Persepsi mahasiswa akuntansi terhadap faktor penghargaan finansial dan nilai-nilai sosial dalam pengaruh struktur aset dan profitabilitas serta ukuran perusahaan terhadap struktur modal

Herli Pasaribu, Rusdiah Iskandar, Ledy Setiawati

Abstract


Struktur modal menjadi fokus utama bagi perusahaan karena baik buruknya struktur modal dapat mempengaruhi kondisi keuangan perusahaan. Apabila struktur modal yang digunakan berasal dari pendanaan eksternal yaitu hutang akan meningkatkan risiko gagal bayar dimasa mendatang. Terlalu banyak hutang dapat menghambat perkembangan perusahaan yang juga akan membuat pemegang saham berpikir dua kali untuk menanamkan modalnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur aset, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal pada perusahaan tambang yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive  sampling berdasarkan kriteria perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan mempublikasikan laporan keuangan serta menyajikan datanya secara lengkap mencakup data dari variabel yang diteliti selama periode penelitian (2012-2015), sehingga diperoleh sampel sebanyak 9 perusahaan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda program SPSS. Hasil penelitian ini menyimpulkan struktur aset (Tangibility Aset Ratio) berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal, profitabilitas (Return On Asset) tidak berpengaruh terhadap struktur modal, dan ukuran perusahaan (SIZE) berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal.


Keywords


struktur asset; return on asset (roa); ukuran prusahaan; struktur modal

References


Brigham, E.F., dan J. F. Houston. 2006. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Salemba Empat. Jakarta.

Brigham, E. F., dan J. F. Houston. 2011. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Salemba Empat. Jakarta.

Halim. A. 2007. Analisis Investasi. Edisi Kedua. Salemba Empat. Jakarta.

Handoko, T Hani. 2013. Manajemen, Edisi Kedua. BPFE-Yogyakarta.

Putri, Meidera Elsa Dwi. 2012. “Pengaruh Profitabilitas, Struktur aktiva dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesi (BEI)”. Jurnal Manajemen, Vol. 01, No. 01.

Riyanto, B.2011.Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan.BPFE.Yogyakarta.

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi, Ekonisia. Yogyakarta.

Syamsudin, L. 2007. Manajemen Keuangan Perusahaan. Edisi Baru. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v3i3.1681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com