Pengaruh faktor-faktor good corporate governance terhadap kualitas laba pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI)

Hernawati Hernawati, Anis Rachma Utary, Yoremia Lestari

Abstract


Studi ini meneliti pengaruh komite audit, komisaris independen, kepemilikan institusional, dan kepemilikan manajerial terhadap kualitas laba. Tujuan penelitian adalah untuk menemukan bukti empiris tentang (a) pengaruh komite audit terhadap kualitas laba, (b) pengaruh komisaris independen terhadap kualitas laba, (c) pengaruh kepemilikan institusional terhadap kualitas laba dan  (d) pengaruh kepemilikan manajerial terhadap kualitias laba.

            Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan Pertambangan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam periode tahun 2011-2015. Sampel penelitian sebanyak 5 perusahaan dengan 25 observasi melalu metode Purposive Sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linear  berganda.

            Hasil penelitian dengan analisis regresi linear menunjukkan bahwa (a) komite audit mempunyai pengaruh terhadap kualitas laba. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komite audit mampu meningkat kualitas laba. Komite audit juga dinilai mampu mengambil keputusan dalam menjaga kualitas laporan keuangan perusahaan yang dilakukan oleh pihak manajemen. (b) Komisaris independen tidak mempunyai pengaruh terhadap kualitas laba. Hal ini disebabkan karena komisaris independen belum sepenuhnya melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara kolektif untuk melakukan pengawasan dan memberikan nasihat kepada direksi. (c) Kepemilikan institusional tidak mempunyai pengaruh terhadap kualitas laba. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi oleh kepemilikan saham, oleh pihak instiitusional, maka kualitas laba  dari perusahaan akan menurun. (d) Kepemilikan manajerial mempunyai pengaruh terhadap kualitas laba. Hal ini menyebabkan bahwa semakin besar kepemilikan manajerial dalam perusahaan maka manajemen akan cenderung untuk berusaha meningkatkan kinerjanya. Artinya semakin tinggi kepemilikan saham oleh pihak manajemen, maka laba semakin berkualitas.


Keywords


Komite Audit, Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial dan Kualitas Laba.



DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i3.3003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com