Pengaruh Pengungkapan CSR terhadap Abnormal Return pada Perusahaan Sumber Daya Alam yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Luluk Adilla Rifnawati, Irwansyah Irwansyah, Bramantika Oktavianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap reaksi investor yang dapat terlihat dalam Abnormal Return. Penelitian ini menggunakan metode studi peristiwa atau event study oleh karena itu penelitian ini menggunakan 2 variabel kontrol yaitu Return On Equity (ROE) dan Price to Book Value (PBV). Penelitian ini menggunakan data laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan yang mengelola Sumber Daya Alam (SDA) yang termasuk dalam sektor utama berdasarkan Jakarta Stock Industrial Classification (JASICA) yaitu sektor pertambangan dan sektor pertanian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2016. Standar pengungkapan CSR dalam penelitian ini diukur berdasarkan GRI G.4. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Dan data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen CSR berpengaruh positif dan signfikan terhadap variabel dependen Abnormal Return. Sedangkan variabel kontrol ROE berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Abnormal Return. Serta variabel kontrol PBV berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Abnormal Return.


Keywords


Pengungkapan CSR, ROE, PBV, Abnormal Return

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bursa Efek Indonesia. http://www.idx.co.id/, diakses tanggal 2 Agustus 2017.

Cheng, M. dan Yulius Jogi Christiawan. 2011. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Abnormal Return, Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 13, No. 2.

Dahlia dan Veronica. 2008. Pengaruh corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Per- usahaan (Studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia pada tahun 2005 dan 2006), Jurnal Simposium Nasional Akuntansi XI, Pontianak.

Daniri. 2008. Standardisasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Global Reporting Initiative (GRI). Sustainability Reporting Guidelines (versi GRI G4 Bahasa Indonesia), http://www.globalreporting.org, diakses tanggal 30 Februari 2017.

JASICA (Jakarta Stock Industrial Classification). https://www.sahamok.com/jasica-jakarta-stock-industrial-classification/, diakses tanggal 2 Agustus 2017.

Jogiyanto. 2014. Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi Kesembilan. BPFE. Yogyakarta

. 2015. Studi Peristiwa: Menguji Reaksi Pasar Modal Akibat Suatu Peristiwa. Edisi Pertama, Cetakan Kedua. BPFE. Yogyakarta.

Muid, Dul. 2011. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Stock Return (Studi Empiris Perusahaan yang Terdaftar di BEI Tahun 2008- 2009), Jurnal Ilmiah Ekonomi. Vol. 6, No. 1.

Mulyono. 2008. Hubungan Rasio Keuangan, Ukuran Perusahaan dan Arus Kas pada Laporan Keuangan Interim dan Tahunan Terhadap Abnormal Return Saham (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2002-2006), Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Jakarta.

Peraturan Pemerintah No. 47 Tahun 2012. Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas.

Riyanto, Bambang. 2003. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi keempat. Yayasan Penerbit FE UGM. Yogyakarta.

Santi, Galuh Tiara. 2013. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Return Saham: Studi Peristiwa pada Perusahaan Peraih Penghargaan ISRA di BEI Tahun 2010-2012, Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Sartono, Agus. 2000. Manajemen Keuangan, Teori dan Aplikasi, Edisi Kedua. BPFE. Yogyakarta.

Scott, William R. 2003. Financial Accounting Theory. Prentice Hall Inc. New Jersey.

Sharpe et.al. 1997. Investasi Jilid 2. PT Prehellindo. Jakarta

Suharto, Edi. 2010. CSR dan COMDEV Investasi Kreatif Perusahaan di Era Globalisasi, Alfabeta. Bandung.

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi Edisi Pertama, Cetakan Ketujuh. Penerbit Ekonisia. Yogyakarta.

Suwardjono. 2010. Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan, Edisi Ketiga. BPFE. Yogyakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 25 Tahun 2007. Penanaman Modal.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 40 Tahun 2007. Perseroan Terbatas.

Wulandari, Heni. 2009. Analisis Pengaruh Kinerja Sosial terhadap Nilai Perusahaan di Indonesia dengan Ukuran Perusahaan, Profitabilitas serta Leverage sebagai Control Variable, Jurnal Fakultas Ekonomi Sebelas Maret Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiam.v3i4.3250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)

 

 

 

 

 

Web Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.