PENGARUH LEVERAGE TERHADAP EARNINGS MANAGEMENT DENGAN PERAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

TIA AULIYANI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh leverage terhadap earnings management serta pengaruh moderasi dari good corporate governance yang diwakilkan oleh kepemilikan institusional, dewan komisaris independen, komite audit, dan kualitas audit dengan pengujian hipotesis menggunakan analisis SEM efek moderasi, dengan bantuan aplikasi software SmartPLS versi 3.0

Penelitian ini menggunakan data panel tahun 2011-2015 untuk laporan keuangan dan laporan tahunan yang diperoleh dari situs Bursa Efek Indonesia. Prosedur penyeleksian sampel menggunakan purposive sampling pada populasi perusahaan manufaktur terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dan selanjutnya diperoleh 399 sampel tahun perusahaan selama 5 tahun pengamatan yang memenuhi persyaratan.

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa leverage berpengaruh terhadap earnings management. Selain itu, kepemilikan institusional, dewan komisaris independen, dan komite audit bukan merupakan variabel moderasi pada pengaruh leverage terhadap earnings management. Kualitas audit merupakan variabel moderasi pada pengaruh leverage terhadap earnings management.

Kata kunci:   leverage, earnings management, good corporate governance




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i3.3083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com