Pengaruh kompetensi, independensi dan etika terhadap kualitas auditor pada badan pengawasan keuangan dan pembangunan provinsi kalimantan timur

Fitri Mindarsih, Raden Priyo Utomo, Ferry Diyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi dan independensi serta etika terhadap kualitas auditor. Responden dalam penelitian ini adalah pegawai Badan Pengawasan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan timur yang mempunyai jabatan sebagai Auditor. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling Data yang adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Kuesioner yang disebarkan sebanyak 97 kuesioner tetapi hanya 39 lembar kuesioner yang kembali. Analisis yang digunakan dalam pengujian hipotesis dilakukan dengan partial Least Square (PLS) (Aplikasi SmartPLS 3.0). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa independensi dan etika berpengaruh signifikan terhadap kualitas auditor sedangkan kompetensi tidak signifikan terhadap kualitas auditor.

Keywords


Kompetensi; independensi; etika; kualitas auditor

References


AAA Financial Accounting Standard Committee, 2000. Commentary: SEC Auditor Independence Requirements, Accounting Horizons, Vol.15, No.4 December 2001, pp. 373-386.

Alim, Hapsari Dan Purwanti. 2007. Pengaruh Kompetensi dan Independensi Terhadap Kualitas Auditor Dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Moderasi. Simposium Nasional Akuntansi X.

Apriyas, Trimaya. 2014. Pengaruh Kompetensi, Independensidan Time Budget Pressure Bagi Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta.Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Arens, Alvin dan James, Loebbecke. 2008. Auditing Pendekatan Terpadu, Terjemahan oleh Amir Abadi Yusuf, Buku Dua, Edisi Indonesia. Salemba Empat: Jakarta.

Ashari, Ruslan. 2011. Pengaruh Keahlian, Independensi, dan Etika Terhadap Kualitas Auditor Pada Inspektorat Provinsi Maluku Utara. Skripsi. Universitas Hasanudin : Makasar.

Ayuningtyas, Harvita. 2012. Pengaruh Pengalaman Kerja , Independensi, Dan Etika Terhadap Kualitas Hasil Audit. Jurnal. Universitas Diponegoro: Semarang

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, 2007. Peraturan BPK-RI No. 1 tentang Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN).

Basuki dan Krisna, Y. Mahardani. 2006. Pengaruh Tekanan Anggaran Waktu Terhadap Perilaku Disfungsional Auditor dan Kualitas Audit pada Kantor Akuntan Publik di Surabaya. Jurnal Manajemen Akuntansi dan Sistem Informasi MAKSI UNDIP (Agustus): vol. 6

Christiawan, Yulius Jogi. 2002. Kompetensi Dan Independensi Akuntan Publik: Refleksi Hasil Penelitian Empiris. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol. 4 No. 2 (November).

De Angelo, L.E. 1981. Auditor Independence, Low Balling, and Disclosure Regulation. Journal of Accounting and Economics 3.

Deis, L. Donald dan Gary A. Giroux. 1992. Determinants of Audit Quality in the Public Sector. The Accounting Review Vol. 67 No. 3 (July). Pp. 462-479.

Dewi, Ajeng Citra. 2016. Pengaruh Pengalaman Kerja, Kompetensi Dan Independensi Terhadap Kualitas Audit Dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Auditor Internal Inspektorat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta). Skrispsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Effendy, Muh. Taufiq. 2010. Pengaruh Kompetensi, Independensi, Dan Motivasi Terhadap Kualitas Audit Aparat Inspektorat Dalam Pengawasan Keuangan Daerah.Tesis Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Elfarini, Eunike Christina. 2007. Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor terhadap Kualitas Audit. Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. BadanPenerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Harahap, Lukman. 2015. Pengaruh Kompetensi, Independensi, Objektivitas dan Sensitivitas Etika Profesi terhadap Kualitas Hasil Audit (Studi Kasus pada Auditor BPKP Daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Harhinto, Teguh. 2004. Pengaruh Keahlian dan Independensi Terhadap Kualitas Audit Studi Empiris Pada KAP di Jawa Timur.Semarang. Tesis. MAKSI :Universitas Diponegoro.

Hernadianto. 2002. Pengaruh Pengalaman Auditor Terhadap Pengetahuan dan Penggunaan Intuisi Mengenai Kekeliruan (Pada KAP di Jateng dan DIY). Semarang. Tesis: Universitas Diponegoro (Tidak dipublikasikan)

Jogiyanto, Willy Abdillah. 2009. Konsep & Aplikasi Pls (Partial Least Square). Penerbit BPFE. Yogyakarta

Kasidi. 2007. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Independensi Auditor. Tesis. Semarang: Program Pascasarjana Magister Sains Akuntansi, Universitas Diponegoro.

Kisnawati, Baiq. 2012. Pengaruh Kompetisi, Independensi, dan Etika terhadap Kualitas Auditor (Studi Empiris pada Auditor Pemerintah di Inspektorat Kabupatendan Kota Se-Pulau Lombok). Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan.Vol. 8 No. 3 November 2012 Hal 159-169.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis Dan Ekonomi. Edisi Ketiga, Penerbit Erlangga. Jakarta

Kusharyanti. 2003. Temuan penelitian mengenai kualitas audit dan kemungkinan topik penelitian di masa datang. Jurnal Akuntansi dan Manajemen (Desember).

Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi. Diterjemahkan oleh Vivin Andika Yuwono. Edisi Pertama, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Maryani, T dan Unti Ludigdo. 2001. Survei Atas Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sikap Dan Prilaku Etis Akuntan. Tema, 2(1), 49-62

Mayangsari, Sekar. 2003. Analisis Pengaruh Independensi, Kualitas Audit, Serta Mekanisme Corporate Governance Terhadap Integritas Laporan Keuangan. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia Vol.6 No.1 (Januari).

Mulyadi. 2002. Auditing. Edisi Keenam. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Munawir, S. 2007. Analisa Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Liberty. Yogyakarta

Queena, Percilia Prima. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Audit Aparat Inspektorat Kota/Kabupaten Di Jawa Tengah. Di ponegoro Journal Of Accounting. Vol. 01 No.02

Riharna, Ayu Dewi. 2013. Pengaruh Keahlian, Independensi dan Etika Terhadap Audit (Studi Empiris pada Auditor Pemerintah Perwakilan Provinsi Sul-sel). Skripsi. Universitas Hasanuddin Makassar.

Sari, Nungki Nurmalita. 2011. Pengaruh Pengalaman Kerja, Independensi, Objektivitas, Integritas, Kompetensi Dan Etika Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro.

Soegiastuti,Janti. 2005. Persepsi Masyarakat Terhadap Independensi Auditor Dalam Penampilan (Studi Empiris Pada Analis Kredit BKK Jawa Tengah). Tesis Program Pasca Sarjana Magister Sains Akuntansi UNDIP

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supranto. 2000. Statistik (Teori dan Aplikasi). Edisi Keenam. Jakarta:Erlangga

Sukriah, Akram dan Inapaty. 2009. Pengaruh Pengalaman Kerja, Independensi, Obyektivitas, Integritas Dan Kompetensi Terhadap Kualitas Hasil Pemeriksaan Proceding Simposium Nasional Akuntansi XII. Jurnal. Palembang

Wardina, Safirah. 2015. Analisis Pengaruh Independensi, Etika dan Pengalaman Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan Di Makasar). Skripsi. Universitas Hasanudin Makasar

Widagdo, R,S. Lesmana, dan Irwandi, S. A. 2002. Analisis Pengaruh Atribut-Atribut Kualitas Audit Terhadap Kepuasan Klien. Tesis. Program Pasca Sarjana Magister Akuntansi. Universitas Diponegoro. Semarang

Widhi, Kartika Frianty. 2006. Pengaruh Faktor-Faktor keahlian dan Independensi Auditor Terhadap Kualitas Audit.Universitas Diponegoro Semarang.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i1.3539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com