Analisis cost-volume-profit (cvp) untuk perencanaan laba pada cv ayam sakti

Gorby Ardiansyah, Yana Ulfah, Salmah Pattisahusiwa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah penjualan dan menentukan biaya paling efisien untuk CV Ayam Sakti dalam mencapai laba maksimal. Sebelum menggunakan analisis Cost-Volume-Profit (CVP), peneliti mengklasifikasikan biaya operasional menjadi biaya tetap dan biaya variabel. Peneliti menggunakan rumus / rumus dasar analisis Cost-Volume-Profit untuk menentukan biaya variabel paling efisien untuk mencapai target laba yang diinginkan. Rumusan masalahnya adalah "Apakah dengan meningkatkan volume penjualan sebesar 20% dari target peningkatan laba yang telah direncanakan oleh manajemen minimum 15% dapat dicapai?". Berdasarkan analisis ini, dapat dilihat bahwa penjualan untuk tahun ke-5 tahun 2016 adalah sebesar Rp644.863.760,00, dan laba sebelum pajak sebesar Rp47.970.265,00, dan titik impas pada Rp192.117.169,00, dengan rinciannya adalah 1 Rp130.332.370,00 kandang 2 untuk Rp150.984.772,00 kandang 3 untuk Rp94.106.096,00 kandang 4 Rp146.980.942,00 kandang 5 Rp122.459.580,00. Ini menunjukkan bahwa pendapatan CV Ayam Sakti di Samarinda berada di atas titik impas. Perencanaan laba dilakukan oleh CV Ayam Sakti pada tahun pertama 2017 untuk meningkatkan volume penjualan sebesar 20%, yaitu Rp773.836.510,00 dengan laba sebelum pajak Rp57.657.869,00, sedangkan titik impas pada Rp203.586.850 , 00, dengan target laba yang diinginkan meningkat setidaknya 15% dari periode sebelumnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa setelah perhitungan yang disebutkan di atas telah tercapai, CV Ayam Sakti merencanakan dengan meningkatkan volume produksi untuk mencapai target laba yang diinginkan dan biaya pemasaran sebanyak R4.300.000,00 akan berdampak pada peningkatan laba dan tingkat titik impas


Keywords


Biaya volume-laba (cvp); peramalan; perencanaan laba

References


Ahmad, Firdaus. Wasilah. 2009. Akuntansi Biaya. Salemba Empat. Jakarta.

Ahmad, Kamaruddin. 2005. Akuntansi Biaya, Edisi 4. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Garrison. H. Ray, Eric W. Noreen and Peter C. Brewer. 2006. Akuntansi Manajerial, Edisi 11. Nuri Hinduan. (terjemahan). Salemba Empat. Jakarta.

Halim, Abdul. Bambang Supomo dan Muhammad Syam Kusufi. 2011. Akuntansi Manajemen, Edisi 2. BPFE. Jogjakarta.

Hansen, Mowen. 2005. Management Accounting, Edisi 7.Dewi Fitriasari dan Deny Arnos Kwary. (terjemahan). Salemba Empat. Jakarta.

Horndren, Charles T. Srikant M Datar and George Foster. 2006. Akuntansi Biaya: Dengan Penekanan Manajerial, Edisi 12. P. A Lestari. (terjemahan). Erlangga. Jakarta.

Milton, Hammer. 2009. AkuntansiBiaya: PerencanaandanPengendalianLaba, Edisi 4. M. Yasin. (terjemahan). Erlangga. Jakarta.

Mulyadi. 2009. Akuntansi biaya,Edisi 5. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Jakarta.

Raharjaputra, Hendra S. 2009. Manajemen Keuangan dan Akuntansi. Salemba Empat. Jakarta.

Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen: Informasi Untuk Pengambilan Keputusan Strategis, Erlangga. Jakarta.

Supriyono. 2011. Akuntansi Biaya: Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok,Edisi 2. BPFE. Jogjakarta.

Suwardjono. 2008. AkuntansiBiaya:PenentuanHargaPokok Perusahaan, Edisi 2. BPFE. Jogjakarta.

Weygant J, Jerry. Donald E Kieso and Paul D Kimmel. 2009. Accounting Principles,Edisi 7. Akbar, Wasilah dan Handikad. (terjemahan). Salemba Empat. Jakarta.

Return on investment, Blog at wordpress, 2013, ROI menghitung keuntungan investasi “entrepreneurship”, google search// Http://andheek.wordpress, 15/05/2013.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i1.1809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com