Pengaruh manajemen laba dan kualitas corporate governance terhadap return saham pada perusahaan sub sektor farmasi yang terdaftar di bei

Mario Ronaldus Bang, Sri Mintarti, Rusliansyah Rusliansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen laba dan kualitas corporate governance yang diproyeksikan kedalam kepemilikan instutisional, komisaris independen dan komite audit terhadap return saham. Populasi yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2010 - 2015. Jumlah sample yang digunakan adalah 6 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling dengan kriteria tertentu yaitu perusahaan sub sektor farmasi dan maksimal pada awal tahun 2010 telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia, serta perusahaan yang telah mempublikasikan laporan tahunannya pada tahun 2010 - 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan uji hipotesis yaitu uji t. Sebelum menggunakan analisis regresi berganda, dilakukan uji asumsi dasar dan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Dari hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa Manajamen laba, kepemilikan instutisional dan komite audit memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return saham pada perusahaan sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan tingkat signifikansi 0,000. Sedangkan variabel komisaris independen tidak signifikan terhadap return saham. Nilai adjusted R² dalam model regresi diperoleh sebesar 0,696. Hal ini menunjukkan bahwa besar pengaruh variabel independent yaitu manajemen laba, kepemilikan instutisional, komisaris independen dan komite audit terhadap variabel dependent return saham sebesar 69,6% sedangkan sisanya sebesar 30,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Selain itu nilai R² adalah 0,696. Jika nilai R² semakin mendekati 1 maka variabel-variabel bebas semakin kuat pengaruhnya dalam menjelaskan variabel terikat.

 

 


Keywords


Manajemen laba; kepemilikan instutisional; komisaris independen; komite audit

Full Text:

PDF

References


Arens,Alvin A, Randal J. Elder, dan Mark S. Beasley. 2008. Auditing dan Jasa Assurance. Erlangga. Jakarta.

Ajiwanto, Awan Werdhy. 2013. Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Return Saham Perusahaan yang terdaftar di Corporate Governance Perception Index dan Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2012, Jurusan Manajemen fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Malang

Ats’tsaqafiyah, Inayah. 2016. Peran Good Corporate Governance dan Kualitas Audit dalam Memoderasi Hubungan Manajemen Laba terhadap Return Saham, Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta

Budiharjo: Roy. 2012. Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Return Saham dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening dan Moderating, Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Malang.

Chew, Donald, H., and Gillan, S. L. (2009). US Corporate Governance. Columbia University Press. Columbia.

Davidparsaoran. 2009. Skandal Manipulasi Laporan Keuangan PT. Kimia Farma Tbk.https://davidparsaoran.wordpress.com/2009/11/04/skandal manipulasi-laporan- keuangan-pt-kimia-farma-tbk/. Diakses tanggal 01 april 2017.

Effendi, Arief. (2009). The Power of Good Corporate Governance Teori dan Implementasi. Salemba Empat. Jakarta.

Gani, Irwan dan Siti Amalia. 2015. Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi & Sosial. Andi. Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam dan Chariri, Anis. 2011. Teori Akuntansi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Harmono. 2009. Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard. Bumi Aksara. Jakarta

Hasan, Widy Hastuty. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Laba Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Perusahaan Perbankan Di Indonesia). Tesis Sekolah Pascasarjana. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Hendrianto. 2012 “Tingkat Kesulitan Keuangan Perusahaan dan Konservatisme Akuntansi di Indonesia”, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi 1 (3) .

Herawaty, Vinola. 2008 Peran Praktek Corporate Governance sebagai Moderating Variable dari Pengaruh Eranings Management Terhadap Nilai Perusahaan, Jurnal Akuntansi dan Keuangan 10 (2)

Indrianto, Nur., Bambang Supomo. 2009. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama. BPFE Yogyakarta. Yogyakarta.

Jama’an. 2008. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Kualitas Kantor Akuntan Publik Terhadap Integritas Informasi Laporan Keuangan(Studi Pada Perusahaan Publik di BEI). Tesis Magister Sains Akuntansi. Universitas Dipenegoro. Semarang.

Jogiyanto, H. 2015. Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi 9. PT BPFE. Yogyakarta.

Kasmir, 2008. Analisis Laporan Keuangan, Cetakan Kelima. PT. Raja Grafindo Persada Jakarta.

¬______ 2010. Analisis Laporan Keuangan, Rajawali Press. PT Rajagrafindo Persada, Jakarta

______ 2011. Analisis Laporan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Keown, Arthur., J, et all. 2011. Dasar – Dasar Manajemen Keuangan. Diterjemahkan oleh Chaerul D. Djakman, Edisi Ke 7, Buku 1. Salemba Empat. Jakarta.

Kusumaningtyas, Eviatiwi S.; Hartono, Sri; dan Mutamimah. 2011. Model Penigkatan Return Saham dan Kinerja Keuangan Melalui Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan 4 (1)

Muh. Arief Effendi. 2009. The Power of Good Corporate Governance: Teori dan Implementasi. Salemba Empat. Jakarta.

Mulyani, Yuliana Hernis Tri. 2008. Dampak Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan, Volume Perdagangan Saham dan Abnormal Return. Tesis. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Nur’ainy, Renny. 2011. Pengaruh Implementasi Good Corporate Governance pada Return Saham melalui Efisiensi Operasi Perusahaan, Tesis Universitas Gunadarma, Jakarta.

Nuryaman. 2008. Pengaruh Konsentrasi Kepemilikan Ukuran Perusahaan dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi Keuangan dan Pasar Modal. Simposium Akuntansi Nasional XI. Pontianak.

Nuswandari, Cahyani. 2009. Pengaruh Corporate Governance Perception Index terhadap Kinerja Perusahaan Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Bisnis dan Ekonomi 16 (2)

Pratiwi, Nining dan Suryanawa, I. Kt. 2014. Pengaruh Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility Disclosure Pada Return Saham. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 9 (2)

Purnama, Dhandy Aria. 2012. Pengaruh Manajemen laba Pada Periode IPO Terhadap Return Saham: Mekanisme Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi, Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie 1 (2): 6-7

Purnomo, Beni Adi. 2012. Pengaruh Struktur Corporate Governance terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar Di BEI, Skripsi Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung. Lampung

Putri, Kusumaningtyas Hapsari. 2015. Pengaruh Manajemen Laba (Earnings Management) Terhadap Return Saham. Universitas Widyatama. Bandung

Pearce II, John A dan Richard B. Robinson. 2008. Manajemen Strategis Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian, Salemba Empat. Jakarta

Retno, M. & Pratinah, D. 2012. Pengaruh Good Corporate Governance dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XIII, Purwokerto

Tarjo. 2008. Pengaruh Konsentrasi Kepemilikan Konstitusional dan Leverage Terhadap Manajemen Laba , Nilai Pemegang saham serta Cost of Equity Capital. Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak.

Sastradipraja, U. 2010. Analisis dan penggunaan laporan keuangan pada Program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi. Bandung.

Sulistyanto, Sri. 2008. Manajemen Laba, Teori dan Model Empiris,Grasindo.Jakarta.

Sugiyono, Prof., Dr., 2013. Metodologi Penelitian Bisnis, Cetakan Keenam, CV. Alfa Beta. Bandung.

Samsul, Mohamad. 2008. Pasar Modal & Manajemen Portofolio, Erlangga. Jakarta.

Sanusi, Anwar. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat. Jakarta

Sefiana, Eka. 2009.Pengaruh Penerapan Corporate Governance terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Go Public di BEI, Jurnal Riset Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma 9 (2)

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan Teori, Konsep, dan Aplikasi. Penerbit Ekonisia. Yogyakarta

Widyastuti, Tri. (2009). Pengaruh Struktur Kepemilikan dan Kinerja Keuangan Terhadap Manajemen Laba: Studi pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Jurnal Maksi, 9(1), 30-41.

Yushita, Amanita Novi. 2010 Earnings Management Dalam Hubungan Keagenan, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 8 (1)

Yang, W. S., Loo, S. C., and Shamser. 2009. The Effect of Board Structure and Institutional Ownership Structure on Earnings Management. International Journal of Economics and Management, 3 (2) 332–353.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i4.3118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com