONISIA, Kampus Fakultas Ekonomi UII. Yogyakarta.

Tristanti, Leony Lovancy. 2012. Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Kelengkapan Pengungkapan Sukarela (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2010). Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v1i1.400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com