Analisis penerapan psak no. 45 pada komite nasional untuk rakyat palestina cabang samarinda

Muhammad Teguh Satria, Lewi Malisan, Irwansyah Irwansyah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran sistem pencatatan dan kebijakan akuntansi dalam pelaporan keuangan yang diterapkan oleh Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Cabang Samarinda serta untuk dapat menganalisa bagaimana proses akuntansi dalam mempersiapkan laporan keuangan dari entitas yang diteliti, juga membandingkannya dengan ketentuan yang terdapat pada Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 45 tentang Pelaporan Keuangan Organisasi Nirlaba. Dalam penelitian ini, penulis melakukan analisis dengan cara mengumpulkan data, menyusun, menginterpretasikan serta menganalisisnya sehingga menghasilkan kesimpulan mengenai gambaran yang sebenarnya, kemudian membandingkannya dengan PSAK Nomor 45. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Untuk memperoleh data yang relevan maka penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa laporan keuangan masih dibuat dalam bentuk laporan penerimaan dan pengeluaran kas. Organisasi juga tidak melakukan penilaian harga perolehan dan perhitungan penyusutan untuk aset-aset tetap yang dimilikinya, sehingga nilai aktiva tetap tidak menunjukkan nilai sebenarnya. Laporan keuangan yang diterapkan oleh Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Cabang Samarinda belum sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 45 yang terdiri dari Laporan Posisi Keuangan, Laporan Aktivitas, Laporan Arus Kas dan Catatan Atas Laporan Keuangan.


Keywords


Laporan keuangan; psak no. 45; organisasi nirlaba

Full Text:

PDF

References


Ardana, Komang, dkk. 2008. Perilaku Keorganisasian Edisi Pertama. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Baridwan, Zaki. 2004. Intermediate Accounting. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta.

Drs. S. Munawir. 2010. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Dwi, Martani, dkk. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah berbasis PSAK Buku 1. Jakarta : Salemba Empat.

Hasibuan, David. 2010. Penerapan PSAK No.45 pada Yayasan Mandiri Anak Bangsa Nusantara dalam Kaitannya dengan Kualitas Informasi Pelaporan Keuangan. Surabaya : STIESIA. Jurnal Ilmiah Kesatuan Nomor 1 Volume 12.

Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). 2015. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.1: Penyajian Laporan Keuangan. Jakarta : IAI.

Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). 2015. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.45: Pelaporan Keuangan Organisasi Nirlaba. Jakarta : IAI.

J. Salusu. 2006. Pengambilan Keputusan Strategik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. Jakarta : Grasindo.

Jusup, Al. Haryono. 2011. Dasar-dasar Akuntansi. Jilid I. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi UGM. Yogyakarta.

Mahsun, Mohamad, dkk. 2006. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta.

Muhammad, Rifqi. 2008. Akuntansi Keuangan Syariah, Konsep dan Implementasi PSAK Syariah. P3EI Press. Yogyakarta.

Rizky, Diyani Ade. 2013. Analisis Penerapan PSAK No.45 pada Yayasan Masjid Al-Falah Surabaya. Surabaya : STIESIA. Jurnal Ilmiah.

Suendra, Yeyen. 2014. Analisis Penerapan PSAK No. 45 Tentang Pelaporan Keuangan Organisasi Nirlaba Pada Masjid (Studi Kasus Masjid Islamic Centre di Samarinda), Skripsi. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Suwardjono. 2008. Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiam.v3i4.3012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)

 

 

 

 

 

Web Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.