Pengaruh corporate social responsibility terhadap tingkat profitabilitas

Widya Setyarini, Yunus Tete Konde, Musviyanti Musviyanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis tentang Pengaruh Implementasi CSR terhadap Profitabilitas Perusahaan di PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Kantor Cabang Samarinda. Populasi penelitian ini adalah laporan keuangan triwulan PT Cabang Indonesia IV (Persero) Samarinda. Sampel dalam penelitian ini menggunakan laporan keuangan perusahaan triwulanan dari periode 2009 hingga 2016 yang berisi laporan biaya kesejahteraan karyawan, biaya kemitraan, dan biaya pengembangan lingkungan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linier berganda dengan alat statistik IBM SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan biaya pengembangan lingkungan berpengaruh signifikan dengan nilai koefisien regresi 2,103 dan memiliki nilai signifikan 0,045 terhadap profitabilitas. Namun, bahwa biaya kesejahteraan Karyawan dan biaya kemitraan dan tidak memiliki dampak yang signifikan dengan nilai koefisien regresi adalah 0,672 dan -1,779, juga memiliki nilai signifikan 0,507 dan 0,087 pada profitabilitas


Keywords


Biaya kesejahteraan karyawan; biaya kemitraan; biaya pengembangan lingkungan; profitabilitas

References


Ardiansyah. 2014. Pengaruh Implementasi CSR Terhadap Profitabilitas Pada PT Kartika Jala Transportasi, Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman. Samarinda.

Ardianto, Elvinardo dan Machfudz Dindin. 2011. Efek Kedermawanan pebisnis dan CSR. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Brigham dan Houston. 2006. Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Salemba Empat. Jakarta.

Darwin, Ali. 2006. Akuntabilitas, Kebutuhan, Pelaporan Dan Pengungkapan CSR bagi Perusahaan Di Indonesia, edisi III September – Desember. Economics Business and Accounting Review.

Dusuki, Asyraf Wajdi dan Humayon Dar. 2005. Stakeholder’s Perceptions Of Corporate Social Responsibility Of Islamic Banks: Evidence From Malaysian Economy.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 19. Badan Penerbit Universitas Diponogoro. Semarang.

Gani, Irwan dan Siti Amalia. 2015. Alat analisis Data: Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi dan Sosial. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility, Graha Ilmu. Yogyakarta.

Januarti, Indira dan Apriyanti, DIni. 2005. Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan, Jurnal MAKSI. 5 (2) : 227-243.

Kotler, Philip dan Nancy Lee. 2005.Corporate Social Responsibility: Doing The Most Good For Your Company and Your Cause, John Wiley and Sons Inc. New Jersey.

Lako, Andreas. 2011. Dekonstruksi CSR Reformasi Paradigma Bisnis dan Akuntansi. Erlangga Jakarta.

Latuheru, Giovanni. 2016. Pengaruh Program Corporate Social Responsibility terhadap Profitabilitas pada perusahaan Perbankan yang Terdaftar Di BEI. Skripsi. FEB Universitas Mulawarman.

Lestari, Deni. 2016. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Return On Equity (Studi Kasus Pada Bank Negara Indonesia, Tbk dan Bank Rakyat Indonesia, Tbk Tahun 2010-2014), Skripsi. FE Universitas Pasir Pengaraian. Rokan Hulu.

Peraturan Menteri BUMN Nomor : PER-07/MBU/05/2015 Tentang Program Kemitraan BUMN Dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan.

Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2016 Tentang Tanggung Jawab Sosial Badan Usaha Dalam Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial.

Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2012 Tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan.

Pratiwi, Dian. 2013. Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia, Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanuddin. Makassar.

Pratiwi, Ignatia Linda dan Paskah Ika Nugroho. 2014. Pengaruh Biaya Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas, Jurnal Akuntansi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana. Salatiga.

Solihin, Ismail. 2009. Corporate Social Responsibility: From Charity to Sustainability. Salemba Empat. Jakarta.

Sunyoto, Danang. 2009. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: CAPS.

Nistantya, Dewa Sancahya. 2010. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan Perbankan yang Listing Di BEI Tahun 2007 Sampai Dengan Tahun 2009, Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Rahmatullah dan Trianita Kurniati, 2011. Panduan Praktis Pengelolaan CSR (Corporate Social Responsibility), cetakan pertama. Samudra Biru. Jakarta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Bisnis. CV Alfabeta. Bandung.

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan: Teori, Konsep Dan Aplikasi. Ekonisia. Yogyakarta.

Undang-Undang No 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas.

Untung, Budi. 2014. CSR= Corporate Social Responsibility Dalam Dunia Bisnis. Andi. Yogyakarta

Wibisono. Yusuf. 2007. Membedah Konsep dan Aplikasi CSR, Fascho Publisihing. Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i1.1775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com