Pengaruh corporate governance terhadap kinerja perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di bei

Rizky Jayanti, Hamid Bone, Raden Priyo Utomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti bahwa penerapan tata kelola perusahaan (corporate governance), kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap kinerja perusahaan (ROE). Tata kelola perusahaan adalah mekanisme pengendalian untuk mengelola dan mengelola perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan akuntabilitas perusahaan, yang tujuan utamanya adalah untuk mewujudkan nilai pemegang saham. Mekanisme internal adalah sarana kontrol perusahaan dengan menggunakan berbagai elemen yang ada dalam organisasi seperti memberikan kepemilikan saham kepada manajer. Mekanisme eksternal adalah cara mengendalikan perusahaan selain dengan menggunakan mekanisme internal perusahaan termasuk agen presentasi yang dikenal karena reputasinya (agen reputasi). Kontrol diarahkan untuk mengawasi perilaku manajer, sehingga tindakan yang dilakukan manajer dapat bermanfaat bagi perusahaan dan pemilik. Populasi penelitian adalah perusahaan manufaktur makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014 - 2016. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan beberapa analisis regresi. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil data di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui situs web www.idx.co.id yang diperoleh secara historis dari laporan tahunan dan laporan keuangan yang disajikan di perusahaan manufaktur makanan dan minuman yang telah go public dan terdaftar di BEI Tahun 2014 - 2016 Dengan jumlah sampel perusahaan adalah 10 perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman periode 2014-2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CG mempengaruhi kinerja perusahaan. Ini berarti bahwa jika perusahaan yang terdaftar di BEI dan telah disurvei oleh IICG menerapkan tata kelola perusahaan yang baik, kinerjanya akan meningkat. Tata kelola perusahaan yang lebih tinggi diukur dengan persepsi indeks tata kelola perusahaan, kepatuhan perusahaan yang lebih tinggi dan kinerja perusahaan yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontrol kepemilikan menunjukkan peningkatan kinerja perusahaan. Dari hasil nilai sig penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Perusahaan sehingga hipotesis pertama dan kedua yang menyatakan "Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional berpengaruh positif terhadap Kinerja Perusahaan" ditolak.

Keywords


Tata kelola perusahaan; kepemilikan manajerial; kelembagaan kepemilikan; kinerja perusahaan

References


Bursa Efek Indonesia, www.idx.co.id

Andhika Surya Putra, 2013. “Analisis Pengaruh Ukuran

Perusahaan, Kepemilikan Institusional, Dan Kepemilikan

Manajerial Terhadap Kinerja Perusahaan Serta Dampaknya Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Terhadap Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2007-2011)”, Jurnal Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Ardi Yulius Wiranata, 2013. “Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Kinerja Perusahaan Manufaktur Di Indonesia” Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univesitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Arief Muh. Ujiyantho (STIE Muhammadiyah Pekalongan)

Bambang Agus Pramuka (Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto), 26-28 Juli 2007 “Mekanisme Corporate Governance, Manajemen Laba Dan Kinerja Keuangan (Studi Pada Perusahaan Go Public Sektor Manufaktur), Jurnal Simposium Nasional Akuntansi X, UNHAS Makassar.

Extaliyus Lusi. 2013. “Pengaruh Corporate Governance Preception Indeks (CGPI), Struktur Kepemilikan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan” Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), Hal. 171-183, Vol. 20, No.2.

Faisal. 2005. “Analisis Agency Costs, Struktur Kepemilikan,dan Mekanisme Corporate Governance”. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia Vol 8.

Gompers, 2003. Corporate Governance Dan Equity Prices.

Gozhali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Ike Jayanti Febriani, Mochammad Al Musadieq, Tri Wulida Afrianty, 2016. “Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja (Studi Pada Karyawan PT Pos Indonesia (Persero) Tuban), Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 32 Hal 82-89. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

Imanta, Dea. 2011. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepemilikan Managerial. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 13 (1), hal : 67-80.

Jensen, M dan Meckling, W. 1976. Theory of The Firm : Manajerial Behavior, Agency Cost and Ownership Structure. Journal of Financial Economics, 3:305-360.

Monisa Like Wati, September 2012. “Pengaruh Praktek Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Manajemen, Volume 01, Nomor 01, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Nuswandari Cahyani, September 2009. “Pengaruh Corporate Governance Perception Index Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta”, Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), Hal. 70 - 84 Vol. 16, No.2.

Puriwulandari Ndaruning, Desember 2006. “Pengaruh indikator mekanisme Corporate Governance Terhadap Kinerja perusahaan Publik di Indonesia”, Jurnal Vol. 1 No. 2 : 120 ¬ 136.

Putu Ni Wida P. D, I Wayan Suartana, 2014. “Pengaruh Kepemilikan Manajerial Dan Kepemilikan Institusional Pada Nilai Perusahaan”, E Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 9.3 : 575-590.

Sabrinna Ira Anindhita, 2010 “Pengaruh Corporate Governance Dan Struktur Kepemilikan Terhadap Kinerja Perusahaan”. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Steven Nobert Sinaga, 2014. “Analisis Pengaruh Corporate

Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Variabel Kontrol Ukuran Perusahaan Dan Growth Opportunity (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2009-2013), Jurnal Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Surya Ika Martsila, Wahyu Meiranto, 2013. “Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan”, Jurnal Volume 2, Nomor 4. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Tjager. 2003 Dalam Darmawati. 2004. Hubungan Corporate Governance Dan Kinerja Perusahaan. Denpasar Bali : Jurnal Simpoium Nasional Akuntansi VII, IAI, 2004.

Wehdawati, Fifi Swandari, Sufi Jikrillah. Oktober 2015. “Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Dan Struktur Kepemilikan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2010-2012”. Jurnal Wawasan Manajemen, Vol. 3 Nomor 3.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i1.1810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com