Pengaruh pemahaman sistem akuntansi keuangan daerah dan komitmen organisasi terhadap pengelolaan keuangan pada SKPD kota Samarinda

Widiawati Widiawati, Anis Rachma Utary, Musviyanti Musviyanti

Abstract


Pengelolaan keuangan daerah PP No.58 tahun 2005, setiap pemerintah daerah dan SKPD diwajibkan untuk melaksanakan sistem akuntansi dan membuat laporan keuangan. Kota Samarinda memiliki 25 SKPD tingkat kota, dinas 14 dan lembaga teknis daerah 11. Penelitian ini hanya difokuskan pada dinas tingkat kota samarinda yang merupakan unsur pelaksana otonomi daerah,dan mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh pemahaman sistem akuntansi keuangan daerah dan komitmen organisasi terhadap pengelolaan keuangan pada SKPD kota Samarinda dalam pemerintah daerah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu 14 SKPD di Kota Samarinda dan tiap SKPD diwakili oleh Kepala bagian keuangan, bendahara, bendahara gaji, dan staf pencatatan keuangan/akuntansi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner dan teknik analisisnya menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan bantuan smartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pemahaman sistem akuntansi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan, dan komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan. Hal ini membuktikan bahwa semakin baik pemahaman sistem akuntansi keuangan daerah dan komitmen organisasi pada instansi pemerintah semakin meningkat pengelolaan keuangan.


Keywords


Pemerintah daerah; sistem akuntansi keuangan; komitmen organisasi dan pengelolaan keuangan.

Full Text:

PDF

References


Aprila, Nila. 2013. Pengaruh Pemahaman Sistem Akuntansi Pemerintahan dan Penatausahaan Keuangan Daerah Terhadap Kinerja Pengelola Keuangan Daerah. Jurnal. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Atmojo, Kurniawan Tri. 2010. Pengaruh Pemahaman Sistem Akuntansi, Pengelolaan Keuangan Daerah dan Sistem Pelaporan Terhadap Kinerja Satuan Kerja Pemerintah Daerah. Jurnal. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Bastian, Indra. 2006. Akuntansi Sektor Publik. Erlangga. Jakarta.

Djaali. 2008. Skala Likert. Pustaka Utama. Jakarta.

Halim, Abdul. 2013. Akuntansi Sektor Publik Akuntansi Keuangan Daerah,

Edisi 4. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Jogiyanto, dan Abdillah, Willy . 2009. Konsep dan Aplikasi PLS (Patial Least Square) untuk Penelitian Empiris. BPFE: Yogyakarta.

Madison, Kristen Joie. 2014. Agency Theory and Stewardship Theory Integrated,

Expanded, and Bounded by Context: An Empirical Investigation of Structure, Behavior, and Performance within Family Firms. Dissertations. American : University of Tennessee.

Mahmudi. 2010. Manajemen Keuangan Daerah. Jakarta. Penerbit Erlangga.

Mahmudi. 2016. Analisis Laporan Keuangan Daerah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mahsun, Mohamad. 2007. Akuntansi Sektor Publik. Edisi kedua. BPFE. Yogyakarta.

Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2006. Evaluasi Kinerja. Refika Aditama. Bandung.

Nugroho, Fauzy Ardy. 2013. Pengaruh Pengawasan, Pemahaman Sistem Akuntansi Keuangan, dan Pengelolaan Keuangan terhadap Kinerja Unit Satuan Kerja Pemerintah Daerah. Jurnal. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Nugroho, Adam. 2009. Pengelola Keuangan dan Aset Daerah. LGSP. Jakarta.

Nurlillah, As Syifa. 2014. Pengaruh kompetensi sumber daya manusia,penerapan

sistem akuntansi keuangan daerah terhadap kinerja pengelolaan keuangan daerah. Jurnal. Semarang: Universitas Diponegoro.

Peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 Tentang Standar Akuntansi Pemerintahan. 2010. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 59 Tahun 2007 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

Podrug, N, 2011, The StrategicRole Of Managerial Stewardship Behaviour For Achieving CorporateCitizenship, Ekonomski Pregled.

Syahrida, Cut Faiza. 2009. Pengaruh Pemahaman Sistem Akuntansi Keuangan Daerah dan Pengelolaan Keuangan Daerah terhadap Kinerja SKPD. Jurnal. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tamara, Chintia ayu. 2016. Pengaruh Akuntabilitas Publik dan Transparansi Publik Terhadap Mekanisme Pengelolaan Keuangan. Skripsi. Samarinda: Universitas Mulawarman.

Tuasikal, Askam. 2009. Pengaruh Pengawasan, Pemahaman Sistem Akuntansi keuangan dan Pengelolaan Keuangan Terhadap Kinerja Unit Satuan Kerja Pemerintah Daerah. Jurnal. Maluku: Universitas Pattimura.

Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Pemerintah Daerah.

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Usman. 2014. Pengaruh Pemahaman Sistem Akuntansi Keuangan Daerah terhadap Kinerja SKPD pada Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Winanti, Sri. 2014. Pengaruh Pemahaman Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Pemahaman Pengelolaan Keuangan Daerah, Pelatihan, dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pengelola Keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah. Skripsi. Bengkulu: Universitas Ratu Samban.

Widodo. 2006. Membangun Birokrasi Berbasis Kinerja. Bayumedia Publishing. Jawa Timur.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiam.v3i4.3332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)

 

 

 

 

 

Web Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.