Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan utang pada industri makanan dan minuman di indonesia

Dinda Nuri Kamila, Rusdiah Iskandar, Irwansyah Irwansyah

Abstract


Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor penting dalam perekonomian Indonesia. Sektor industri makanan dan minuman menjadi satu dari sejumlah sektor yang dijadikan prioritas pemerintah dalam mendorong industri sebagai penggerak ekonomi nasional. Debt to Equity Ratio menjadi salah satu tolak ukur dalam menilai seberapa baik perusahaan dalam menggunakan utang untuk operasional perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Free Cash Flow, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, dan Struktur Aktiva terhadap Kebijakan Utang pada perusahaan manufaktur sektor Makanan dan Minuman di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Poulasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sector Makanan dan Minuman di Indonesia periode 2012 hingga 2016. Penelitian ini menggunakan data berupa Laporan Keuangan sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Metode pemilihan sampelmenggunakan metode purposive sampling dan hasilnya terdapat sepuluh perusahaan yang memenuhi kriteria dan menghasilkan 50 jumlah observasi selama 5 tahun. Penelitian ini menggunakan pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan analisis regresi untuk menguji kemampuan variabel bebas dalam mempengaruhi variabel terikat. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan uji F, uji R dan uji R2 dalam menguji kelayakan model dari penelitian ini dan menggunakan uji t untuk melihat tingkat signifikansi dari pengaruh setiap variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Free Cash Flow, Profitabilitas, dan Pertumbuhan Perusahaan memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Debt to Equity Ratio pada Industri Makanan dan Minuman di Indonesia, dan Struktur Aktiva memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Debt to Equity Ratio. Hasil pengujian F menunjukkan bahwa secara simultan Free Cash Flow, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, dan Struktur Aktiva berpengaruh terhadap DER. Nilai R Square adalah 0,268 atau 26,8%. Hal ini menunjukkan bahwa Free Cash Flow, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, dan Struktur Aktiva dapat menjelaskan DER sebesar 26,8% dan 73,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.



Keywords


Free cash flow; profitabilitas; pertumbuhan perusahaan; struktur aktiva; industri makanan dan minuman

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Faisal.M. 2004. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Penerbit Universitas Muhammadiah Malang. Malang.

Agus, R. Sartono. 2011. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Asnawi, Said Kelana dan Chandra Wijaya, 2005. Riset Keuangan: Pengujian- Pengujian Empiris, Edisi Pertama, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Astika. Putra. 2011. Teori akuntansi: Konsep-konsep Dasar akuntansi Keuangan. Udayana University Press. Denpasar.

Atmaja, Lukas Setis. 2008. Teori dan Praktek Manajemen Keuangan. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Brigham, Eugene F dan Gapenski, Louis C, 1996. Intermediate Finance Management, Edisi Lima. Harbor Drive: The Dryden Press.

Brigham, Eugene F and Joel F.Houston, 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 10 Buku1. Terjemahan Ali Akbar Yulianto. PT. Salemba Empat. Jakarta.

Bringham, Eugene F dan Weston, J Fred. 2011. Dasar - dasar Manajemen Keuangan Edisi 11 Buku 2 , Terjemahan oleh Ali Akbar Yulianto. Salemba Empat. Jakarta.

Fahmi, Irham. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanafi, Mamduh.M. 2016. Manajemen Keuangan. Edisi 2. Cetakan Pertama. BPFE Yogyakarta.Yogyakarta.

Harahap, Sofyan Syafri. 2008. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Husnan, Suad dan Pudjiastuti, Enny. 2015. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Ketujuh. Cetakn Pertama. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Horne, James C. Van dan John M Wachowicz, Jr. 2012. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Edisi 13. Salemba Empat. Jakarta.

Jensen, Michael C, 1986, Agency Cost of Free cash Flow, Corporate Finance, and Takeovers, American Economic Review 76 (2), 323-329.

Jogiyanto, Hartono, 2005. Analisis & Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Andi Yogyakarta.

Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama. Cetakan Ketujuh. Jakarta: Rajawali Pers.

Kieso, Donald E., Jerry J. Weygandt, dan Terry D. Warfield, 2007. Akuntansi Intermediete, Terjemahan Emil Salim, Jilid 1, Edisi Kesepuluh, Penerbit Erlangga, Jakarta

Manurung, Adler Haymans. Teori Keuangan Perusahaan ,Edisi Pertama, Jakarta: Penerbit PT. Adler Manurung Press, 2012.

Munawir, S, 2014. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Cetakan Ketujuhbelas.Cetakan. Liberty Yogyakarta. Yogyakarta.

Murni, Sri dan Andriana. 2007. Pengaruh Insider Ownership, Institusional Investor, Dividen Payments, dan Firm Growth terhadap Kebijakan Hutang Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Jurnal Akuntansi dan Bisnis, Februari 2007, Vol. 7, No. 1, Hlm. 15-24.

Prasetyantoko.2008.Corporate Governance. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Prasetyo, Aries Heru. 2011. Valuasi Perusahaan. PPM: Jakarta Pusat.

Priyatno, Duwie. 2013. Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate dengan SPSS. Gava Media, Yogyakarta.

Riyanto, Bambang, 2008. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi Keempat, Cetakan ketujuh, BPFE, Yogyakarta.

Sawir, Agnes. 2009. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangaan Perusahaan, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA.

Surya, Dennys dan Deasy Ariyanti Rahayuningsih, 2012. Faktor Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Hutang Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. 14 (3) Desember : 214.

Sutrisno, Edi. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi pertama. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Suprantiningrum. 2013. Pengaruh Pertumbuhan Aktiva dan Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Pebankan. Jurnal Ilmiah Dinamika Ekonomi dan Bisnis, Vol.1, No.1, halaman 32-43.

Umar, Husein. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali

Wiliandri, Ruly. 2011. Pengaruh Blockholder Ownership dan Firm Size terhadap Kebijakan Hutang Perusahaan. Jurnal Ekonomi Bisnis Juli 16 (2) Juli:98.

Yadiati, Winwin, 2010. Teori Akuntansi : Suatu Pengantar. PT Kencana. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jiam.v3i4.2914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)

 

 

 

 

 

Web Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.