Pengaruh struktur modal dan peluang pertumbuhan serta profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia

Febry Ramadiannur, Sri Mintarti, Rusliansyah Rusliansyah

Abstract


Tujuan dari penelitian hukum ini adalah untuk mengetahui pengaruh struktur modal, peluang pertumbuhan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dari perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 2010-2015. Metode purposive sampling dengan beberapa kriteria yang telah ditentukan digunakan untuk penelitian ini. Sampel penelitian terdiri dari 12 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 2010-2015. Data penelitian adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data pada penelitian ini telah dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa struktur modal, peluang pertumbuhan, dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan secara parsial. Koefisien uji determinasi menunjukkan bahwa dampak struktur modal, peluang pertumbuhan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan adalah 89,7%, dan sisanya sebesar 10,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.


Keywords


Nilai perusahaan; struktur modal; peluang pertumbuhan; profitabilitas

References


Arif. 2015. Pengaruh Struktur Modal, Return On Equity, Likuiditas, Dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Jasa Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Gani, Irwan dan Siti Amalia. 2015. Alat Analisis Data: Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi & Sosial. ANDI. Yogyakarta.

http://economy.okezone.com/read/2015/03/31/320/1127296/industri-makanan-minuman-agresif-tanam-investasi. Diakses pada tanggal 16 Februari 2017.

http://www.kemenperin.go.id. Diakses pada tanggal 16 Februari 2017.

Indonesia Stock Exchange. www.idx.co.id

Pearce II, John A. dan Robinson Richard B.Jr. (2008). Manajemen Strategis 10. Salemba Empat : Jakarta

Rodoni, Ahmad, Herni Ali. 2010. Manajemen Keuangan Modern. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sartono, Agus. 2008. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi, Edisi Empat. BPFE. Yogyakarta.

Solihin, Ismail. (2009). Pengantar Manajemen. Erlangga, Jakarta

Sunyoto, Danang. 2009. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis, Edisi Pertama. Media Presindo, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i2.2677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com