Analisis tingkat perputaran piutang

Muhammad Nuruzzaman, Isna Yuningsih, Musviyanti Musviyanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perputaran piutang toko pada Koperasi Karyawan Bara Mandiri tahun 2014 sampai dengan 2016. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan bagi koperasi dalam menghadapi masalah yang terkait dengan piutang. Piutang adalah tagihan perusahaan kepada pihak lain sebagai akibat penjualan secara kredit. Rata-rata piutang adalah jumlah piutang awal tahun dan piutang akhir tahun yang kemudian dibagi dua. Perputaran piutang merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur berapa lama penagihan piutang selama satu periode atau berapa kali dana yang ditanam dalam piutang ini berputar dalam satu periode. Variabel penelitian ini adalah perputaran piutang toko, penjualan kredit non anggota dan rata-rata piutang toko. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui tingkat perputaran piutang toko adalah rasio perputaran piutang. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat perputaran piutang toko pada Koperasi Karyawan Bara Mandiri dari tahun 2014 sampai dengan 2016 mengalami penurunan. Penurunan tingkat perputaran piutang toko disebabkan oleh pengelolaan piutang yang kurang baik dari koperasi karena memberi kelonggaran kepada pelanggan dalam melunasi utangnya


Keywords


Perputaran piutang; penagihan piutang

References


Djarwanto. 2010. Pokok-pokok Analisis Laporan Keuangan, Edisi Kedua. BPFE, Yogyakarta. Fahmi, Irham. 2015. Analisis Laporan Keuangan, Cetakan Kelima. Alfabeta, Bandung.

. 2016. Pengantar Manajemen Keuangan, Cetakan Kelima. Alfabeta, Bandung.

Fraser, Lyn M. dan Aileen Ormiston. 2008. Memahami Laporan Keuangan, Edisi Ketujuh. Indeks, Jakarta.

Harjito, Agus dan Martono. 2012. Manajemen Keuangan, Edisi Kedua. Ekonisia, Yogyakarta. Harmono. 2015. Manajemen Keuangan, Edisi Pertama. Bumi Aksara, Jakarta.

Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan, Edisi Pertama. Kencana, Jakarta.

. 2016. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Pertama. Rajawali Pers, Jakarta.

Margaretha, Farah. 2011. Manajemen Keuangan untuk Manajer Nonkeuangan, Erlangga, Jakarta. Munawir, S. 2014. Analisa Laporan Keuangan, Edisi Keempat. Liberty, Yogyakarta.

Musthafa. 2017. Manajemen Keuangan, Edisi Pertama. ANDI, Yogyakarta.

Republik Indonesia. 1992. Undang-undang No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian. Lembaran

Negara RI Tahun 1992, No. 116. Sekretariat Negara. Jakarta.

Riyanto, Bambang. 2011. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi Keempat. BPFE, Yogyakarta. Subandi. 2017. Ekonomi Koperasi, Cetakan Keenam. Alfabeta, Bandung.

Sudarwanto, Adenk. 2013. Akuntansi Koperasi, Edisi Pertama. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Suryana, Ketut Dimas, Ni Kadek Sinarwati dan Ni Luh Gede Erni Sulindawati. 2015. Analisis Tingkat Perputaran Piutang Dagang pada Koperasi Tani Tumpang Sari pada Periode 2011-2013, Jurnal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha 3 (1): 2-3.

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan, Edisi Pertama. Ekonisia, Yogyakarta. Syahyunan. 2015. Manajemen Keuangan, Edisi Kedua. USU Press, Medan.

Syamsuddin, Lukman. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan, Edisi Baru. Rajawali Pers, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i2.2724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com