Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan pengendalian intern terhadap kinerja instansi

Nurul Fiqra Nauap, Yana Ulfah, Agus Setiawaty

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Pengendalian Intern terhadap Kinerja Instansi pada Universitas Mulawarman. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah total sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui kuesioner. Kuesioner yang disebarkan sebanyak 65 kuesioner tetapi hanya 57 lembar kuesioner yang kembali. Analisis yang digunakan dalam pengujian hipotesis dilakukan dengan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan Teknologi Informasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap Kinerja Instansi dengan nilai P-Value < 0,001, Pengendalian Intern berpengaruh Signifikan dan Positif terhadap Kinerja Instansi dengan nilai P-Value <0,000, dimana nilai signifikansi < 0,05. Sedangkan nilai R-square yaitu sebesar 0.565 yang berarti sebesar 56,5% kedua variabel eksogen dalam penelitian ini mampu mempengaruhi variabel endogen.


Keywords


Pemanfaatan teknologi informasi; pengendalian intern; kinerja instansi

Full Text:

PDF

References


Akbar, Nasrizal et.,al. 2010. Pengaruh Pengetahuan Teknologi Informasi, Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Faktor Kesesuaian Tugas-Teknologi Terhadap Kinerja Akuntan Internal. Jurnal Akuntansi. Vol. 18, No. 2.

Arsiningsih, Ni Luh Putu Febri et.,al. 2015. Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi, Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi, Kepercayaan atas Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Pengendalian Intern terhadap Kinerja Karyawan pada Bank perkreditan Rakyat di Kabupaten Buleleng dan Bangli. e-Journal S1 Akuntasi Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 3, No.1.

Bandi. 2006. Pengaruh responperusahaan dalam investasi teknologi informasi terhadap kinerja perusahaan: strategi bisnis, kematangan teknologi informasi, dan ukuran perusahaan sebagai variabel anteseden. Jurnal. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Bastian, Indra. 2009. Akuntansi Sektor Publik Di Indonesia. BPFE Yogyakarta.

Chintya, Irine. 2015. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terhadap Kinerja Instansi (Studi pada SKPD Kota Solok). Artikel. Universitas Negeri Padang.

Dewi, Sarita Permata. 2012. Pengaruh Pengendalian Internal dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan SPBU Yogyakarta. Jurnal Nominal. Vol. 1, No.1.

Ekayani, Ni Nengah Seri et.,al. 2005. Analisis Kontribusi Nilai Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Proses Bisnis dan Dinamika Bersaing (Studi Empiris pada Hotel Berbintang di Bali). SNA VIII Solo, 15-16 September. Universitas Warmadewa Bali.

Lindawati, dan Irma Salamah. 2012. Pemanfaatan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Individual Karyawan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 14, No. 1.

Mardjiono, Didik Eko. 2009. Analisis Pengaruh kepemimpinan, pemanfaatan TI dan implementasi struktur organisasi yang terdesentralisasi terhadap kinerja organisasi. Studi pada RSUD Kab. Temanggung. Tesis. Universitas Diponegoro. Semarang.

Nasir, Azwir dan Ranti Oktari. 2010. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Instansi Pemerintah (Studi Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Kampar).Jurnal. Universitas Riau. Pekanbaru.

Nurmalitasari, Marna Dyah. 2010. Pengaruh Kesesuaian Tugas-Teknologi, Keahlian Pengguna, dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Karyawan (Survei pada Karyawan Bank Bagian Akuntansi di Purwodadi). Skripsi. Universitas Muhammadiyah. Surakarta.

O’Brien, James A. 2006. Pengantar Teknologi Sistem Informasi Perspektif Bisnis dan Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.

Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2008 Tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

Rahadi, Dedi Rianto. 2007. Peranan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Pelayanan di Sektor Publik.Seminar Nasional Teknologi. ISSN: 1978-9777. November. Yogyakarta.

Setiawan, Alexander. 2008.

Evaluasi Penerapan Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi Swasta Yogyakarta dengan Menggunakan Model Cobit Framework. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. ISSN: 1907-5022.

Siddharta, Hendrawan Eddy. 2014. Laporan auditor independen. Kreston. Surabaya.

Tjhai Fung Jin. 2003. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Kinerja Akuntan Publik”. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 5(1):1 – 26.

UNMUL. 2015. Laporan Kinerja Pemerintah, Kalimantan Timur, Samarinda, Mulawarman University.

Usman, Zulkarnain. 2013. Pengaruh Sistem Pengendalian Intern terhadap Kinerja Perusahaan pada PT. MNC SKY VISION Cabang Gorontalo. Jurnal. Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.

Utomo, Agus Prasetyo. 2006. Dampak Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Proses Auditing dan Pengendalian Internal. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK. Vol. XI, No. 2. ISSN: 0854-9524.

Wijana, Nyoman. 2007. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Pengaruhnya pada Kinerja Individual pada Bank Perkreditan Rakyat di Kabupaten Tabanan. Jurnal. Universitas Udayana ; Bali.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v1i1.279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com