Analisis kinerja keuangan pemerintah daerah kabupaten dan kota di kalimantan timur

Nurul Sukma Handayani, Dwi Risma Deviyanti, Muhammad Abadan Syakura

Abstract


Kinerja pemerintah daerah dalam mengelola keuangan tercermin dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang menggambarkan kemampuan Pemerintah Daerah dalam membiayai kegiatan pelaksanaan tugas pembangunan, serta pemerataan dan keadilan dengan mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki oleh masing-masing daerah. Perumusan masalah penelitian ini adalah : Bagaimana Kinerja Keuangan di Kabupaten dan Kota Kalimantan Timur tahun anggaran 2015 dan 2016, bila diukur dengan Rasio Kemandirian, Rasio Efektivitas, Rasio Efisiensi, dan Rasio Keserasian. Penelitian ini bersifat Deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan : (1) Tingkat kemandirian keuangan 7 Kabupaten dan 3 Kota pada tahun 2015 dan 2016 memiliki rata-rata rendah sekali, (2) Tingkat Efektivitas 7 Kabupaten dan 3 Kota pada tahun 2015 dan 2016 menunjukkan rata-rata sangat efektif, (3) Tingkat Efisiensi 7 Kabupaten dan 3 Kota pada tahun 2015 dan 2016 memiliki rata-rata tidak efisien, (4) Rata-rata tingkat keserasian belanja daerah untuk 7 kabupaten dan 3 Kota adalah Belanja Rutin lebih prioritas dari pada Belanja Pembangunan.

Keywords


Kinerja keuangan; rasio kemandirian; rasio efektivitas; rasio efisiensi; rasio keserasian

Full Text:

PDF

References


Accounting Principle Board (APB). 1970. Statement No. 4. Basic Conceptsand Accounting Principles Underlyng Financial Statement of Business Entrprise. Amerika Serikat.

American Accounting Association. 1966. A Statement of Basic Accounting Theory. Evanston III. United States America.

Arikunto, S. 2012. Metodelogi penelitian. Bina Aksara. Yogyakarta.

Bastian, Indri. 2010. Akuntansi Sektor Publik Suatu Pengantar. Erlangga. Jakarta.

Halim, Abdul. 2007. Akuntansi Sektor Publik : Akuntansi Keuangan Daerah. Salemba Empat. Jakarta.

Halim, Abdul, 2011. Akuntansi Keuangan Daerah. Salemba Empat. Jakarta.

Halim, Abdul, 2012. Akuntansi Keuangan Daerah. Salemba Empat. Jakarta.

Halim, Abdul, 2013. Akuntansi Sektor Publik : Akuntansi Keuangan Daerah. Edisi ke 5. Salemba Empat. Jakarta.

Kepmendagri Nomor 29 Tahun 2002 Tentang “Pedoman pengurusan, pertanggungjawaban dan pengawasan keuangan daerah serta tata cara penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, pelaksanaan tata usaha keuangan daerah dan penyusunan perhitungan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah”.

Mahmudi. 2011. Analisis Laporan Keuangan Pemerintah Daerah : Panduan Bagi Eksekutif, DPRD dan Masyarakat dalam Pengambilan Keputusan Ekonomi, Sosial dan Politik. Edisi Kedua. STIM YKPN. Yogyakarta.

Mardiasmo. 2014. Akuntansi Sektor Publik. Cetakan 3. ANDI. Yogyakarta.

Nugroho, Akram Arif. 2012. Analisis Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Boyolali APBD Tahun 20018-2010. Skripsi : Muhammadiyah Surakarta.

Permendagri Nomor 13 Tahun 2006 Tentang “Sistem Akuntansi Pemerintahan Daerah”.

Permendagri Nomor 32 Tahun 2008 Tentang “Pedoman Penyusunan Pendapatan dan Belanja Daerah”.

Puspitasari, Ayu Febriyanti. 2012. Analisis Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Kota Malang Tahun Anggaran 2007-2011. Skripsi : Universitas Brawijaya Malang.

Santoso, Oldison, Jantje J Tinangon, dan Inggriani Elim. 2014. Analisis Kinerja Keuangan Pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan, Keuangan dan Aset (DPPKA) Kabupaten Kepulauan Sangine. Jurnal Emba : Universitas Sam Ratulangi Manado.

Septiani, Nanda. 2016. Analisis Kinerja Keuangan Pada Laporan Realisasi Anggaran di Pemerintah Provinsi Se Kalimantan. Skripsi : Universitas Mulawarman Samarinda.

Sumarjo, Hendro. 2012. Pengaruh Karakteristik Pemerintah Daerah Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah. Skripsi : Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Syamsi, Ibnu. 2013. Pokok-pokok Organisasi dan Manajemen. Cetakan ke 4. Rineka Cipta. Jakarta.

Widodo, Joko. 2014. Good Governance. Telaah Dari Dimensi Akuntabilitas, Kontrol Birokrasi Pada Era Desentralisasi Dan Otonomi Daerah. Insan Cendekia. Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i1.3724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com