Pengaruh good corporate governance dan leverage terhadap earnings management

Ani Purwanti, Rusdiah Iskandar, Yoremia Lestari br.Ginting

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengaruh proporsi komisaris independen, komite audit, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan leverage terhadap manajemen laba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan mendapatkan bukti empiris dari proporsi komisaris independen, komite audit, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan leverage pada manajemen laba. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat praktis, teoritis, dan kebijakan. Objek penelitian ini adalah sub sektor perusahaan manufaktur perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2016. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dalam menentukan jumlah sampel yang digunakan dan diperoleh 11 perusahaan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi komisaris independen tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Komite audit memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap manajemen laba. Kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Kepemilikan manajerial memiliki pengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba. Leverage memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap manajemen laba.


Keywords


Manajemen laba; tata kelola perusahaan yang baik; leverage

References


Agustina, Eva. 2015. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Earnings Management, Skripsi Akuntansi, Universitas Mulawarman. Samarinda.

Amertha, Indra Satya Prasavita. 2013. Pengaruh Return On Asset Pada Praktik Manajemen Laba Dengan Moderasi Corporate Governance, E-Jurnal Akuntansi, Universitas Udayana. Vol.4. No.2.

Belkaoui, Ahmed Riahi. 2012. Accounting Theory Edisi 5, Buku 2. Penerjemah: Ali Akbar Yulianto dan Krista. Salemba Empat. Jakarta.

Bursa Efek Indonesia. 2016. Laporan Keuangan dan Tahunan. www.idx.co.id.

Diakses pada tanggal 20 Juni2017.

Forum for Corporate Governance in Indonesia.2008. Peranan Dewan Komisaris dan Komite Audit dalam Pelaksanaan Corporate Governance.(Online) http://www.fcgi.or.id/books/-indo_gov/flash/ diakses 20 April 2017.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23, Edisi 8, Universitas Diponogoro. Semarang.

Intan, Diary. 2010. Good Corporate Governance (GCG), http://diaryintan. wordpress.com/2010/11/15/good-corporate-governance-gcg-2/, diakses tanggal 29 Desember 2017 pukul 20.30, Samarinda.

Jao, Robert dan Pagalung, Gagaring. 2011. Corporate Governance, Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Manajemen Laba Perusahaan Manufaktur Indonesia, Jurnal Akuntansi dan Auditing.Vol.8. No.1.

Jensen, M. C., dan Mecling, W. H. 1976. Theory Of The Firm: Managerial Behavior, Agency Cost and Ownership Structure.

Kasmir. 2012. Pengantar Manajemen Keuangan, Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG).2006.Pedoman Umum Good Corporate Governance Indonesia.Jakarta.

Latan, Hengky dan Temalagi, Selva. 2013. Analisis Multivariate Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program IBM SPSS 20.0, Alfabeta. Bandung.

Mahiswari, Raras. 2014. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, Dan Leverage Terhadap Manajemen Laba Dan Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di BEI (Periode 2007-2009), Jurnal Akuntansi. Vol. XVII. No.1.

Melinda, F.I, dan Bertha S. Sutejo. 2008. Interdependensi Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional serta Pengaruhnya terhadap Kinerja Keuangan. Journal Manajemen dan Bisnis.Vol.7.No.2.

Nuriyatun. 2015. Pengaruh Good Corporate Governance dan Leverage Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI (Periode 2010-2012), Skripsi Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Nuryaman. 2008. Pengaruh Konsentrasi Kepemilikan, Ukuran Perusahaan dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba. Simposium Nasional Akuntansi XI, Pontianak.

Pratiwi, Fernanda Ledy. 2015. Analisis Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI, Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi.

Raharja, Achmad Rizky. 2016. Pengaruh Good Corporate Governance Dan Leverage Keuangan Terhadap Manajemen Laba Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, Universitas Brawijaya.

Rahmah, Pretty Elisa. 2014. Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. Artikel Ilmiah. STIE Perbanas.

Sally, Ireza. 2015. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Hubungan Profitabilitas dan Manajemen Laba Dengan Nilai Perusahaan, Skripsi Akuntansi, Universitas Negeri Padang.

Sari, Septiana Ratna.2013.Pengaruh Leverage dan Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba, Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Vol.2.No.6.

Sari, Ranti Sulas, Syahfitri, Lili dan Pratiwi, Raisa. 2015. Pengaruh Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, Dan Leverage Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Penelitian STIE MDP. Palembang.

Scott, Wiliiam Robert. 2012. Financial Accounting Theory 6th Edition, Pearson Canada Inc, Toroto. Ontario.

Subhan, 2015. Pengaruh Good Corporate Governance Dan Leverage Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Artikel Ilmiah, STIE Perbanas. Surabaya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Alfabeta. Bandung.

Sulistiawan, Dhedy, Januarsi, Yeni dan Alvia, Liza. 2011. Creative Accounting - Mengungkap Manajemen Laba dan Skandal Akuntansi, Salemba Empat. Jakarta.

Sulistyanto, Sri. 2008. Manajemen Laba Teori dan Model Empiris, Grasindo. Jakarta.

Suriyani, Putu Putri, Yuniarta, Gede Adi dan Wikratama, Ananta. Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Laba, E-Journal S1 AK, Universitas Padang Ganesha.

Sutedi, Adrian. 2012. Good Corporate Governance, Cetakan Kedua. Sinar Grafika. Jakarta.

Sutrisno. 2000. Manajemen Keuangan: Teori, Konsep dan Aplikasi, Edisi

Pertama. Ekonisia. Yogyakarta.

.2013. Manajemen Keuangan Teori Konsep dan Aplikasi. EKONOSIA. Cetakan Ke sembilan. Yogyakarta.

Ujiyantho, Muh Arif dan Pramuka, Bambang Agus. 2007. Mekanisme Corporate Governance, Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan (Studi Pada Perusahaan Go Publik Sektor Manufaktur), Jurnal Simposium Nasional AkuntansiX, Universitas Hasanudin. Makassar.

Wahyono, R. Erdianto Setyo. 2012. Pengaruh Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba Di Industri Perbankan Indonesia, Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi. Vol.1, No.12. STIE Indonesia Surabaya.

Wibiksono, Rosalina Anita. 2015. Pengaruh Premanaged Earnings Dan Dividen Yang Diharapkan Terhadap Praktik Manajemen Laba, Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia.Vol.12 No.1.

Widiatmaja, Bayu Fatma. 2010. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba dan Konsekuensi Manajemen Laba Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Tahun 2006-2008), Skripsi Akuntansi, Universitas Diponegoro. Semarang.

Wijaya, Veronica Abdi dan Christiawan, Yulius Jogi. 2014. Pengaruh Kompensasi Bonus, Leverage, dan Pajak Terhadap Earnings Management Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2013, Tax dan Accounting Review. Vol.4, No.1.

Wulandari, Rahmita. 2013. Analisis Pengaruh Corporate Governance dan Leverage Terhadap Manajemen Laba (Studi Pada Perusahaan Non- Keuangan Yang Terdaftar di BEI Tahun 2008-2011), Skripsi Akuntansi, Universitas Diponegoro. Semarang.

Yoviaal, Maria Monika. 2015. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Earnings Mangement. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Vol.4 No.1. Universitas Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v4i1.3404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com