Pengaruh rasio likuiditas, leverage dan aktivitas terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia

Siti Mariam, Cornelius Rantelangi, Ferry Diyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Rasio Likuiditas yang diproksikan oleh Working to Capital Total Assets, Leverage yang diproksikan oleh Debt Equity Ratio dan Aktivitas diproksikan oleh Total Asset Turnover terhadap Pertumbuhan Laba. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi periode 2012-2016. Alasan pemilihan perusahaan manufaktur pada sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dikarenakan sektor barang konsumsi merupakan sektor yang memiliki pertumbuhan produksi yang tinggi.Dan dipilih sebanyak 10 perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebagai sampel melalui Purposive Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dari data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi linier Berganda. Berdasarkan hasil analisis pengujian hipotesis menggunakan kelayakan model (uji F) dikatakan layak untuk mengukur variabel independen yaitu Working to Capital Total Asset, Debt Equity Ratio dan Total Asset Turnover terhadap variabel dependen yaitu Pertumbuhan Laba. Sedangkan hasil uji t variabel Working to Capital Total Asset memiliki pengaruh positif terhadap pertumbuhan laba. Sementara itu variabel Debt Equity Ratio dan Total Asset Turnover tidak berpengaruh terhadap Pertumbuhan Laba.


Keywords


Rasio likuiditas; leverage; aktivitas dan pertumbuhan laba

Full Text:

PDF

References


Adisetiawan, R. 2012.Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan dalam Memprediksi

Pertumbuhan Laba,Jurnal Aplikasi Manajemen 10 (3)September: 670-672.

Andriyana, Ima. 2015.Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di BEI,Jurnal Manajemen dan Bisnis13(3) September: 345-347.

Arini, Kadek Nunki Aprilia. 2014. Analisa Faktor-Faktor yang mempengaruhi Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Otomotif YangTerdaftar di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Akuntansi

Baridwan, Zaki.2004. Intermediate Accounting, Edisi Delapan, Badan Penerbit Fakultas Ekonomi. Yogyakarta.

Erawati, Teguh dan Ignatius Joko Widayanto.2016. Pengaruh Work Capital to Total Asset, Operating to Total Liabilities, total assets turnover, Return On Asset dan Return On Equity terhadap perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jurnal Akuntansi4 (2)

Fatimah, Siti. 2014. Analisis Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Pertumbuhan Laba pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang

Ghozali, Imam. 2013.Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21, Cetakan Ketujuh. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Gunawan, Ade dan Sri Fitri Wahyuni. 2013.Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Perdagangan di BEI, Jurnal Manajemen dan Bisnis13(01) April: 64-65.

Mahaputra, I Nyoman Kusuma Adnyana. 2012.Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI,Jurnal Akuntansi,Universitas Mahasaraswati Denpasar7(2) Juli: 246-247.

Narpatilova, Oktapiana.2009. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI, Jurnal Akuntansi,Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) September: 3-5.

Rachmawati, Arif Anggun dan Nur Handayani.2014.Pengaruh Rasio Keuangan Kebijakan Deviden Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI,Jurnal Ilmu dan Riset3 (3).




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiam.v3i4.3325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)

 

 

 

 

 

Web Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.