Analisis kinerja berdasarkan value for money pada dinas kebersihan dan pertamanan

Achmad Riyadi, Lewi Malisan, Salmah Pattisahusiwa

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan objek yang diteliti adalah data Realisasi Pencapaian Keuangan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda yang terdapat pada Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Dinas Kebersihan  dan  Pertamanan  Kota  Samarinda  periode  tahun  2015. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan Penelitian Lapangan. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh yaitu  Nilai Ekonomi pada program Pengelolaan   Ruang   Terbuka   Hijau   ini   mendapatkan   rata-rata   dilihat   dari   input kegiatannya memperoleh kategori yaitu Ekonomis. Untuk nilai efisiensinya d ilihat dari output yang diperoleh pada kegiatan tersebut termasuk dalam kategori > 100% dengan mendapat kategori Efisien dan Sangat Efisien. Dan dalam nilai efektivitas Dalam hal efektivitas, program Pengelolaan  Ruang  Terbuka  Hijau  telah  melakukan  kegiatan dengan kategori efektif.


Keywords


Ekonomi; efisiensi; efektivitas

References


Afiati, Tri Astuti.2011. Analisis Value for Money pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Semarang. Tugas Akhir. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Anggadini, Dewi Sri 2009, Pengaruh Value For Money Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Puskesmas Pasirkaliki Dinas Kesehatan Kota Bandung), Jurnal

Aulia, Arfan Demi. 2014. Analisis Value For Money Dalam Pengukuran Kinerja Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta Peroide Tahun 2011 - 2012. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri. Yogyakarta.

Bastian, Indra 2005. Akuntansi Sektor Publik Suatu Pengantar. Yogyakarta: BPFE. Halim. 2012, Akuntansi Sektor Publik Akuntansi Keuangan Daerah, Edisi 4, Salemba Empat, Jakarta.

Mahmudi. 2015. Manajemen Kinerja Sektor Publik. UPP STIM YKPN. Yogyakarta. Mahsun. 2013. Akuntansi Sektor Publik , Edisi Ketiga, Yogyakarta: BPFE

Mardiasmo.2009. Akuntansi Sektor Publik. Andi, Yogyakarta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 1999 Tentang Pemerintahan daerah.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiam.v0i0.1566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiam.feb@gmail.com