Analisis Kinerja Keuangan pada pt Mustika Ratu tbk

Dwi Ridhafitri Kadiningtyas, Rusdiah Iskandar, Agus Iwan Kesuma

Abstract


PT Mustika Ratu Tbk adalah perusahaan kosmetik dan jamu modern tradisional yang memiliki reputasi dan keahlian yang sangat baik dalam pengembangan produksi barang-barang kosmetik, obat tradisional serta minuman sehat, dan perawatan kecantikan. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah Kinerja Keuangan PT Mustika Ratu Tbk periode tahun 2014 sampai dengan tahun 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kinerja keuangan pada PT Mustika Ratu Tbk periode tahun 2014 sampai dengan tahun 2016 ditinjau dari segi likuiditas, solvabilitas, aktivitas, dan profitabilitas. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan ilmu menganalisis kinerja keuangan. Kinerja Keuangan dapat diukur dengan menggunakan alat analisis rasio keuangan, yaitu rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio aktivitas, dan rasio profitabilitas. Rasio likuiditas menggunakan alat ukur rasio lancar, rasio cepat, dan rasio kas. Rasio solvabilitas menggunakan alat ukur rasio utang terhadap aset dan rasio utang terhadap ekuitas. Rasio aktivitas menggunakan alat ukur rasio perputaran persediaan dan perputaran total aset. Rasio profitabilitas menggunakan alat ukur hasil pengembalian atas aset, hasil pengembalian atas ekuitas, dan margin laba bersih. Rasio keuangan dapat menunjukkan baik atau buruknya kinerja keuangan suatu perusahaan. Berdasarkan hasil perhitungan Kinerja Keuangan PT Mustika Ratu Tbk pada tahun periode 2014-2016 menunjukan bahwa: (1) Rasio Likuiditas berdasarkan rasio lancar dan rasio cepat dalam keadaan baik, sedangkan berdasarkan rasio kas dalam keadaan kurang baik. (2) Rasio Solvabilitas berdasarkan rasio utang terhadap aset dan rasio utang terhadap ekuitas dalam keadaan baik. (3) Rasio Aktivitas berdasarkan rasio perputaran persediaan dan rasio perputaran total aset dalam keadaan kurang baik, (4) Rasio Profitabilitas berdasarkan hasil pengembalian atas aset, hasil pengembalian atas ekuitas, dan margin laba dalam keadaan kurang baik.


Keywords


Analisis kinerja keuangan; rasio likuiditas; rasio solvabilitas; rasio aktivitas; rasio profitabilitas

References


Ahmad, Kamarudin. 2007. Akuntansi Manajemen: dasar-dasar konsep biaya dan pengambilan keputusan, Edisi Revisi, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Anisa. 2014. Analisis Kinerja Keuangan Ditinjau Dari Rasio Profitablitias dan Aktivitas Pada PT Kimia Farma Tbk Trading dan Distribution Cabang Samarinda, Skripsi, Universitas Mulawarman, Samarinda.

Bursa Efek Indonesia. Laporan Keuangan PT Mustika Ratu Tbk. www.idx.co.id, diakses tanggal 20 januari 2017

Fahmi, Irham. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan ke-4. Alfabeta, Bandung.

Fita, Nilasari. 2008. Analisis Rasio Keuangan Sebagai Alat Penilaian Untuk Kinerja Keuanga Pada PT Uniliver Indonesia Tbk, Skripsi, Universitas Islam Negeri Malang.

Harahap, Sofyan Syafri. 2006. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Hery. 2015. Analisis Laporan Keuangan Pendekatan Rasio Keuangan, Cetakan Pertama, CAPS, Jakarta.

Irawati, Susan. 2005. Manajemen Keuangan, Pustaka, Bandung.

Jumingan. 2006. Analisis Laporan Keuangan, Cetakan Pertama, PT Bumi Aksara, Jakarta.

Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Satu, Cetakan Ke Tujuh, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Samryn, L. M. 2011. Pengantar Akuntansi: Mudah membuat jurnal dengan pendekatan siklus transaksi. Edisi 1. Penerbit Rajawali Pers, Jakarta.

Munawir, S. 2014. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Ke Empat, Cetakan Ke Tujuh Belas, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Ratnasari, Cici. 2012. Pengukuran Kinerja Keuangan Berdasarkan Analisis Rasio Keuangan dan Economic Value Added (EVA) Pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk dan Anak Perusahaan Yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2011, Skripsi, Universitas Brawijaya, Malang.

Soemarso, S. R. 2002 Pengantar Akuntansi. Edisi Kelima. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Subramanyam, K. R. & Wild, John, J. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Buku 2 Edisi Sepuluh. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Wibowo. 2010. Manajemen Kinerja, Edisi Ketiga, Rajawali Pers, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i1.3859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com