Analisis pencatatan dan penilaian persediaan

Raisha Mega Pratiwi, Iskandar Iskandar, Yoremia Lestari br. Ginting

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pencatatan dan penilaian persediaan di PT. Indomarco Adi Prima Cabang Samarinda sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan dari Entitas Akuntan Publik (SAK ETAP) Bab 11 tentang persediaan. Alat analisis yang digunakan adalah metode deskriptif komparatif yaitu metode analisis dengan membandingkan SAK ETAP Bab 11 tentang persediaan yang meliputi pencatatan persediaan dan penilaian yang dilakukan oleh PT Indomarco Adi Prima. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa penilaian harga persediaan yang dilakukan oleh PT Indomarco Adi Prima tidak sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) Bab 11 tentang persediaan. Ketidakcocokan dapat dilihat pada masing-masing jenis persediaan sampel dalam penelitian ini yang mengalami selisih, selisihnya berfluktuasi sebagai berikut: Paket Bimoli 2 ltr (SIB 2 Ltr) Rp12.792.000, Indomie Goreng Kemasan 85 Gram mengalami selisih Rp14.671.600 dan Sour Milk Cap Chocolate Flavour 375 ml Paket mengalami selisih Rp3.848.300. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pencatatan persediaan oleh PT Indomarco Adi Prima telah sesuai dengan ETAP BAB 11 Standar Akuntansi Keuangan (SAK) persediaan, meskipun masih ada kesalahan dalam memasukkan jumlah barang sedangkan penilaian persediaan tidak sepenuhnya cocok karena ada yang tidak konsisten dalam menggunakan metode penilaian persediaan sehingga masih ada perbedaan dalam persediaan akhir menurut PT Indomarco Adi Prima menurut perhitungan berdasarkan SAK ETAP Bab 11 tentang persediaan.


Keywords


Persediaan; abadi; fifo

References


Baridwan, Zaki 2008. Intermediate Acconting Edisi 8. Yogyakarta.

Hamizar dan Nuh, Muhamad. 2009, Intermediate Accounting, Fajar, Jakarta.

Harrison Jr., Walter T. 2011, Akuntansi Keuangan. Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga

Horngren, Charles T, Walter T.Harrison Jr dan Oliver, Suzanne M. 2012. Accounting. 9th Edition. USA: Pearson.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2013. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik ( SAK ETAP ) : Jakarta. Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Jusup, Al-Haryono. 2011, Dasar-dasar Akuntansi, edisi ke VII, STIE YKPN, Yogyakarta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2007, Pengertian Definisi Konsepsional

Kartikahadi, Hans., Sinaga, Uli Rosita., Syamsul, Merliyana., Siregar, Veronica Sylvia. 2012. Akuntanasi Keuangan berdasarkan SAK berbasis IFRS. Jakarta: Salemba Empat

Kieso, Donald E, dkk. 2008. Akuntansi Intermediate. Jakarta : Salemba Empat.

Martani, Dwi.Veronica, Sylvia, NPS. Wardhani, Ratna. Farahmita, dan Tanujaya, Edward.2012, Akuntansi Keuangan Menengah berbasis PSAK, Buku 1, salemba empat, Jakarta.

Munawir, S. 2008. Analisis Informasi Keuangan. Edisi Pertama, Cetakan Kedua. Liberty. Yogyakarta

Stice, K. Earl., Stice, D. James., Skousen, K. Fred. 2011. Akuntansi Keuangan Intermediate Accounting. Jakarta: Salemba Empat

Suhayati, Ely. Dewi, Sri, Anggadini, 2009, Akuntansi keuangan, Graha ilmu, Yogyakarta.

Suherlan, Endang. 2017, Analisis Pencatatan Dan Penilaian Persediaan Chemikal Pada PT Kota Bangun Plantation di Tenggarong. Skripsi

Warren, S. Carl, Reeve, M James, Fees, E Philip. 2008. Corporate Financial Accounting. 8th edition, Internasional Student Edition. Ohio: Thomson.

Weygandt, Jerry J and Kieso, Donald E and Kimmel, Paul D. 2007. Accounting Princple. 6th Edition. USA: John Wiley & Sons, Inc.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i1.3468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com