Analisis penerapan akuntansi pertanggungjawaban dalam penilaian kinerja pusat laba pada pt pelabuhan indonesia iv (persero) cabang samarinda

Jumiati Jumiati, Nurita Affan, Ibnu Abni Lahaya

Abstract


Setiap perusahaan memiliki tujuan yang hendak dicapai, baik tujuan jangka panjang maupun jangka pendek. Kinerja perusahaan akan terlihat pada tingkat pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Akuntansi pertanggungjawaban merupakan salah satu alat bantu yang dapat digunakan dalam mengukur kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat penerapan akuntansi pertanggungjawaban dalam penilaian kinerja pusat laba pada PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Samarinda. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriftif komparatif kualitatif yaitu dengan cara membandingkan antara teori-teori yang telah ada dengan datadata yang didapat dari studi kasus dan analisis rasio profitabilitas. Unsur-unsur yang diteliti yaitu struktur organisasi, anggaran dan realisasi pendapatan dan biaya Dari hasil penelitian pada PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Samarinda, perusahaan tersebut sudah menerapkan akuntansi pertanggungjawaban yang baik hal ini dapat diketahui dengan adanya beberapa syarat-syarat dan karakteristik yang sudah dipenuhi. Dalam penilaian kinerja pusat laba perusahaan telah menerapkan akuntansi pertanggungjawaban dengan baik. Kata Kunci: Akuntansi Pertanggungjawaban, Kinerja Pusat Laba


Keywords


Akuntansi pertanggungjawaban; kinerja pusat laba

Full Text:

PDF

References


Adisaputro, Gunawan dan Yunita Anggraini. 2007. Anggaran Bisnis, UPP STIM. YKPN, Yogyakarta.

Adharawati, Athena. 2010. Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Dengan Anggaran Sebagai Alat Pengendalian Biaya ( Studi Kasus PT PELNI Kantor Cabang Makasar ) Universitas Diponerogo Semarang.

Daniel. 2011. Pengaruh Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Terhadap Kinerja Manajerial. Skripsi. Palembang: STIE MUSI.

Halim, Abdul dan Supomo, Bambang. 2010. Akuntansi Manejemen. Edisi Pertama. Cetakan Kesebelas. Yogyakarta: BPFE-UGM.

Halim, Abdul dan Supomo, Bambang dan Syam, Kusufi M. 2012. Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: BPFE-UGM.

Ikhsan, Arfan. 2009. Akuntansi Manajemen Perusahaan Jasa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Indrianto, Nur dan Supomo, Bambang. 2008. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Iyang, Sri Anandari Anwar. 2013. Pengaruh Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Terhadap Prestasi Kerja Pada PT. Telkom Witel Jatim Timur (Jember). Skripsi. Jember: Fakultas Ekonomi Universitas Jember

Mulyadi. 2007. Akuntansi Manajemen : Konsep, Manfaat dan Rekayasa, Edisi ke-2. Yogyakarta : Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Nugraha, Andre Wira. 2015. Penilaian Kinerja Manajer Pusat Pendapatan, Pusat Biaya Dan Pusat Laba Pada PT. Pupuk Kalimantan Timur Jurnal Sistem Pengendalian Manajemen UNESA.

Palamania, Nita. 2010. Peranan Akuntansi Pertanggungjawaban dalam Penilaian Kinerja Pusat Pendapatan dan Pusat Biaya pada PT Asia Putra Perkasa Gorontalo Jurnal EMBA 2 (2) Juni: 1482-1490

Putri, D. 2005. Hubungan Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban dengan Kinerja Manajer Pusat Investasi (Survei pada Perusahaan Bengkel di Bandung).

Rudianto. 2006. Akuntansi Manajemen : Infomasi Untuk Pengambilan Keputusan Manajemen. Jakarta: PT. Grasindo.

Simamora, Henry. 2012. Akuntansi Manajemen. Edisi ke 3. Star Gate, Yogyakarta.

Sriwidodo, Untung. 2010. Informasi Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Penilaian Prestasi Kerja. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi Vol. 8, No. 1, April 2010: 18-14.

Sumarsan, Thomas. 2013. Sistem Pengendalian Manajemen. Edisi Kedua. Jakarta: Indeks.

Uli, Megah Marindah. 2009. Analisis Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Penilaian Kinerja Manajer Pusat Pendapatan Pada PT Astra Internasional, Tbk-Tso Cabang Sisingamangraja-Medan. Jurnal EMBA 1 (3) September 2010:314-325

Viyanti dan Tin, Se. 2010. Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Pengendalian Manajemen Terhadap Prestasi Kerja. Jurnal Ilmiah Akuntansi Tahun ke-1, No. 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiam.v3i4.3358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)

 

 

 

 

 

Web Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.