Analisis kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah go public pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di bursa efek indonesia

Chandra Marsandy, Dwi Risma Deviyanti, Ledy Setiawati

Abstract


Kinerja keuangan adalah prestasi kerja suatu perusahaan dalam mengendalikan posisi keuangan perusahaan. Kinerja keuangan dapat dinilai dengan beberapa alat analisis, salah satunya dengan analisis rasio keuangan. Rasio keuangan yang sehat akan menarik penanam modal untuk ikut berinvestasi. Dengan mengubah perusahaan menjadi perusahaan go public diharapkan kinerja keuangan perusahaan akan mengalami peningkatan seiring dengan bertambahnya modal dari pihak investor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah go public dilihat dari beberapa rasio keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2006-2016 yang terdiri dari 41 perusahaan. Teknik pengambilan sampel adalah metode purposive sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 14 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t sampel berpasangan untuk data yang terdistribusi secara normal dan wilcoxon signed ranks test untuk data yang terdistribusi secara tidak normal. Variabel penelitian yang diteliti adalah kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah go public dengan indikator-indikator: 1) Rasio Likuiditas (Current Ratio), 2) Rasio Solvabilitas (Debt to Equity Ratio), 3) Rasio Profitabilitas (Net Profit Margin), 4) Rasio Aktivitas (Total Assets Turnover). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan yang tidak signifikan antara kinerja keuangan sebelum dan sesudah go public jika dilihat dari rasio likuiditas, (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja keuangan sebelum dan sesudah go public jika dilihat dari rasio solvabilitas, (3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja keuangan sebelum dan sesudah go public jika dilihat dari rasio profitabilitas, (4) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja keuangan sebelum dan sesudah go public jika dilihat dari rasio aktivitas.



Keywords


Kinerja keuangan; analisis laporan keuangan; go public

Full Text:

PDF

References


Endah. 2011. Analisis kinerja keuangan perusahaan sebelum dan setelah melakukan Initial Public Offering pada perusahaan non-Perbankan dan Non-Asuransi di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Surakarta.

Fahmi, Irham. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Lampulo: ALFABETA.

Harahap, Sofyan Syafri. 2009. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara

. 2011. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Hikmawan. 2007. Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Go Public Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Jakarta. Skripsi. Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Semarang. Semarang

https://www.idx.co.id/

https://www.sahamok.com/

Inayah, N. 2011. Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Go Public Studi Kasus pada PT Jasa Marga Tbk. Jurnal Ekonomi.Volume 14 Nomor 1. Januari: 38-45.

Jogiyanto. 2000. Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi Kedua. Yogyakarta. BPFE

Jumingan. 2011. Analisis Laporan Keuangan, Cetakan Keempat. Bandung: Bumi Aksara.

Komputer, Wahana. 2009. SPSS 17 Untuk Pengolahan Data Statistik. Edisi Pertama. Penerbit Andi dan Wahana Komputer. Semarang.

Manalu, S., 2002, Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan Sebelum dan Sesudah Go Public, Tesis Program Pasca Sarjana Magister Manajemen, Universitas Diponegoro. Tesis tidak dipublikasikan.

Munawir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Liberty. Yogyakarta.

Nurul, Riska Fitriani dan Sasi Agustin. 2016. Analisis Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Go Public. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.Volume 5 Nomor 7. Juli: 1-17

Orniati, Yuli. 2009. Laporan Keuangan Sebagai Alat Untuk Menilai Kinerja Keuangan. Jurnal Eknomi Bisnis. Tahun 14 Nomor 3. November: 206-213

Sawir, Agnes. 2009. Analisa Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. PT. Raja Grafindo Utama, Jakarta.

Sen, Yung dan Lili Syafitri. 2012. Analisis Perbedaan Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Initial Public Offering pada Perusahaan Go Public di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen. STIE MDP.

Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Srimindarti, C. 2006. Balanced Scorecard sebagai Alternatif untuk Mengukur Kinerja. STIE Stikubank, Semarang

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Cetakan Ke 20. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Sunariyah. 2010. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal, Edisi Kedua. Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN. Yogyakarta.

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiam.v3i4.3400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)

 

 

 

 

 

Web Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.